Si Kecil Demam? Tidak Perlu Panik, Ini Cara Alaminya

Si Kecil Demam? Tidak Perlu Panik, Ini Cara Alaminya

Perubahan cuaca akhir tahun membuat tubuh kita sulit untuk menyesuaikan keadaan. Pada pagi hari yang cerah dan hangat, bisa menjadi dingin dan hujan di sore harinya. Kebiasaan tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan diuji secara seketika. Bagi kita yang sudah dewasa mungkin mengetahui gejala yang timbul pada tubuh ini. Berbagai cara cepat langsung kita lakukan demi mencegah sakit yang berkelanjutan.

Masa sekarang sudah banyak vitamin dan obat-obatan yang mampu mencegah dari serangan . Namun, bagaimana jika keadaan ini terjadi disaat kita tidak siap? sendiri sebenarnya bukan hal yang perlu ditakutkan. adalah respon tubuh untuk menyerang penyakit yang mulai menggerogoti tubuh kita. Yang perlu kita jaga adalah jangan sampai ini melewati ambang batas kemampuan tubuh kita untuk menahannya.

Jika si kecil pada suhu 37-38 derajat celcius, maka kemampuan Anda secara mandiri masih bisa diandalkan sebelum ke dokter atau pemberian obat. Sebagai pasangan muda, Anda tentu telah menyiapkan segala sesuatu di dalam Medical Box. Namun, secara , juga bisa di-treatment dengan praktis dan dengan - yang ada di dapur.

Baca juga  Menimbang Usia Ideal Perkawinan Anak untuk Hubungan yang Berkualitas

Air Hangat. Sediakan air hangat untuk mengompres sang . Berbeda dengan air dingin yang selama ini dipercaya memulihkan , padahal ini malah sama sekali tidak danjurkan.

Penempatan kompres pada kepala juga harus dihindari, karena pada posisi tersebut terdapat bagian hipotalamus yang berfungsi mengatur suhu tubuh atau disebut juga dengan “termoregulator”. Jika kompres dingin tadi Anda letakkan di area termoregulator ini, maka respons tubuh akan membaca bahwa area ini harus dihangatkan. Dengan keadaan sisi tubuh lain sudah hangat, maka ketika termoregulator menambahkan suhu lagi, menjadikan tubuh semakin bertambah panas.

Penempatan yang tepat adalah pada area lipatan, seperti pada pangkal lengan atau ketiak. Area ini harus ditempelkan dengan kompres hangat agar suhu tubuh tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Diharapkan, suhu tubuh akan merespon dan menyesuaikan dengan suhu kompresan yang telah kita tempelkan di ketiak tadi.

Jangan lupa mengganti air atau kain kompresnya jika sudah tidak hangat lagi, lakukan secara berulang-ulang, hingga mendapatkan suhu tubuh yang normal.

Baca juga  Autism Disorder? Hati-hati Pilih Makanan !

Pijatan Ringan. yang dibutuhkan adalah bawang merah dan minyak goreng. Cara Pemakaiannya adalah, pertama kupaslah bawang merah dari kulit terluarnya, irislah beberapa siung sekiranya dapat mencukupi tubuh si kecil. Ambil wadah atau mangkuk yang sudah terisi dengan minyak goreng secukupnya. Campurkan bawang dan minyak goreng tersebut. Setelah beberapa saat terendam, ramuan ini bisa Anda balurkan merata ke area tubuh hingga ke kulit kepala . Hindari area wajah.  

Pemijatan secara ringan dan mengarah ke area lipatan. Area lipatan ini sering menjadi sarang tempat suhu panas bernaung. Pijat secara perlahan dan pastikan Anda selalu memperhatikan suhu tubuh sang sebelum dan sesudah di pijit.

Sisa dari ramuan ini dapat Anda taruh di sekitar ruangan kamar, tempat si kecil tidur. Aroma bawang dipercaya dapat merelaksasi dan menurunkan .

Lega dan Sejuk. Selain treatment di atas, situasi ini harus diwujudkan di lingkungan kama si kecil. Buatlah suhu kamar menjadi agak lebih dingin dari suhu ruangan.

Baca juga  9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat

Suhu 25-26 derajat celcius sudah cukup dingin untuk seseorang yang sedang . Suhu ini diharapkan juga bisa menetralkan suhu dari tubuh si kecil.

Berilah pakaian yang tidak terlalu tebal dan tertutup, usahakan untuk memakai pakaian yang biasa seperti jenis kaos dan celana pendek. Jika si kecil menggigil, maka cukup kenakan kaus kaki dan selimut. Tujuannya adalah agar panas di tubuh si kecil bisa mengalir keluar, tidak terbelenggu dengan ketebalan pakaian yang dikenakan.

***

Metode tradisional ini sudah diperkenalkan turun temurun. Keberhasilan dari metode ini bergantung pada ketahanan tubuh si kecil. Sebagai orang tua yang bijak, Anda juga diharapkan dapat menilai situasi dengan benar. Persiapan ini dimaksudkan untuk mengurangi efek pemakaian atau ketergantunagn obat-obatan kepada si kecil. Dikhawatirkan, tumbuh kembangnya menjadi terganggu akibat konsumsi obat-obatan. Tetapi jika sudah melewati suhu 39 derajat celcius, Anda dianjurkan untuk menggunakan obat yang telah direkomendasikan oleh praktisi medis atau dokter pribadi Anda.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Danawa Kalana