Senjata-senjata Tercanggih di Dunia Ini Buatan PT Pindad

PT Pindad

Berbicara tentang alutsista (alat utama sistem pertahanan), Amerika dan memang lebih dikenal dibanding negara-negara lainnya di dunia sebagai produsen dan perlatan . Tapi siapa sangka Indonesiapun mampu memproduksi alutsista, bahkan tercanggih di dunia melalui PT (Persero) yang perusahaannya berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Hebatnya, , kendaraan tempur dan peralatan lainnya yang diproduksi PT tidak hanya digunakan oleh TNI tapi juga diekspor dan menjadi bagian dari satuan di beberapa negara, seperti: Malaysia, Myanmar, Kamboja, Filipina, Oman, Mali, Afganistan dan beberapa negara lainnya.

Sebegitu hebatkah kemampuan dari , kendaraan tempur dan peralatan produksi PT sehingga menarik perhatian banyak negara? Untuk melihat kehebatan dari alutsista buatan dalam negeri, simak 3 peralatan tempur tercanggih di dunia yang dibuat PT berikut ini.

1. SPR-2, Mampu Tembus Lapis Baja

Senjata-senjata Tercanggih di Dunia Ini Buatan PT Pindad

Dilansir dari indomiliter.com (18/11/2014), anti material ini dibuat untuk para sniper yang ingin membidik sasaran dari jarak jauh dengan proyektil yang mampu menembus kendaraan tempur lapis baja.

Baca juga  Sejarah & Fakta Menarik Senjata Biologis

Sama halnya dengan senapan runduk lainnya, seperti NTW-20 buatan Afrika Selatan dan Hecate II yang diproduksi Perancis, SPR-2 merupakan senapan kaliber 12,7 mm. Beda sekaligus kelebihan dari SPR-2 diantaranya adalah memiliki alat bidik teleskopik yang pembesarannya sampai 10 kali lipat.

Peluru yang dilontarkan SPR-2 memiliki kecepatan 900 meter/detik, sehingga untuk menembus sasaran yang jauhnya 2.000 meter hanya butuh waktu kurang dari 3 detik.

Menariknya, SPR-2 ini dapat diisi dengan beberapa jenis peluru, mulai dari peluru standard, peluru tembus baja MU 3PB, peluru anti-material MU 3SAMM hingga yang paling menakutkan adalah peluru tembus peledak MU 3BLAM. Total ada 6 jenis peluru yang dapat digunakan oleh SPR-2.

2. SSBA, Senapan Bawah Air

Senjata-senjata Tercanggih di Dunia Ini Buatan PT Pindad

Dengan menggunakan SSBA, TNI-AL akan semakin tangguh saat harus melakukan pertempuran di bawah air, karena senapan berbobot 4,5 kg ini mampu melontarkan peluru dengan sempurna saat ditembakkan di bawah air.

Baca juga  10 Pengguna Kenjutsu Terkuat di Anime Naruto

Sebagaimana ditulis di goodnewsfromindonesia.id (30/09/2017), SSBA yang merupakan kependekan dari Senapan Serbu Bawah Air, dilengkapi peluru berkaliber 5,66 x 150 milimeter yang dapat ditembakkan dengan sangat efektif pada jarak 20 – 30 meter pada kedalaman 5 meter, 10 – 20 meter pada kedalaman 20 meter serta 5 – 10 meter pada kedalaman 40 meter.

SSBA ini  dilengkapi dengan magasen yang dapat diisi dengan 20 butir peluru serta dirancang untuk pertempuran di darat dan di bawah air.

3. Boat, Kapal Pertama dan Tercepat di Dunia

Senjata-senjata Tercanggih di Dunia Ini Buatan PT Pindad

Kapal yang diperkenalkan untuk pertama kalinya pada ajang Indo Defence 2016 ini merupakan Boat pertama sekaligus tercepat di dunia. Beberapa negara memang ada yang memiliki boat dilengkapi kanon, namun Boat yang dikembangkan PT ini jauh lebih unggul karena memiliki kecepatan sampai dengan 40 knot, jauh dari boat berkanon yang pernah ada.

Baca juga  Fakta di Balik Pedang Kayu Sakti Milik Sakata Gintoki di Anime Gintama

Dikatakan yang pertama di dunia karena Boat memiliki double hull atau catamaran dengan konsep layaknya yang dipadu dengan kapal, sehingga kendaraan ini tertutup oleh kubah seperti dan dapat beroperasi di sepanjang alur sungai, pesisir pantai serta selat guna memberi dukungan dalam serangan amfibi. Boat dilengkapi meriam CT-CV 105HP dengan kaliber 105 mm.

Selain ketiga jenis tersebut, masih banyak produk lainnya yang diakui dunia karena kehebatannya dan jumlahnya masih akan terus bertambah karena tidak pernah berhenti dalam berinovasi guna mengembangkan teknologi kemiliteran. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan