Seperti apa sejarah Turki ?

Seperti apa sejarah Turki ? 1

Republik Turki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia wilayahnya terbentang dari semenanjung anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara, ibukota negara Turki berada di kota Ankara tetapi kota terbesar di negara Turki adalah kota Istanbul hal  tersebut disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan dua benua budaya. Turki merupakan campuran budaya Timur dan budaya Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua peradaban. 

berikut 7 fakta dan sejarah tentang negara Turki

 1. Sejarah Turki

 Bangsa Turki pada masa lalu mulai bermigrasi ke daerah yang dikenal sebagai negara Turki pada abad ke-11, proses migrasi tersebut semakin dipercepat setelah kemenangan seljuk melawan kekaisaran Bizantium Pada pertempuran Manzhikeb. Beberapa wilayah emirat Turki dan kesultanan seljuk memerintah anatolia  sampai dengan invasi ke kaisaran mongol.  Mulai dari abad ke-13 ke kaisaran Ottoman menyatukan anatolia dan membentuk ke kaisaran yang daerahnya mulai mengekspansi sebagian besar eropa tenggara,  Asia barat dan Afrika Utara. Pada saat ke kaisaran utsmaniyah runtuh setelah kalah pada perang dunia pertama sebagian wilayahnya diduduki oleh para sekutu yang memenangi Perang Dunia Pertama, pendudukan Konstantinopel dan smirna yang dilakukan oleh sekutu pada masa setelah perang dunia pertama mendorong pembentukan gerakan nasional Turki di bawah kepemimpinan Mustafa Kemal Pasha yang merupakan seorang komandan militer yang telah membedakan dirinya selama pertempuran galipoli. Perang kemerdekaan Turki dilancarkan dengan tujuan mencabut ketentuan persetujuan serfens. Pada tanggal 18 September tahun 1992 tentara pendudukan dikalahkan dan rezim Turki yang berbasis di ankara, yang menyatakan diri sebagai pemerintah yang sah Pada bulan April tahun 1920 mulai meresmikan transisi hukum dari utsmaniyah yang lama ke sistem politik Republik yang baru. Dan pada tanggal 1 November parlemen baru didirikan dan secara resmi menghapuskan sistem Kesultanan, sehingga mengakhiri 623 tahun pemerintahan Utsmaniyah, perjanjian lawsan pada tanggal 24 Juli tahun 1923 mendapat pengakuan internasional terhadap kedaulatan negara republik Turki yang baru dibentuk sebagai negara penerus dari kesultanan utsmaniyah dan secara resmi dinyatakan pada tanggal 29 Oktober tahun 1923 di Kota ankara ibukota Turki yang baru.

2. Presiden pertama Turki

 Mustafa Kemal Pasha adalah seorang Perwira militer dan negarawan turki yang memimpin revolusi negara Turki.  Mustafa Kemal Pasha juga merupakan pendiri dari presiden pertama Republik Turki, ideologinya yang sekularis dan nasionalis membuat kebijakan serta teorinya dikenal sebagai kemalisme.  Mustafa Kemal Pasha membuktikan dirinya sebagai komandan militer yang sukses selama berdinas sebagai komandan divisi dalam pertempuran galipoli. kampanye militer  dari   Mustafa Kemal Pasha yang sukses menghasilkan kemerdekaan negara ini dan terbentuknya republik Turki. sebagai presiden pertama Turki Mustafa Kemal Pasha memperkenalkan serangkaian pembaruan dalam usahanya menciptakan sebuah negara modern yang sekuler dan demokratis dan menurut hukum nama keluarga majelis Agung Turki memberikan kepada Mustafa Kemal Pasha  nama belakang ataturk yang berarti Bapak bangsa Turki. 

3. Negara Sekuler

Sejak  didirikan sebagai sebuah Republik pada tahun 1923 Turki telah mengembangkan tradisi kuat sekularisme. sekularisme di Turki pertama kali diperkenalkan pada tahun 1928 dalam amandemen konstitusi pada tahun 1924 yang membuat Turki resmi menjadi negara sekuler, yang sebelumnya membuat Islam menjadi mayoritas agama negara tersebut. meskipun hampir semua penduduk Turki beragama Islam mereka sangat menghargai minoritas. turki adalah satu-satunya negara mayoritas Islam yang menganut paham sekuler, di Turki Urusan Agama terpisah dengan urusan negara dan pemerintahan. sebagian besar muslim di Turki mengikuti paham sunni dan sebagian kecil lainnya adalah kaum Syiah yang terdiri dari berbagai sekte Seperti alevi, jafari dan Alawi. dilansir dari geotimes.com Turki melarang pemakaian simbol agama di publik dan juga sekolah seperti hijab. konstitusi turki mengatur kerangka hukum negara Hal tersebut menetapkan prinsip-prinsip utama pemerintah dan menetapkan Turki sebagai negara terpusat kesatuan tetapi pada era Presiden Tayyib Erdogan sekarang aturan-aturan tersebut berangsur-angsur memudar. 

4. Negara lintas Benua

Negara turki adalah negara lintas benua atau negara yang letak geografis atau wilayahnya berada di dua benua. wilayah turki  yang termasuk Asia mencakup 97% dari negara.  wilayah ini terpisah dari Eropa Turki oleh selat bosporus laut marmara dan Selat dardanella wilayah Eropa Turki terdiri dari 3% negara negara. Turki mempunyai luas wilayah sekitar 783562 km2, bagian Eropa dari turki yaitu  tres Timur atau wilayah paling timur Semenanjung Balkan membentuk perbatasan Turki dengan  Yunani dan Bulgaria bagian Asia dari negara Turki. sebagian besar terdiri oleh Semenanjung anatolia yang terdiri dari dataran tinggi dengan dataran pantai sempit antara koroglu dan pegunungan pontik di utara dan pegunungan Taurus di selatan. sementara Turki timur terletak di wilayah dataran tinggi barat Armenia yang mempunyai landscape berupa pegunungan dan merupakan hulu berbagai Sungai Seperti Sungai Eufrat, Tigris dan Aras selain itu juga terdapat gunung ararat yaitu titik tertinggi di Turki dengan ketinggian 5137 m. 

5. Kebudayaan Turki 

 Budaya Turki memadukan sekumpulan unsur yang sangat beraneka ragam yang telah diturunkan dari berbagai macam budaya Mediterania Timur atau Asia Barat dan Asia Tengah dan sedikit dipengaruhi oleh tradisi-tradisi Eropa Timur dan kaukasus. banyak dari tradisi tradisi ini pada mulanya dibawa serta oleh Kesultanan utsmaniyah, sebuah negara yang multi etnis dan multi agama kebudayaan. Turki juga pernah melestarikan kebudayaan yang hampir mirip dengan wayang tokoh karagos dan khasifat adalah karakter utama wayang turki  yang diperkenalkan pada masa Kesultanan utsmaniyah, selain kebudayaan yang terkenal Turki juga mempunyai berbagai macam kuliner dan yang paling terkenal adalah baklava,doner khebab, hilaf dan puding nasi.

6.  Bunga Tulip berasal dari Turki

Bunga tulip pertama kali dikembangkan di Turki oleh orang-orang Dinasti Ottoman pada saat itu.setelah abad ke-16 Belanda mulai mengenal bunga tulip setelah beberapa orang dari Ottoman membawa bibit bunga tulip ke Belanda. pada akhirnya bunga tulip identik dengan negara Belanda, banyak orang yang menganggap jika Belanda adalah negara yang pertama kali mengenal bunga tulip. sehingga menjadikannya Tulip sebagai maskot negara Belanda padahal Jika dilihat dari sejarahnya Turki adalah yang pertama kali mengenal bunga tulip. 

7. Pasar Tertua

Grand Baazar  di istanbul turki adalah salah satu pasar tertutup  yang  terbesar dan tertua di dunia. meliputi 61 Jalan tertutup dan lebih dari 3000 toko yang dapat menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 pengunjung setiap harinya pada tahun 2014. bazaar ini tercatat sebagai tempat wisata nomor satu yang terbanyak dikunjungi di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung tahunan mencapai 91.250.000 orang. pada zaman dahulu pembangunan Pasar ini dipelopori oleh Sultan mehmed 2 pada tahun 1455 pasar ini mempunyai luas sekitar 54000 meter persegi. itulah tadi  7 fakta dan sejarah negara turki bagaimana menurut kalian.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Amin Lend