Sering Alami Insomnia? Hal-hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sering Alami Insomnia? Hal-hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya 1

Hola para pembaca yang masih antusias. Apa kalian suka begadang malam? Karena kerjaan? Tugas sekolah numpuk, stress, sedang banyak masalah, dan, ga bisa tidur? Sampai berlarut-larut mungkin? Pasti lelah banget ya rasanya. Yap, susah tidur memang membuat tubub akan terasa lebih pegal dan tidak fit daripada biasanya. Apalagi bagi kalian para penderita insomnia.

Sumber Gambar : pinterest 
Sumber Gambar : pinterest 

Insomnia sendiri merupakan suatu keadaan seseorang di mana ia mengalami kesusahan tidur ketika malam hari. Penyebabnya? Ada bermacam-macam. Baik gangguan dari eksternal maupun internal dalam tubuh kita sendiri. Ya misalnya, badai saat malam hari membuat hati kalian merasa panik, takut, dan tidak tenang sehingga akan membuat sulit tidur. Sedangkan dari dalam tubuh contohnya ya, mungkin kalian sedang lapar dan ngidam bakso kuah pedas dengan isian lengkap pakai pangsit dengan minumnya es jeruk segar satu gelas penuh, eh eh, atau malah justru tubuh kalian sedang sakit? 

Sumber Gambar : pinterest 
Sumber Gambar : pinterest 

Nah, bisa jadi. Sakit kronis memang dapat membuat penderitanya susah tidur dan berujung insomnia. Atau mungkin kalian yang sedang stress bahkan depresi, dan mungkin yang asyik kecanduan melihat layar gadget di tempat tidur selama bermenit-menit lalu keterusan berjam-jam. Hingga subuh menjelang. Dan yah, ngantuk di pagi hari. Tidur.

Tapi ada beberapa hal yang bisa diperjelas lagi, yang mungkin bisa kalian alami sebagai penyebab insomnia kalian sehari-hari seperti yang sudah penulis tinjau dari laman Hellosehat. Silakan dibaca dengan baik.

1. Faktor U (Tambah Tua)

Anda sering menjumpai orang tua di sekitar Anda susah tidur? Sukanya begadang, lihat tv hingga larut malam atau melakukan aktivitas lainnya?

Biasa, ya biasa. Hal tersebut biasa terjadi pada orang tua dikarenakan ritme sirkadian mereka yang makin melemah seiring usianya yang tambah menua.

Ritme sirkadian ini fungsinya adalah untuk mengatur jam biologis pada tubuh, alias yang mengatur waktu kapan tidur atau istirahat dan kapan tubuh perlu bangun kembali. Ya.. Karena usia yang semakin menua serta melemahnya ritme sirkadian tersebut, tentunya para lansia juga ikut terganggu waktu tidurnya.

2. Kelamaan Tidur Siang

Nah loh? Padahal nih, ketika suntuk bekerja sepanjang pagi, tidur siang adalah jalan ninja untuk nyantuy paling nikmat. Selain bermanfaat bagi daya ingat manusia, tidur siang bisa membuat suasana hati membaik, menambah kewaspadaan, serta dapat mengurangi rasa kelelahan. Eh namun, kalau tidur siangnya kepanjangan waktunya, duh pasti kalian juga pernah ngalamin kan? Kalau pada malam harinya bakal kesulitan tidur.

Ujung-ujungnya insom lagi insom lagi.

Kalau begitu, jangan kelamaan ya. Usahakan sih 10-20 menit saja untuk tidur siang. Jangan sampai lebih dari jam 3 sore. Tapi kalau tubuh udah benar-benar penat dan capek banget, ya bisa apa juga kitanya yak? Ngantuk ya tidur, huhuhu T_T

3. Main Gedget Melulu sih..

Ya, sudah seperti yang saya tulis di atas tadi. Mengapa main gadget sebelum tidur malah membuat kita semakin susah tidur. Mata sulit merem, dan kantuk pun hilang. Hemm..

Itu karena, pertama, main gadget sebelum tidur bisa membuat otak kita semakin aktif, semakin sibuk, dan akhirnya mata kita akan senantiasa terjaga. Tidak tidur-tidur deh. Kedua, bisa menimbulkan perasaan cemas dan khawatir akan sesuatu hal. Ya itu tergantung dengan apa yang kita lihat atau kita baca. Main game kalah? Bukannya ngantuk, malah mengumpat keras-keras. Hemm… Baca berita trending, ikutan kepo? Akhirnya namatin 1001 artikel dalam satu malam. Nah loh, mata panda tidak besoknya? Hemmm..

4. Kebanyakan Makan Sebelum Tidur

Apalagi jika makanannya pedas seperti bakso tadi, ah, memang jika sudah makan perut pasti kenyang. Eits, jangan berhenti sampai di situ. Terlalu banyak makan apalagi makanan pedas sebelum tidur bisa membuat asam lambung naik dan menimbulkan rasa tidak nyaman naik ke dada hingga ke kerongkongan. Alhasil? Ya insom lagi insom lagi. Duh..

5. Terlalu Banyak Minum

Apalagi minum sebelum tidur. Pernahkah semasa kecil kita diperingatkan oleh orang tua kita bahwa jangan banyak minum air sebelum tidur, karena bisa menyebabkan kalian mengompol? Nah, termasuk di usia dewasa. Hal tersebut pun bisa sering terjadi.

Banyak minum sebelum tidur bisa mengganggu tidur kalian, karena akan bolak balik berwisata ke kamar mandi. Anda tidak jadi tidur dengan nyenyak, eh malah kedinginan siram-siram air. Hemm, insom lagi insom lagi.

6. Sedang Stres?

Ya, stres. Ada banyak masalah dalam hidup Anda ketika di pagi sampai sore hari? Lalu Anda tidak bisa tidur untuk mengatasinya? Memang, tidak semua orang bisa mengendalikan stresnya dengan gampang dan cepat.

Beberapa orang termasuk para pembaca dan penulis di sini pasti akan berlarut-larut untuk menemukan solusi atau cara memecahkan masalahnya masing-masing. Namun, disadari atau dengan tanpa disadari hal tersebut bisa membuat kita menjadi insomnia dan akhirnya kita akan bertambah stres karena tidak bisa tidur. Akhirnya beban penat pun semakin bertambah. Konsultasi ke dokter juga tidak ada salahnya jika insomnia Anda semakin mengganggu kesehatan. Bagaimana?

Yap, itu tadi sedikit informasi yang bisa penulis berikan kali ini. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa. 🙂

Referensi :

https://hellosehat.com/pola-tidur/insomnia/penyebab-insomnia/

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore