Sering Merasa Overthinking? Beginilah Cara Mengatasinya

Sering Merasa Overthinking? Beginilah Cara Mengatasinya 1

Overthinking atau biasa disebut dengan berpikiran berlebih, memang benar-benar mengganggu pikiran kita. Mulai dari masalah kecil hingga masalah besar, kita sebagai manusia memang tak pernah berhenti berpikir.

Manusia memang tidak pernah ada hentinya untuk memecahkan masalah. Mulai dari tugas kantor, PR sekolah, hingga memikirkan masa depan.

Di umur yang masih dibilang belum resmi lulus sekolah dan sudah resmi melewati masa kanak-kanak, overthinking terus melanda. Hal ini lah yang membuat saya sering merasa galau seharian penuh memikirkan nasib saya ke depan.

Pernahkah kamu merasa overthinking, dan perasaan itu sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi kesehatan?

Ya, saya pernah. Semua orang pernah. Anak kecil pernah. Bahkan orang yang sudah tua renta-pun bisa saja mengalami overthinking.

Tergantung masalah apa yang sedang kamu hadapi. Paling anak kecil, terus berpikir kenapa bulan bisa mengikuti kita. Sedangkan remaja mungkin galau dengan cita-cita mereka. Para orangtua galau memikirkan biaya untuk keluarga.

Memang sungguh menganggu bukan?

Bagi kamu yang  merasa kepalamu sudah dipenuhi beban, Saya ada beberapa tips mudah cara mengurangi rasa overthingking-mu.

Perhatian! Mungkin cara ini menciptakan hasil yang berbeda-beda sesuai diri pembaca masing-masing. Mohon pengertiannya.

Cara ini sudah saya uji coba sendiri selama satu minggu dan hasilnya tergantung pribadi masing-masing. Caranya Adalah :

1. Bangun pagi dan keluar-lah sebelum matahari terbit

Selama seminggu, saya menekuni poin pertama ini. Hasilnya sungguh luar biasa. Badan saya terasa lebih sehat dan mood saya membaik selama satu hari full. Bangun lah disaat matahari belum terbit, karena udara di jam segitu terasa segar dan membantu merileks kan otak.

Bangun pagi dapat membantu motivasi saya terus meningkat pesat. Sementara itu, ketika saya bangun setelah matahari terbit, mood saya seharin penuh terasa buruk. Dan parahnya lagi, jangan sampai mood saya mempengaruhi orang.

Oh ya, jangan lupa lakukan olahara kecil-kecilan. Untuk merenggangkan otot agar siap untuk beraktivitas. Menikmati indahnya sunrise sambil termenung serta berbicara sendiri dalam artian, sebenarnya saya berbicara pada tuhan yang maha esa.

Itu yang sering saya lakukan. Setelah berolahraga ringan, saya mencari spot duduk yang nyaman untuk menikmati keindahan sunrise. Kalo tidak, saya akan menatap indahnya langit berbintang sampai matahari terbit terang sekali.

Dan uniknya lagi, saya berbicara pada tuhan yang maha esa sembari menatap langit. Seru sekali curhat sambil menatap langit. Seolah saya curhat seperti ada saja jalan setiap masalahnya.

Di poin kamu dengan tuhan adalah poin terpenting untuk menjalani hidup. Jadi, sering-sering lah bercerita kepada tuhan yang maha esa.

2. Berhentilah memikirkan hal yang tidak penting

Sebenarnya, saya adalah tipe orang yang kepo. Nah, karena sifat kepo inilah saya jadi sering berpikir. Tetapi kebanyakan, saya malah memikirkan hal yang tidak penting. Karena terus-terusan menganggu, akibatnya otak saya bisa burn-out dan sakit kepala.

Akhirnya, saya mencoba untuk memikirkan hal yang tidak penting dan bukan urusan pribadi. Itu bukan berarti saya cuek, tetap kita harus peduli. Tetapi memikirkan urusan pribadi kita merupakan hal yang lebih penting.

Jika ada teman bertanya kepada saya dengan meminta saran, saya akan menjawab terbaik mungkin berdasarkan pengamatan.

Merubah isi pikiran membuat saya merasa tenang dan tidak terbebani. Justru memikirkan hal yang tidak penting membuang waktu kita terbuang dengan percuma.

3. Ketahuilah apa yang menggangu isi pikiranmu

Ini adalah poin terpenting. Overthinking berawal dari suatu hal yang kamu pikirkan terus menerus dan semakin kamu berpikir, hal tersebut akan menjadi besar.

Untuk mengatasinya, kamu harus tahu apa yang memang mengganggu. Selesaikan hal tersebut secara perlahan tapi pasti.

Semisal, besok kamu harus memakai sepatu putih ke sekolah. Namun sepatumu baru saja dicuci dan yakin tidak akan kering keesokan harinya karena cuaca tidak mendukung. Jangan panik, dan segera cari solusi. Seperti meminjam hairdryer ke tetangga.

Dengan selesainya masalah kamu. Maka kamu tidak repot lagi memikirkannya.

4. Mungkin kamu perlu main dengan teman-teman mu

Saat overthinking sedang melanda, yang saya perlukan adalah bertemu dengan teman-teman. Hal tersebut dapat mengurangi rasa overthingking saya dan mengembalikan mood yang buruk.

Tidak perlu jalan-jalan mewah atau nongkrong di tempat mahal. Cukup bertemu di rumah siapa, dan mengobrol kesana-kemari secara random. Membuat lelucon konyol yang mampu mengundang tawa. Itu pun sudah syukur bagi saya.

Jika kamu sedang tidak mood bertemu dengan orang-orang, lebih baik kamu tidak perlu bertemu dengan teman-teman mu. Karena mood mu dapat merusak suasana mereka. Kan, jadi tidak enak hati.

Tapi kalau butuh teman-teman untuk meminta saran, maka bertemulah segera. Ceritakan masalah mu tanpa harus berbelas kasih.


Itulah empat poin yang sering saya terapkan ketika overthinking melanda. Mungkin hasilnya berbeda sesuai kepribadian seseorang. Namun cara saya boleh kok dicoba.

Selamat mencoba kawan! Semoga hasilnya memuaskan.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rakes samansor