Serupa tapi Tidak Sama, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Serupa tapi Tidak Sama, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder 1

Serupa tapi tak sama adalah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan baking soda dan baking powder. Baking soda dan baking powder merupakan dua bahan yang sering kita temukan dalam berbagai resep makanan, terutama resep kue.

Banyak yang mengira jika baking soda sama dengan baking powder. Mereka menganggap baking soda dan baking powder memiliki fungsi yang sama untuk makanan yang dibuat. Padahal, baking soda dan baking powder adalah dua hal yang berbeda. Baking powder dan baking soda tersusun atas komponen yang berbeda, sehingga akan memiliki fungsi yang berbeda pula ketika digunakan pada makanan.

Penggunaan pada Makanan

Baking soda dan baking powder sama-sama dapat digunakan dalam membuat makanan. Namun, penggunaan kedua bahan tersebut kurang atau bahkan tidak dapat menggantikan peran satu sama lain.

Baking soda lebih sesuai digunakan dalam makanan yang mengandung campuran asam, seperti yoghurt, sour cream, keju, dan sebagainya. Baking soda juga termasuk bahan yang dapat mengembangkan adonan kue. Namun, baking soda yang dimanfaatkan sebagai pengembang adonan kue lebih cocok digunakan pada jenis kue yang memiliki rasa asam atau campuran bahan asam. Selain itu, baking soda juga lebih cocok digunakan untuk kue yang pengolahan nya dikukus. Karena sifatnya yang basa akan membuat kue sulit kering jika digunakan pada jenis kue yang pengolahan nya dipanggang.

Karena tidak ada campuran asam pada komponen baking soda, baking soda menjadi bersifat sangat basa. Oleh karena itu, sedikit banyaknya penggunaan baking soda pada makanan harus benar-benar diperhatikan. Terlalu banyak menambahkan baking soda akan membuat makanan atau kue yang dibuat memiliki rasa getir bahkan pahit.

Komponen dasar baking powder adalah campuran baking soda, asam, dan campuran bahan lain yang membuat baking powder memiliki daya pengembang yang lebih besar daripada baking soda. Baking powder ini sangat cocok digunakan pada adonan kue yang membutuhkan daya pengembang yang baik. Selain itu, baking powder juga memberikan tekstur yang lebih renyah pada hasil akhir kue yang dibuat. Jadi, baking powder ini juga cocok ditambahkan pada adonan kue kering, seperti cookies atau kue-kue lain yang pengolahannya dipanggang.

Karena baking powder adalah baking soda yang telah dicampur dengan asam, menjadikan baking powder lebih aman digunakan pada makanan atau kue. Asal tidak menambahkan terlalu banyak, baking powder tidak akan memberikan rasa pahit atau getir pada makanan atau kue yang dibuat. Hal tersebut dikarenakan sifat basa yang dikandung baking soda sudah dinetralisir dengan campuran asam.

Penggunaan untuk urusan kebersihan

Selain penggunaan pada makanan ataupun kue, tidak sedikit juga orang-orang yang menyamakan fungsi baking soda dan baking powder untuk urusan membersihkan benda-benda kotor yang membandel. Padahal, keduanya memiliki daya pembersih yang berbeda. Umumnya, baking powder lebih cocok digunakan untuk bahan pengembang kue karena memiliki daya pengembang yang lebih baik. Nah, untuk urusan membersihkan peralatan atau benda-benda kotor yang membandel, baking soda lebih bisa diandalkan daripada baking powder. Baking soda sering digunakan untuk membersihkan peralatan memasak hingga membersihkan noda-noda membandel pada baju. Selain itu, baking soda juga dapat menetralisir bau tidak sedap, loh.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh