Siapakah Loki dalam mitologi Nordik?


Siapakah Loki dalam mitologi Nordik? 1

Kamu fans superhero Marvel dan Loki? Marvel.com melansir bahwa film seri Loki akan mulai tayang di Disney+ pada 9 Juni 2021. Di dunia Marvel versi live action, Loki diperankan oleh Tom Hiddleston. Nah, di film seri ini pun Hiddleston masih memerankan Loki, sang Dewa Penipu. Tetapi, apakah kamu tahu asal usul Loki dalam mitologi Nordik?

Sumber: www.marvel.com
Sumber: www.marvel.com

Loki dalam dunia Marvel adalah saudara lelaki Thor dan anak Odin. Sementara dalam mitologi Nordik, Loki menjadi saudara sedarah Odin dengan kecurangan dan paman dari Thor.  Ayah Loki adalah Farbauti, seorang raksasa, dan ibunya Laufey atau Nal tidak diketahui rasnya apakah seorang dewi, raksasa atau bukan keduanya. 

Jadi bisa dibilang Loki ini setengah raksasa setengah dewa, sehingga dia seringkali membantu atau menjahati keduanya tergantung pada pihak mana yang akan memberikan keuntungan padanya. Selain disebabkan sifat Loki, kemampuannya untuk alih rupa pun membuatnya melakukan banyak kejahatan. 

Nama Loki hingga saat ini masih diperdebatkan artinya. Beberapa ahli memaknainya sebagai api dari kata Nordik kuno “logi”, dan seorang filolog menemukan bahwa Loki juga berarti simpul, ikatan dan jaring. Loki dalam manuskrip Islandia abad 18 digambarkan sebagai seorang lelaki dengan senyum menyeringai sambil memegang jaring ikan.

Sumber: www.pinterest.com
Sumber: www.pinterest.com

Penampilan asli Loki dalam prosa Edda tentunya tidak setampan Hiddleston ya. Begitu juga dalam kisah tentang perjalanan  Thor ke Jotunheim, tempat tinggal para raksasa. Di tempat itu,Thor bertemu dengan seorang raksasa bernama Utgardaloki alias Loki dari Utgard. Sifat yang dimilikinya sama dengan penggambaran Loki yang kita kenal, yaitu licik, penipu, tidak bisa diandalkan, hedon, pengecut dan banyak sifat buruk lainnya.

Dalam mitologi Nordik, Loki menjadi ayah sekaligus ibu secara literal dari beberapa makhluk. Dari istrinya Sigyn, seorang Aesir alias dewi, Loki memiliki dua anak lelaki, Narfi dan Vali. Vali dikuutuk menjadi seekor serigala dan memakan Narfi sebagai hukuman bagi Loki yang telah membunuh putra Odin, Balder.

Ketika beralih rupa menjadi seekor kuda betina, Loki mengandung Sleipnir, seekor kuda berkaki delapan yang menjadi tunggangan favorit Odin. Ayah Sleipnir, Svathilfari, adalah seekor kuda jantan milik seorang ahli bangunan yang ingin mempersunting Freya dengan mempersembahkan tembok para dewa.

Loki memiliki kekasih dari ras raksasa bernama Angrboda, dan bersamanya Loki memiliki tiga anak yang ditakuti oleh para Aesir. Anak pertama Loki adalah seekor serigala perkasa bernama Fenrir. Konon tidak ada satu pun rantai yang dapat menahannya. Aesir kemudian menahan Fenrir agar tidak berbuat onar atau mengancam sembilan dunia dengan mengekangnya menggunakan Gleipnir. Rantai ini berbentuk dan bersifat seperti sehelai pita sehingga dapat mencegah Fenrir melarikan diri.

Fenrir (Sumber: www.skjalden.com)
Fenrir (Sumber: www.skjalden.com)

Menurut beberapa cerita mengenai Fenrir, ia adalah sosok yang membunuh Odin dan melahap semua yang ada di sembilan dunia. Tetapi, Fenrir berhasil dibunuh oleh salah satu anak Odin yang membalas dendam.

Anak kedua Loki bersama Angrboda bernama Jormungandr, seekor ular yang dapat bertumbuh terus menerus. Jormungandr dijuluki Midgard Serpent setelah Odin membuangnya ke lautan di sekitar Midgard. Dalam prosa Edda, Thor dan Jormungandr diceritakan saling membunuh ketika Ragnarok terjadi.

Jormungandr (Sumber: www.pinterest.com)
Jormungandr (Sumber: www.pinterest.com)

Disebutkan ukuran tubuh Jormungandr sangat besar sehingga dapat mengelilingi Midgard. Dalam salah satu ramalan tentang Ragnarok, akhir dunia akan terjadi ketika Jormungandr menjatuhkan ekornya. Sesaat sebelum Thor membunuhnya, Jormungandr akan menyemprotkan bisanya ke sembilan dunia. Thor sendiri tewas akibat bisanya.

Anak ketiga Loki adalah Hel yang menjadi penguasa dunia bawah. Dalam berbagai literatur Nordik kuno, Hel digambarkan seseorang yang berpenampilan setengah hitam – setengah putih dengan ekspresi wajah yang menyeramkan. 

Hel (Sumber: www.skjalden.com)
Hel (Sumber: www.skjalden.com)

Beberapa kisah menggambarkan Hel sebagai seorang perempuan cantik yang tubuhnya setengah mayat dan setengah manusia. Pada saat Ragnarok, dikatakan Hel akan berlayar bersama Loki ke Asgard dengan pasukan orang-orang mati.

Loki yang kita kenal di dunia Marvel tentunya berbeda ya dengan gambaran dalam mitologi Nordik. Tetapi, kita menjadi tahu siapa Loki yang dirujuk Marvel dalam ceritanya. Jadi, masih suka dengan Loki versi mana?


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nenden Rikma

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap