Siklon Pam Yang Terjadi di Vanuatu

Siklon Pam Yang Terjadi di Vanuatu

Vanuatu merupakan negara kecil ditimur Australia dan timur Papua New Guinea. Negara yang beribukota di Port Villa ini memiliki wilayah yang tak leboh besar dari Pulau Kalimantan.

Negara yang sering memberikan kritikan kepada Indonesia mengenai HAM di Papua ini, sebenarnya negara yang rawan akan bencana alam dyang sering dinamakan siklon Pam.

Siklon PAM sendiri merusak menghancurkan, memperorakporandakan negara ini pada kurun waktu tahun lalu, dan merupakan bencana paling mengerikan yang pernah terjadi di negara ini.

Siklon Pam Yang Terjadi di Vanuatu

Banyak yang belum tahu, apa itu Siklon Pam. Siklon Pam atau cyclone pam bisa dikatakan badai yang terjadi di daratan. Ini merupakan bencana berupa siklus di Samudera Pasifik berupa angin kencang hampir menyerupai Tsunami, yang memiliki kecepatan ratusan kilometer perjam, dan memiliki potensi besar menghancurkan, merusak bangunan, infrastruktur kota, jembatan-jembatan, jalan-jalan, rumah, fasilitas umum, kapal-kapal yang bersinggah di dermaga.

Ini merupakan bencana yang paling merusak yang terjadi di negara yang memiliki luas wilayah 12.000 km2 dan memiliki penduduk 300.000 jiwa ini.

Hampir 90% bangunan porak poranda dan rusak akibat bencana siklon pam yang mengerikan. Tak heran jika Presiden Vanuatu pernah minta bantuan PBB untuk membangun kembali negaranya yang rusak akibat bencana tersebut. 

Meski berada dekat dengan negara lain yang berupa ke;ulauan, namun negara ini justru sering terjadi bencana, dan siklon pam yang mengancam negara ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Cha Cha