Serasa Jadi Akuntan, 8 Aplikasi Pengatur Keuangan Ini Bisa Bantu Kelola Keuangan Pribadi Kamu


Serasa Jadi Akuntan, 8 Aplikasi Pengatur Keuangan Ini Bisa Bantu Kelola Keuangan Pribadi Kamu

Kamu pasti tidak asing dengan peribahasa “lebih besar pasak daripada tiang” bukan? Dimana jumlah pengeluaran lebih besar dari pemasukan, ini tentu menjadi masalah.

Tidak mudah untuk tidak tergiur dengan produk berdiskon, yang faktanya justru terkadang pengeluaran menjadi lebih besar karena membeli secara kalap.

Kamu juga terkadang lupa menghabiskan uang untuk apa saja sebab rasanya baru saja mendapat uang, saldo rekening tiba-tiba menipis.

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan.

Kamu dapat dengan mudah mengelola keuangan layaknya seorang akuntan yakni mencatat pemasukan dan pengeluaran serta merencanakan keuangan jangka panjang hanya melalui aplikasi.

Berikut 8 aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu download di play store dan app store untuk membantu pengelolaan keuangan kamu :

1. Money Manager Expense & Budget

(Tampilan Money Manager Expense & Budget)

Aplikasi ini dapat mengatur keuangan pribadi kamu dengan mencatat transaksi harian dan melihat laporan keuangan.

Aplikasi ini cocok untuk kebutuhan akuntansi, dapat menghubungkan kartu kredit dalam aplikasi sehingga data tersinkronisasi otomatis.

Aplikasi ini dilengkapi keamanan kode sandi, dapat tersedia secara gratis maupun berbayar untuk menghilangkan iklan saat digunakan.

Money Manager Expense & Budget memiliki fitur lengkap dan memiliki antarmuka yang ramah dengan tampilan yang sederhana.

Sayangnya aplikasi ini memiliki kelemahan dimana tidak tersedia Bahasa Indonesia, akun bank per bulannya tidak continue, tidak ada fitur hutang-piutang dan pengingat dan, tidak ada data konsumen.

2. Manajemen Keuangan

( Tampilan Manajemen Keuangan)

Aplikasi ini mengusung manajemen uang yang mudah digunakan, sebagai tempat mencatat pengeluaran dan pemasukan harian, merencanakan anggaran, dan menghitung saldo.

Terdapat fasilitas membuat grafik statistik data dan tren dana yang jelas dan otomatis.

Fitur utama aplikasi ini diantaranya pelacak dana, perencanaan anggaran, hitung saldo, statistik dana, atur tanggal mulaifitur ekspor excel, ubah warna tampilan, cari data, dan pemakaian memori sedikit serta hemat daya.

Kamu dapat menggunakannya secara gratis ataupun berbayar (VIP) untuk menghilangkan iklan dan mengganti warna tampilan.

Namun aplikasi ini memiliki kelemahan dimana iklan terlampau banyak sehingga mengganggu saat digunakan.

3. Wallet – Pelacak Anggaran

(Tampilan Wallet – Pelacak Anggaran)

Wallet dapat membantu kamu dalam merencanakan anggaran secara fleksibel dan melacak pengeluaran agar tetap terkontrol.

Yang membuat Wallet unik adalah adanya pemutakhiran bank otomatis yakni transaksi disinkronisasi dengan account bank secara otomatis dan aman, sehingga jelas uang keluar kemana saja.

Disediakan pula fitur anggaran fleksibel dengan laporan yang mendetail dan rekening bersama.

Free Wallet tersedia tiga dompet, sedangkan premium tersedia tanpa batas. Wallet dapat gunakan di platform baik android, iOS atau web dan tersedia dalam bahasa Indonesia.

Adapun kelemahan dari aplikasi ini adalah masih memiliki bug yang menyebabkan data terkadang hilang.

4. AndroMoney (Expense Track)

Tampilan AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi AndroMoney adalah alat keuangan pribadi yang diharapkan dapat membantu mengelola keuangan kamu dengan lebih baik dan mudah.

Aplikasi ini dapat diakses melalui web, iOS, dan android.

Fitur AndroMoney diantaranya terdapat beberapa akun yang mendukung saldo akun serta transfer akun, penyimpanan Cloud (Dropbox, Google Documents), penggunaan mata uang apapun, papan angka dengan perhitungan, anggaran sederhana/detail/kustom, dapat membuat grafik trend an arus kas, adanya perlindungan kata sandi, ikhtisar pengeluaran dan ringkasan pendapatan, dan cadangan data ke Excel/Mac Number.

aplikasi ini memiliki kelemahan dimana  tidak tersedia Bahasa Indonesia dan report grafik yang tidak terlalu lengkap.

5. Money Lover : Pengelola Uang

(Tampilan Money Lover : Pengelola Uang)

Aplikasi buatan Finsify ini membantu mengelola keuangan dengan memberi tinjauan dan kendali terhadap keuangan, pendapatan dan finansial.

Money Lover memiliki fitur utama salah satunya dapat diakses dengan mudah melalui ponsel, tablet dan laptop dengan sinkronisasi semua perangkat secara otomatis.

Aplikasi ini menyediakan laporan dengan grafik intuitif sehingga memberi gambaran detail finansial kamu, terdapat pengingat perihal utang/piutang dan terdapat notifikasi ketika anggaran melebihi batas yang tentukan.

Di sisi lain aplikasi ini memiliki kelemahan yakni penggunaannya yang kompleks dan terkadang muncul masalah fitur sinkronisasi.

6. Catatan Keuangan Harian

(Tampilan Catatan Keuangan Harian)

Aplikasi ini mengusung kenyamanan dengan menu sederhana sehingga mudah digunakan orang awam, ditambah memori yang dipakai kecil sehingga tidak mudah crash. Aplikasi ini tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Fitur yang tersedia diantaranya catatan pengeluaran dan pendapatan, laporan keuangan per bulan, simpan laporan dengan format excel, laporan semua aktivitas stransaksi yang memudahkan melihat riwayat pengeluaran, dan fitur pin sebelum masuk aplikasi sebagai pengaman data.

Kelemahannya aplikasi ini sendiri adalah masih memiliki bug yang membuat aplikasi terkadang tertutup sendiri.

7. Bluecoins – Finance, Budget, Money, Expense Tracker

Bluecoins adalah aplikasi pengelola pengeluaran dan anggaran dengan alat pelaporan dan analisis yang lengkap.

Aplikasi ini membantu kamu melacak kartu kredit, rekening bank, pinjaman dan hutang melalui laporan grafik yang dapat dilihat baik per minggu, bulan, kuartal, dan tahun.

Bluecoins pernah menjadi pilihan editor Google di tahun 2018.

Fitur utama yang disediakan diantaranya keamanan kata sandi/sidik jari, impor QIF/CSV, pengingat tagihan, arus kas dan analisis nilai bersih, proyeksi keuangan di masa depan, dukungan multi bahasa dan multi tema.

Kelemahan dari Bluecoins ini adalah sinkronisasi via google drive yang terkadang lambat dan kegagalan dalam proses restore.

8. Monefy – Money Manager

(Tampilan Monefy – Money Manager)

Aplikasi ini mengusung tampilan yang eye-catching namun sederhana dengan tampilan antarmuka intuitif dalam penggunaanya.

Monefy memberikan informasi terperinci mengenai daftar catatan dan pilihan kategori yang beragam.

Monefy dapat tersinkronisasi data dengan semua perangkat kamu, namun disisi lain juga menjadi kelemahan dimana sering terjadi isu sinkronisasi.

Demikian beberapa aplikasi pengatur keuangan yang dapat kamu gunakan dengan harapan aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan agar lebih hemat.

Meskipun sudah dibantu aplikasi di atas, faktor paling utama agar pengeluaran kamu hemat adalah dari niat diri sendiri dalam menahan pengeluaran yang tidak penting dan berlebih.

Selain itu, kamu juga perlu berlatih membedakan antara apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan kamu. Selamat mencoba!