Siapkah Kita Menghadapi Teknologi 5G?

Siapkah Kita Menghadapi Teknologi 5G? 1

Perkembangan teknologi di Indonesia kini telah memasuki era 4G dan telah membawa dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Saat ini dunia sedang bersiap dengan generasi kelima (5G) sebagai sebuah platform yang dapat mengintegrasikan berbagai teknologi komunikasi nirkabel dengan berbagai jenis layanan didalamnya serta kemampuan untuk menyediakan koneksi kapanpun dan dimanapun kita berada.

Dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar, data rate lebih tinggi dan tingkat delay yang kecil teknologi ini dapat memberikan peluang dan keuntungan kepada operator dengan menciptakan model bisnis baru. Tujuan utama teknologi 5G itu sendiri adalah untuk memenuhi layanan komunikasi bergerak serta memberikan dukungan teknologi pada sektor ekonomi dan industri. Lalu bagaimanakah penggunaan 5G? Simak penjelasan berikut ini.

Enhanced Mobile Broadband (eMBB)

Merupakan skenario penggunaan untuk layanan komunikasi data dan multimedia.

Ultra Reliable and Low Latency Communications (URLLC)

Berhubungan dengan aplikasi yang membutuhkan kinerja jaringan sangat baik dan sangat sensitif terhadap delay dan latency. Sebagai contoh pada sistem keamanan transportasi, operasi bedah jarak jauh, dan sistem kontrol industri manufaktur. Teknologi ini dibutuhkan sebagai pondasi dari industri 4.0.

Massive Machine Type Communications (mMTC)

Digunakan pada aplikasi yang menggunakan banyak perangkat. Setiap perangkat terhubung dengan internet serta mengirimkan data dalam kapasitas kecil yang tidak sensitif terhadap delay seperti alat monitor cuaca dan alat motitoring pertanian yang menggunakan sensor untuk memantau kondisi tanah.

Penggunaan teknologi 5G ini memiliki beberapa keuntungan bagi masyarakat umum, yakni layanan paralel multiple contohnya ketika melakukan panggilan video dengan orang lain maka Anda dapat mengetahui cuaca dan lokasi orang tersebut. Lalu keuntungan lainnya adalah Anda dapat mengontrol PC melalui smartphone. Kemudian, kemudahan dalam proses belajar-mengajar dimana murid yang berada di belahan bumi lain dapat tetap mengikuti pelajaran.

Di bidang kesehatan, teknologi 5G akan membantu pengobatan menjadi lebih cepat dan hemat dikarenakan dokter dapat mengobati pasien yang berada di tempat terpencil di dunia. Selain itu, teknologi 5G ini juga akan bermanfaat bagi pemerintah untuk memonitor kejahatan yang terjadi dan pencarian orang hilang. Terakhir, teknologi ini bermanfaat untuk mendeteksi terjadinya bencana alam dan memvisualisasi alam semesta beserta galaksinya.

Lalu bagaimana hubungan teknologi 5G dengan ekonomi di Indonesia? Kehadiran teknologi 5G ini digadang-gadang dapat membangkitkan perekonomian nasional. Dari segi retail, komunikasi nirkabel akan tetap berperan penting pada aspek ini. Terutama untuk mendukung layanan toko online, jasa transportasi dan pemesanan penginapan. Apalagi di zaman yang serba digital, semakin canggih suatu teknologi tentunya semua orang akan berlomba-lomba memperbaharui teknologi tersebut. Jadi, bagi kamu yang memiliki bisnis, Yuk segera digitalisasi bisnismu untuk menghadapi datangnya teknologi 5G ini ke Indonesia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sylvianidya