Si Tanaman Ajaib Penambang Nikel!

Si Tanaman Ajaib Penambang Nikel!

Tahukah kamu tentang tanaman ajaib yang mampu menambang Nikel? lebih tepatnya menyerap unsur nikel dari dalam tanah?

sebelum kita lanjut ke pembahasan, perlu kita ketahui bahwa negara kita tercinta adalah pemasok nikel terbesar di dunia! 

Si Tanaman Ajaib Penambang Nikel!

“Indonesia berada di urutan pertama penghasil nikel Terbesar di Dunia dengan total Produksi: 800.000 MT

Indonesia selama ini dijadikan sebuah tolak ukur oleh banyak pihak mengenai keseriusan sebuah negara untuk terjun kepada tren Nikel.

Pada tahun 2019 sendiri, dilaporkan bahwa penghasilan nikel sendiri bisa melampaui produksi minyak kelapa sawit, yang merupakan komoditas kedua terbanyak untuk bisa diekspor.

Jaraknya yang cukup terjangkau dengan China, yang menjadi negara pemimpin dalam produksi manufaktur kendaraan elektronik, membuat proses ekspor komoditas ini menjadi sangat ideal. Indonesia juga masih mempunyai mempunyai cadangan nikel sebanyak 21 juta MT.”

Sumber : Jadi Penghasil Nikel Terbesar Dunia 

Negara kita ini sangat kaya! Dengan sumber daya alam yang sangat melimpah, hanya saja sumber daya manusia di negara kita kurang mampu mengelola kekayaan alam itu. 

Baca juga  Pentingnya Peran Ekosistem Manusia

Oke, kembali ke pembahasan kita sebelumnya… Kira-kira tanaman ajaib apa yang mampu menambang nikel? Hmmm ini sangat menarik, bagaimana bisa tanaman menambang nikel? Tapi, tanaman ini benar-benar ada loh!

Ini dia si Tanaman Ajaib Penambang Nikel! Sebertia Acuminata.

Sebertia Acuminata
Sebertia Acuminata

Sebertia Acuminata Pierre ex Baill atau Sapotaceae adalah sebuah tanaman yang ditemukan di Kaledonia Baru, dan telah terbukti menjadi Hiperakumulator Nikel. Lalu, apa sih Hiperakumulator itu?

jadi Hiperakumulator adalah tanaman yang dapat menyerap logam berat sekitar 1% dari berat keringnya. Secara alami tumbuhan memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  1. Beberapa famili tumbuhan memiliki sifat toleran dan Hiperakumulator terhadap logam berat; 
  2.  Banyak jenis tumbuhan dapat merombak polutan; 
  3. Pelepasan tumbuhan yang telah dimodifikasi secara genetik ke dalam suatu lingkungan relatif lebih dapat dikontrol dibandingkan dengan mikrob; 
  4. Tumbuhan memberikan nilai estetika; 
  5. Dengan perakarannya yang dapat mencapai 100 ├Ś 106 km akar per ha, tumbuhan dapat mengadakan kontak dengan bidang tanah yang sangat luas dan penetrasi akar yang dalam;
  6. Dengan kemampuan fotosintesis, tumbuhan dapat menghasilkan energi yang dapat dicurahkan selama proses detoksifikasi polutan; 
  7. Asosiasi tumbuhan dengan mikrob memberikan banyak nilai tambah dalam memperbaiki kesuburan tanah Sumber: Feller 2000
Baca juga  Mengenal 6 Fakta Unik tentang Jamur

Sebertia Acuminata adalah salah satu tanaman Hiperakumulator terhadap logam berat seperti nikel. Karena ditemukannya akumulasi nikel yang tidak biasa, tinggi dari Sebertia Acuminata. Jenis ini merupakan pohon yang tingginya mencapai 10 m, dia terkenal di Kaledonia Baru karena lateksnya (getahnya) berwarna hijau biru dan masyarakat lokal menyebutnya sebagai Seve bleue (Getah biru). Tanaman ini adalah endemik Kaledonia Baru, relatif jarang dan tidak pernah di rekam jauh dari substrat ultrabasic. hal ini ditemukan terutama di Grand Massif du Sud dan di Massif Tiebaghi di utara pulau, lebih sering ditemukan di daerah berhutan di atas alluvia atau colluvia yang relatif kaya nikel.

Kandungan nikel lateks (25,74% berdasarkan berat kering) Sebertia Acuminata Ini merupakan konsentrasi nikel tertinggi yang pernah ditemukan dalam bahan hidup. 

Baca juga  4 Manfaat Buah Naga yang Harus Anda Ketahui

Dalam beberapa tahun terakhir sejumlah spesies tanaman telah ditemukan yang memiliki konsentrasi nikel yang sangat tinggi (1-5). spesies yang mengandung lebih dari 1000g (0,1%) elemen ini per gram (basis berat kering) telah ditemukan, disebut Hiperakumulator 5. 

berikut ini adalah tanaman hiperakumulator lain dengan kandungan yang relatif lebih kecil dari Sebertia Acuminata.

  1.  Hybanthus├čoribundus,
  2. Alyssum bertolonii,
  3. Homalium austrocaledonicum,
  4. H. deplanchei,
  5. H. francii,
  6. H. guillainii,
  7. H. kanaliense,
  8. H. mathieuanum,
  9. H. rubrocostatum,
  10. Hybanrhus austrocaledonicus,
  11. H. caledonicus,
  12. Psychotria douarrei

Keberadaan akumulator ini telah menyebabkan minat yang cukup besar di bidang eksplorasi mineral dan fisiologi tanaman karena kemungkinan asosiasi tanaman ini dengan mineralisasi nikel dan karena masalah dalam fisiologi tanaman yang ditimbulkan oleh akumulasi tinggi dari suatu unsur yang biasanya beracun bagi tanaman.

Sumber: Sebertia acuminata; A Hyperaccumulator of Nickel from New Caledonia 

Nah semoga info tadi dapat memberikan manfaat ya… terima kasih sudah membaca, nantikan artikel selanjutnya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hana teguh