Sigmund Freud dan Teori Psikoanalisis


Sigmund Freud dan Teori Psikoanalisis 1

Sigmund Freud adalah tokoh penting dan berjasa di bidang psikologi. Dia tokoh psikologi dan penemu teori psikoanalisis. Sigmund Freud sendiri lahir pada 1856 di kota Freiberg, bagian dari Imperium Austria. Kota Freiberg sekarang masuk kedalam wilayah Negara Cekoslovakia. Dia berhasil menerima gelar dokter di Universitas Vienna pada 1881. 

Setelah lulus dari sekolahnya, Freud kemudian melakun serangkaian penelitian fisiologinya di Vienna, namun akhirnya dia pindah ke Prancis untuk bekerja di Paris bersama Jean Charcot dan Josef Breuer, mereka kemudian membuka sebuah klinik neurologi.

Pelan-pelan, Freud pun mulai menciptakan teori-teori psikologisnya, pada 1895, Freud menerbitkan buku pertamanya yang berjudul Studies in Hysteria. Tahun 1900, ia menerbitkan buku keduanya, berjudul The Interpretation of Dreams. Dari buku pertamanya, hal paling urgent membahas tentang dasar-dasar pikologi manusia. kemudian tahun 1902, Freud bersama tokoh psikolog ternama lainnya, melakukan diskusi di Vienna, membahas pentingnya sebuah proses alam bawah sadar dalam perilaku manusia yang dapat berpengaruh pada sebuah mental manusia. Freud sendiri mengutarakan bahwa tahapan-tahapan itu dapat berpengaruh terhadap mimpi, dan mengakibatkan kesalahan-kesalahan umum, misalnya kecelakaan, hilangnya daya ingat atau ingatan, hilangnya kesadaran, bahkan suatu penyakit.

Bahwa ide-ide atau gagasan-gagasan Freud sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan teori-teori psikologi manusia di dunia, berpengaruh dalam hal melakukan pengobatan penyakit mental, seperti kecemasan, ketakutan, ketidakpercayadiri. Walaupun teori-teori kemudian mengalami beberapa perkembangan seiring perkembangan pemikiran manusia yang selalu berubah dari masa ke masa.

Psikoanalisis memiliki tiga penerapan:

  • suatu metode penelitian dari pikiran.
  • suatu ilmu pengetahuan sistematis mengenai perilaku manusia.
  • suatu metode perlakuan terhadap penyakit psikologis atau emosional. (sumber wikipedia).


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap