Simak 5 Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D, Selain Sinar Matahari


Simak 5 Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D, Selain Sinar Matahari 1

Vitamin D memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga kesehatan tulang. Dengan rutin mengkonsumsi asupan vitamin D maka osteoporosis dapat dicegah.

Kekurangan asupan vitamin D dalam tubuh akan membuat tulang menjadi mudah rapuh, dan menurunnya kekuatan tulang secara bertahap seiring bertambahnya waktu. Kita dapat memperoleh banyak kalsium di dalam tubuh, namun hal itu sia-sia karena tidak akan mampu terserap ke dalam tulang tanpa adanya vitamin D.

Cara paling mudah dan murah untuk mendapatkan asupan vitamin D dapat dilakukan dengan cara berjemur di atas sinar matahari. Sinar matahari memiliki kemampuan untuk memacu tubuh memproduksi vitamin D, namun paparan sinar matahari memiliki risiko menyebabkan kanker kulit. Beruntungnya dengan kadar sedikit sinar matahari di siang hari dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Cara lain untuk mendapatkan asupan vitamin D selain berjemur adalah dengan  mengkonsumsi 5 jenis makanan berikut.

1. Kuning Telur

Simak 5 Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D, Selain Sinar Matahari 3

Telur tidak hanya mudah didapatkan namun harganya juga terjangkau. Banyak orang yang lebih suka makan putih telur daripada kuning telur padahal semua nutrisi dalam telur ada di dalam kuning telur tersebut. Kuning telur kaya akan nutrisi, terutama jika berasal dari ayam kampung. Dengan mengkonsumsi kuning telur dapat membantu menjaga kadar vitamin D tetap tinggi dalam tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit tulang dan gigi. Satu kuning telur akan memberi asupan vitamin D sekitar 40 IU, tetapi jangan hanya mengandalkan kebutuhan vitamin D harian dari telur karena satu telur mengandung sekitar 200 mg kolesterol. American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 300 mg sehari agar jantung tetap sehat.

2. Jamur

Simak 5 Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D, Selain Sinar Matahari 4

Kebanyakan jenis jamur tidak memiliki kemampuan memproduksi vitamin D, seperti halnya manusia.  Namun, jenis jamur tertentu masih dapat digunakan sebagai sumber vitamin D. Sebagai contoh jamur dengan nama ilmiah Portobello Dole. Jamur ini sangat perfek bagi vegetarian yang mencari makanan nabati yang mengandung vitamin D. Portobello Dole akan memberi Anda 400 IU vitamin D per porsi 3 ons (sekitar 1 cangkir jamur potong dadu), kata Tania Elliott, MD, instruktur kedokteran klinis di NYU Langone. IU adalah singkatan dari unit internasional, yang mengukur vitamin D.

3. Jus Jeruk

Simak 5 Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D, Selain Sinar Matahari 5

Jika kamu seorang vegan atau vegetarian memang tidak banyak sumber vitamin D alami yang bisa didapatkan. Namun saat ini kamu beruntung karena minuman tertentu yang difortifikasi dengan kalsium dan vitamin D, salah satunya adalah jus jeruk. Selain rasa segar yang didapatkan, tambahan kalsium dan mineral dapat memelihara tulang dan tetap kuat, juga mengandung vitamin D yang berguna dalam penyerapan kalsium.

Melansir Healthline bahwa satu gelas jus jeruk dengan netto 8 ons biasanya mengandung sekitar 100 IU vitamin D, namun jumlah ini bervariasi dari antara satu merek dengan merek lain. Perlu untuk diperhatikan, bahwa tidak semua merek difortifikasi. Hendaknya periksa label terlebih dahulu sebelum beli jus jeruk. Dua merek yang telah difortifikasi dan beredar di market Indonesia adalah Minute Maid Nutriforce Orange, dan Florida Natural Orange Juice yang masing-masing mengandung 100 IU per 8 ons berat netto.

4. Minyak hati ikan Kod

Simak 5 Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D, Selain Sinar Matahari 6

Minyak hati ikan kod merupakan salah satu sumber vitamin D yang tersedia. Minyak ini mengandung lebih sedikit asam lemak omega-3 daripada minyak ikan biasa, tetapi lebih banyak vitamin A dan D. Sesuai dengan namanya bahwa minyak hati ikan kod adalah minyak yang diekstrak dari hati ikan kod dari samudra Atlantik.

Kadar vitamin D dalam minyak hati ikan kod tergantung pada spesies ikan kod, lingkungan hidup ikan Kod. Pada tahun 1789 merupakan tahun pertama penggunaan hati ikan Kod untuk mengobati rematik, dan tahun 1930-an, hati ikan kod diberikan kepada anak-anak untuk membantu mencegah rakhitis maupun  kekurangan vitamin D.

5. Lampu dan bohlam ultraviolet

Simak 5 Cara Mendapatkan Asupan Vitamin D, Selain Sinar Matahari 7

Orang yang dalam tubuhnya memang memiliki risiko tinggi terhadap defisiensi vitamin D (malabsorbsi) sangat dianjurkan untuk menggunakan treatment pemancaran sinar ultraviolet, yang dikenal sinar UV dari lampu dan bohlam. Biasanya, hal ini dialami oleh orang yang tinggal di negara 4 musim dan tidak mendapatkan cukup vitamin di musim dingin. Lampu dipasang di tempat tidur penyamakan namun memiliki ukuran lebih kecil sekitar 24 inci x 16 inci,” kata Dr.Holick. Perlu diketahui bahwa lampu ini memiliki fungsi yang sama persis dengan sinar matahari, yang kaya akan vitamin D namun memiliki risiko menghasilkan kanker kulit, kata Michael F.Holick, MD, dari Pusat Medis, Universitas Boston. 

Itulah 5 cara lain untuk mendapatkan asupan vitamin D, selain sinar matahari. Ada yang bisa didapatkan secara alami dari sebutir telur, fortifikasi produk pangan, hingga menggunakan alat modern seperti lampu ultraviolet.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

nur hidayah afandi

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap