Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia


Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 1

Armin Arlert merupakan narator pada kisah manga dan anime Shingeki No Kyojin/Attack on Titan. Armin Arlert tekenal sebagai seorang character yang memiliki mimpi besar dan ia selalu optimism akan mimpinya tersebut.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 3

Mengingat episode pertama pada serial anime/manga Shingeki No Kyojin ini, pada suatu siang, Armin dan Eren berbagi mimpi yang berawal dari buku akan outside world. Armin selalu percaya akan kebenaran pada buku itu, ia membagikan kisah-kisah pada buku tersebut kepada Eren yang dimana walau Eren awalnya meremehkannya, tetapi Eren dapat melihat sesuatu mata Armin yang dimana hanya dia (Armin) sajalah yang dapat melihat hal tersebut. Dan hanya dengan begitu, lalu mereka berbagi mimpi bersama akan dunia luar.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 4

Setelah waktu berlalu, Eren melupakan akan mimpinya mengenai “outside world”, ia tidak dapat melihat atau pun berharap akan sesuatu pada masa depan. Ia terfokus pada keinginannya yakni untuk membunuh titan dan membalaskan dendam, sedangkan Armin selalu mengingat akan keindahan mimpi yang ia miliki. Ketika Eren yang telah melupakan mimpinya tersebut mendengarkan ucapan Armin akan mimpi itu, ia menjadi ingat bahwa masa depan selalu ada, dan akan selalu ada harapan untuk meraihnya sehingga mereka dapat menjelajahi dunia luar.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 5

Waktu berlalu lagi, Eren dan Armin dipaksa untuk melihat kekejaman akan dunia nyata, namun Armin yang selalu mengingat akan mimpinya akan mengingatkan Eren pula bahwa terdapat harapan pada mimpi itu. Armin terdengar naive, namun dari kenaivean itu Eren mendapatkan sesuatu, sesuatu harapan untuk masa depan, bahwa masa mereka saat itu akan berubah.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 6

Ketika Armin berada dalam keadaan sekarat, Eren menggunakan segala kekuatannya untuk meyakinkan Levi bahwa Levi harus menyuntikkan serum kepada Armin. Eren berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan Armin, dia kemudian ingat bahwa Armin selalu mempunyai mimpi. Tidak seperti Eren yang selalu memikirkan dendam dan pembalasan, Armin selalu berjuang untuk mimpinya dan ia memiliki yang orang lain tidak miliki. Mimpi Armin selalu membuat orang memiliki harapan, ketika tidak ada harapan dan mimpi itu menunjukkan kepada orang akan indahnya dunia.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 7

Semua itu terjadi, hingga pada saat “yang tak terbayangkan” itu muncul. Ketika Eren dapat melihat memories para titan shifters yang sebelumnya. Eren menjadi seolah pribadi yang berbeda dan dia memiliki perspektif yang berbeda dalam hidup pula. Dia memperoleh informasi seberapa kejamnya dunia luar tembok. Dia melihat penderitaan ayahnya dan orang lain hanya karena mereka lahir ke dunia.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 8

Ketika Armin berbicara mengenai mimpinya, Eren sudah tidak dapat lagi melihat keindahan akan dunia tersebut. Eren hanya dapat melihat kekejaman yan mendalam pada masa lalu. Dia tidak dapat disadarkan kembali oleh mimpi yang Armin miliki.Bagi Eren, mimpi tersebut tidaklah akan ada sebelum ia menghapuskan kekejaman yang sesungguhnya yang ada pada dunia. Dia beranggapan orang yang berada di luar tembok tidak bisa dipisahkan oleh kekejaman itu, dan setelah mereka hilang/lenyap/binasa, barulah Eren rasa mereka akan dapat menjadi bebas.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 9

Disinilah Ymir datang pada kisah mimpi Eren dan Armin. Pada chapter 130 manga, dapat diketahui bahwa Ymir lah yang membebaskan babi-babi. Terdapat perspektif yang berbeda yakni, dia menyukai kebebasan seperti Eren maka ia membebaskan babi-babi itu, dan yang satunya ialah ia berbelas kasihan kepada babi-babi itu, karena nantinya mereka akan dipotong dan dimakan. Dilihat dari perspektif yang kedua, terlihat bahwa Ymir memang memegang kehidupan dengan penuh nilai. Dan dia percaya bahwa kebebasan itu ada pada diri masing-masing kehidupan.

Kejadian Ymir membebaskan babi-babi menjadi awal mula kisah Shingeki No Kyojin, yang dimana penuh dengan tumpah darah dan kekejaman. Bahkan ketika setelah 2000 tahun lamanya, ia tidak terbebaskan dari apa yang namanya “menjadi budak” dan selalu terperangkap oleh rasa sakit menjadi budak.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 10

Ini adalah inti penting dari koneksi yang ia miliki dengan Eren. Bagaimana Eren dapat bersimpati dengan Ymir, Eren mengetahui kesakitan yang Ymir rasakan, karena ketika ia masih kecil, Eren selalu dihadapkan akan kejataan dunia yang pahit. Dia selalu dipaksa untuk mempelajari akan kepahitan itu berulang-ulang kali. Maka dari itu, ia memerlukan kekuatan untuk melakukan sesuatu dengan kepahitan dan kekejaman dunia. Eren rasa ia mengetahui bagaimana cara menghentikan itu untuk selamanya. Namun, kita semua tahu orang yang telah tenggelam, tidak dapat menyelamatkan orang yang telah tengelam pula.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 11

Eren dapat melihat memories yang dimiliki oleh Ymir, dan Ymir pun dapat melihat memori yang dimiliki oleh Eren. Ymir dapat melihat akan mimpi Eren dan Armin ketika mereka berharap untuk menyaksikan dunia luar. Ymir yang lalu sudah terbangun secara utuh, ia ingin memahami Eren. Dia mengeksplor tujuan-tujuan yang diingini Eren, ia mengobservasi memorinya dan mengobervasi kejadian rumbling. Ymir melihat Eren berbicara kepada Ramzi kenapa Eren harus melakukan ini. Orang yang tidak salah apa-apa harus binasa beratas namakan kebebasan.

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 12

Ymir yang kemudian memberikan Eren kekuatan, dan kemudian dengan kekuatan itu Ymir menyaksikan beribu-ribu orang terbunuh seperti babi yang dibunuh. Ketika Eren dapat menjangkau Ymir, Ymir berada pada kondisi sudah sangat menumpuknya rasa sakit. Sehingga ia membutuhkan untuk melepaskanya. Namun, sekarang ketika ia telah melihat apa yang Eren lakukan, apakah Ymir merasa ia harus terus melakukan itu juga?

Ymir juga dapat melihat Eren membawa Armin ke paths. Eren ingin memberitahukan kepada Armin ,bahwa mimpi mereka nyata. Namun, Eren tidak mengerti lagi mimpi itu. Menyaksikan mimpi akan kebebasan adalah tujuan Eren, namun ia tidak lagi mengetahui mengapa itu tidak terjadi. Eren berpikir, jika itu bukanlah mimpi, maka apa?

Shingeki No Kyojin: Mimpi Armin Akan Menyelamatkan Dunia 13

Eren telah tersesat, dan ia pun telah tersesat jauh dari mimpinya. Ia telah kehilangan kemanusiaannya pula. Ia telah membebaskan Ymir, namun sekarang ia mengurung dirinya sendiri pada kegelapan. Setelah Armin dibawa Eren ke paths, Ymir selalu memperhatikan Armin dam mimpi yang dimiliki oleh Armin. Sekarang, Ymir berusaha memutuskan bagaimana diantara dua perspektif yakni milik Eren atau milik Arminkah yang harus ia pilih.

Eren yang tidak mau mendengarkan Armin lagi, karena ia berpikir Armin sekarang terlalu naif, namun Ymir sendiri memiliki keinginan yang masih ia pertimbangkan. Apakah ia lalu memilih untuk memandan dunia dari segi kekejamannya? Ataukah memandang dunia dari segi keindahannya?

Kekuatan dari mimpi yang Armin miliki, penulis rasa mempunyai kunci yang cukup kuat pada ending cerita manga dan anime Shingeki No Kyojin ini. Mimpi tersebut memberikan harapan akan kehidupan manusia. Mimpi itu memberikan harapan pada Levi, mimpi itu memberikan harapan pada Annie. Jika Armin dapat menggapai Ymir, dengan mimpi yang ia miliki, mungkin ia dapat menjadikan Ymir melihat sesuatu lebih jauh lagi dibandingkan kekejaman akan dunia.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Carelo Caiiel

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap