Shopee Menggaungkan PHK Besar-Besaran, Lalu Bagaimana Nasib Karyawan Shopee di Indonesia?

Shopee Menggaungkan PHK Besar-Besaran, Lalu Bagaimana Nasib Karyawan Shopee di Indonesia?

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar dalam aktivitas perdagangan.

Dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, menjadikan Indonesia sebagai sasaran dalam pelaksanaan jual beli.

Bebagai macam produk yang legal dapat diperjual belikan secara bebas di pasar digital dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh peraturan yang berlaku

Tindakan tepat yang dilakukan para pengusaha dalam memanfaatkan jumlah penduduk yang sangat banyak dapat memaksimalkan profitabilitas suatu usaha, perusahaan melakukan strategi jual beli bukan lagi secara langsung, melainkan dengan melakukan transaksi jual beli secara daring.

Baca juga  Sanksi Bagi Pengusaha Yang Membayar Upah Dibawah Upah Minimum

Dengan melakukan strategi tersebut, aktivitas jual menjadi lebih praktis dan banyak keuntungan seperti efesiensi waktu dan tenaga yang dilakukan masyarakat.

Pengemudi Pengiriman Shopee Makanan.
Pengemudi Pengiriman Shopee Makanan.

E-commerce yang banyak muncul di Indonesia membuat persaingan dalam transaksi jual beli online semakin ketat tanpa terkecuali shopee, perusahaan dibawa naungan Sea Group yang berpusat di Singapura menjadi salah satu e-commerce yang sangat laris digunakan masyarakat di Indonesia.

Ditengah maraknya pengguna shopee di Indonesia, justru terdapat rumor kurang sedap.

Sea Group mengeluarkan ultimatum bahwa akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) beberapa karyawan yang ada di Asia Tenggara.

Baca juga  Jenis-Jenis Tes Kepribadian yang Sering Dipakai di Perusahaan

Tindakan tersebut merupakan salah satu dampak dari restrukturisasi organisasi sebagai bentuk meningkatkan dinamika dan tren industri e-commerce yang ada di Indonesia.

Tindakan yang dilakukan bukan tanpa alasan, Sea Group sudah menunjukan mengalami peningkatan profitabilitas dan rata-rata pendapatan secara drastis dari perusahaan game Garena, membuat Sea Group melakukan pemaksimalan di bidang tersebut.

Shopee yang sangat berkembang di Indonesia sudah sangat tepat dengan strategi yang dilakukan manajemen perusahaan.

Baca juga  Menilik Sejarah Singkat PT Allo Bank Indonesia

Dengan karakter masyarakat Indonesia yang konsumtif membuat Shopee menjadi e-commerce yang sangat banyak digunakan masyarakat Indonesia dalam berbelanja online, disertai dengan kemudadahan melakukan transaksi belanja sampai tahap pembayaran, konsumen hanya melakukan transaksi dengan menajalankan sebuah aplikasi dari mana saja.

Dari alasan itu, sepertinya Shopee tidak akan melakukan PHK terhadap karyawannya yang ada di Indonesia, karena Indonesia ikut berperan dalam peningkatan keuntungan perusahaan, ditambah lagi karakteristik masyarakat di Indonesia yang konsmuntif dan suka berbelanja secara praktis.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lutvan Yudhatama