Serangan Varian Baru Virus Corona


Serangan Varian Baru Virus Corona 1

Varian baru virus Corona yang ditemukan di Inggris diklaim 40% – 70% lebih menular, hal ini disampaikan National health Service berdasarkan kasus yang terus melesat di Inggris bagian selatan. Banyak negara langsung mengambil langkah cepat dengan melarang kedatangan wisatawan Inggris. Padahal Inggris adalah negara yang pertama kali menyetujui penyuntikan vaksinasi Covid-19 pada kaum prioritas di negaranya, ternyata Inggris juga yang pertama kali mendeteksi munculnya jenis baru atau varian baru virus Corona.

Perbedaan antara virus Corona awal dengan yang baru adalah tingkat penularannya. Virus Corona varian baru menjangkiti manusia lebih cepat, apalagi untuk orang yang punya penyakit bawaan seperti diabetes, jantung, asma. Penularannya 20 kali lebih cepat daripada SARS.

Namun, kabar yang agak melegakan sampai saat ini peneliti Inggris belum menemukan virus baru ini mengakibatkan tingkat keparahan lebih parah dari virus Corona awal.

SARS -CoV-2 varian baru dari Inggris ditemukan pertama kali pada 20 September 2020, dan per 13 Desember sudah 1300 kasus yang ditemukan di Inggris Raya, peningkatan terus melaju cepat sehingga di Inggris Tenggara dari semua sample virus 50% nya adalah virus SARS -CoV-2 varian baru.

Kenapa muncul di Inggris? Karena Inggris memiliki lembaga Genomic Monitoring and Surveilanse Molekuler khususnya virus SARS -CoV-2 terbaik di dunia, sehingga bisa mendeteksi bahwa varian virus baru ternyata menyebabkan penularan lebih cepat, tapi mereka belum menemukan bukti tingkat keparahan yang lebih berat dan tidak menambah kematian. Jadi masih fokus melakukan penelitian tingkat penularan virus SARS -CoV-2. Sebelumnya pernah ditemukan virus Corona jenis D614G yang waktu itu kecepatan penularannya 10 kali lebih cepat dari virus awal.

Lalu sebenarnya bagaimana bisa lahir virus varian baru? Virus varian baru terbentuk akibat proses Mutasi. Yang dimaksud dengan mutasi adalah perubahan sifat genetik atau struktur virus saat virus sedang berkembang biak dalam sel tubuh inang. Ketika Virus menempel pada sel inang, ia akan berusaha mengalirkan semua komponen molekulnya agar bisa menguasai sel inang. Oleh karena itu sangat penting bagi kita manusia untuk menjaga kesehatan supaya sistem pertahanan tubuh mampu melawan serangan virus.

Tapi ingat! Virus bukan mahkluk Pasif melainkan sangat Aktif.

Agar dapat terus eksis di dunia ini, virus harus selalu meng-update dirinya terhadap perubahan gaya hidup manusia. Dengan bermutasi virus bisa menipu sistem pertahanan tubuh manusia. Sistem pertahanan yang sudah tertipu akan mengira virus adalah bagian dari sistem enzim lalu mengijinkan virus masuk dalam sel tubuh. Sejak itu dimulailah serangan penyakit virus, tipe serangan yang dihasilkan bisa sama, lebih lemah atau malah sangat kuat.

Serangan Varian Baru Virus Corona 3

Kalau begitu bisa sia-sia dong vaksin yang sedang dibuat? Kabar baik lainnya lagi adalah Virus SARS -CoV-2 varian baru dari Inggris ini terbukti tidak mengalami perubahan susunan spike atau paku-paku atau kalau pada virus SARS -CoV-2 adalah bagian yang berbentuk corona. Sehingga vaksin yang sudah sampai di tahap uji klinis ini masih bisa digunakan melawan virus SARS -CoV-2.

Apa yang harus dilakukan manusia untuk mengantisipasi perkembangan virus varian baru lagi? Tentu saja yang paling penting adalah: Berdoa (Jangan sekalipun under estimate pada kekuatan doa) langkah pencegahan selanjutnya adalah dengan standar prilaku yang sudah digaungkan pemerintah kita: Cuci tangan memakai sabun, pakai masker ketika berada di tempat umum dan menjaga jarak saat ada di tengah kerumunan. Itu adalah langkah dasar. Lain lagi bila seseorang sudah menderita penyakit akut dan menahun seperti diabetes, yang tentu saja membutuhkan perlakuan lebih banyak, seperti selalu memeriksa tekanan darah, kadar gula, kolesterol dlsb, dalam rangka tubuh tetap mencegah masuknya virus.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nana Hadinata

   

Setiap detik kehidupan untuk menghidupi hidup.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap