Sherrif Tiraspol Klub Yang Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata

Sherrif Tiraspol Klub Yang Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata 1

Kabar mengejutkan berhembus, klub yang masuk dalam negara kecil Eropa, Moldova yaitu Sherrif Tiraspol sukses mendapatkan tempat di fase grup Liga Champions Eropa saat menumbangkan wakil Kroasia, Dinamo Zagreb beberapa hari yang lalu. 

Kemenangan 3-0 berhasil dipersembahkan oleh Sherrif, dan membawa nya tampil dipentas perhelatan bergengsi Liga Champions Eropa musim ini. Tiga gol Sherrif dicetak oleh masing-masing dua gol oleh Adama Traore dan satu gol oleh Dimitris Kolovos.

Sherrif merupakan tim pertama yang masuk kompetisi Liga Champions EropaSherrif Tiraspol merupakan tim yang masuk dalam liga Moldova, dan termasuk negara termiskin di Eropa, bahka skuad Tiraspol ini saja jika ditotal hanya mencapai 100 milyar saja.

Jika dibandingkan dengan PSG yang disebut tim All Star Dunia memiliki aset seharga 17 trilyun, banyangkan klub Sherrif dengan materi biasa saja bahkan sedikit mampu tampil gemilang diajang bergengsi Liga Champions Eropa. Klub yang berdiri sejak tahun 1997 ini, mampu menundukkan klub wakil dari Albania, kemudian klub Alashkert wakil dari Armenia, dan klub Red Star Belgrade wakil dari Serbia.

Hasil lain Leg Pertama Playoff Liga Champions

Rabu (18/8/2021) dini hari WIB

AS Monaco vs Shakhtar Donetsk 0-1 (Pedrinho 19′)

FC Sheriff vs Dinamo Zagreb 3-0 (Adama Traore 45′, 80′; Kolovos 54′)

RB Salzburg vs Brondby 2-1 (Adeyemi 56′, Aaronson 90’/Uhre 4′)

Meski dibilang tim kecil dan murahan, namun shreeif Tiraspol bukan berarti tak memiliki prestasi apalaoun dikancah Eropa. Terbukti Sherrif telah membukukan dominasi di kompetisi domestik, dan sebenarnya rutin tampil di ajang bergengsi Eropaz meski hanya di Europa League.

Bahwa dengan nilai klub yang terbilang murah bukan berarti dibilang tim atau klub murahan. Bahkan tim ini selalu tampil di babak kualifikasi Liga Champions Eropa, meski jarang masuk ke play off.Selain pada musim 2021/22 ini, Sheriff bahkan sempat menembus babak play-off Liga Champions yaitu pada musim kompetisi tahun 2010/2011.

Namun Sherrif gagal lolos, ketika harus kalah dari FC Basel dan harus berkompetisi di ajang Europa League. Namun di kasta kedua kompetisi Eropa tersebut, Sherrif kerap ikut serta dan tampil. Menurut catatan, Sherrif Tiraspol telah tiga kali tampil di ajang kasta kedua Eropa ini.

stadion sherrif tiraspol 
stadion sherrif tiraspol 

Bahwa pada musim tahun 2009/2010, 2010/2011, dan musim tahun 2013/2014. Bahkan pada musim tahun 2013/2014 sempat bertemu dengan klub besar Inggris, Tottenham Hotspur. Tercatat, sudah tiga kali Sheriff mentas di fase grup Liga Europa, yakni musim 2009/10, 2010/11, dan 2013/14. Pada musim 2013/14, mereka bahkan sempat menjamu klub asal Inggris, Tottenham Hotspur.

Klub ini nyatanya jarang absen di Liga Europa dan rajin tampil di kompetisi ini dengan pengalamannya bertemu dengan klub-klub besar Eropa. Rajin tampil di Liga Europa, Sheriff nyatanya tak pernah sekalipun menembus fase gugur. Hal ini mereka lakukan untuk bisa melanjutkan cerita yang dulu pernah dilakukan oleh Ludogorets dan Qarabag.

skuad sherrif tiraspol
skuad sherrif tiraspol

Skuad Sherrif Tiraspol :

Dumitru Celeadnic (kiper), Danilo Arboleda, Charles Petro, Stjepan Radeljić Andriy Bliznichenko, Alexandr Belousov, Adama Traoré, Frank Castañeda, Lovro Bizjak, Fernando, Cristiano, Keston Julien, Hansel Zapata, Moussa Kyabou, Edmund Addo, Dimitris Kolovos, Nadrey Dago, Dušan Marković, Peter Banda, Giorgos Athanasiadis, Sébastien Thill, Serghei Pașcenco, Gustavo Dulanto, Henrique Luvannor, Maxim Cojocaru, Momo Yansané.

Meski hanya bermaterikan pemain yang memiliki nilai sekitar 100 Milyar, namun Sherrif mampu bersaing dengan klub-klub besar Eropa yang notabenenya bermaterikan skuad hebat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bo Bo