Siklus Mens Sesuai Usia

Siklus Mens Sesuai Usia

Masalah yang  tak pernah habis di bahas oleh rata-rata wanita adalah . Walau terjadi tiap bulan, terkadang siklus mennstruasi sulit diprediksi. Perubahan siklus biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan hormon dan usia. Berikut informasi untuk kaum hawa, siklus sesuai usia. Jadi, jangan sampai terlalu panik jika siklusmu berubah ya..

Usia 20-an

Di usia 20-an tahun, biasanya siklus sudah mengalami sedikit perubahan. Pada masa ini, proses ovulasi (pematangan ovum) yang terjadi mulai tidak teratur, sehingga siklus pun menjadi tidak menentu. Pada usia ini, para wanita lebih sering mengalami gangguan atau premenstrual syndrome. Biasanya kondisi

Baca juga  5 Cara Untuk Melancarkan Haid
dibarengi dengan kram yang menyakitkan dan rasa nyeri pada payudara.

Siklus Mens Sesuai Usia

Usia 30-an

Perubahan siklus pada usia ini ditandai dengan rasa sakit yang lebih hebat dibandingkan dengan kram perut biasa. Jangan sampai mengabaikan gelaja ini, karena bisa menjadi suatu gejala gangguan kesehatan, misal pertumbuhan tumor jinak yang disebut fibroid. Bagi wanita yang ssudah pernah melahirkan, biasanya pada usia ini juga terjadai perubahan siklus dalam jangka panjang. Tapi, rasa nyeri sebelum mungkin tidak lagi dirasakan oleh wanita yang sudah pernah melahirkan. Hal ini wajar terjadi karena proses melahirkan menyebabkan serviks menjadi sedikit lebih besar, jadi ketika tidak lagi terjaadi konstraksi rahim yang kuat.

Baca juga  Nyeri Haid, Ini Cara Mengatasinya!
Siklus Mens Sesuai Usia

Usia 40-an tahun

Pada usia 40-an tahun, terjadi perubahan hormon yang menyebabkan ovulasi menjadi tidak teratur. Suatu penelitian dari Obstetric and Gynecology Clinics of North America mengungkapkan, wanita pada usia ini mengalami rentang yang jauh lebih panjang atau bisa menjadi lebih singkat dibandingkan dengan usia sebelumnya.

Baca juga  Perlu Diketahui 6 Gejala Gangguan Hormonal PCOS

Selain itu, gejala perimenopause juga mulai terlihat pada usia ini. Masa menopause biasanya terjadi di usia awal 50 tahun. Usia 40 tahun merupakan gerbang fluktuasi hormon perimenopause yang merupakan prekursor dari menopause.  Namun di usia ini, wanita masih memiliki peluang untuk hamil meski ovulasi tidak menentu. Masa menopause sempurna terjadi apabila wanita tidak lagi selama minimal satu tahun.

Siklus Mens Sesuai Usia

Maka dari itu, sebenarnya perubahan siklus itu adalah hal yang wajar. Namun jika hal ini terus terjadi dan ada tanda seperti tidak teratur dengan perubahan durasi, hingga konsistensi pendarahan yang tak stabil, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Bisa jadi itu merupakan tanda adanya gangguan tiroid, sindrom ovarium polikistik atau pun masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Afnii_