Sirkuit Mandalika, untuk MotoGP 2022

Sirkuit Mandalika, untuk MotoGP 2022 1

Sirkuit bernama Mandalika Sirkuit yang merupakan investasi besar Indonesia membuat arena balapan bertaraf internasional. Sirkuit Mandalika ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat berada dekat dengan Pulau Dewata Bali.

Mandalika Sirkuit merupakan proyek besar pengadaan arena tempur para rider atau pembalap internasional seperti ajang MotoGP dan Formula One yang merupakan ajang tertinggi di dunia balap motor dan mobil.

Berada di samping lautan samudera Hindia, Mandalika Sirkuit menyuguhkan panorama pemandangan perbukitan dan juga laut yang berada persis di dekat sirkuit ini.

Sirkuit Mandalika, untuk MotoGP 2022 3

Sirkuit ini telah menjalani pelaksanaan pembangunan beberapa persen dengan telah terlihat lintasan arena sirkuit dengan pengaspalan dan juga beberapa fasilitas pendukung lainnya di arena ini.

Indonesia memang gencar membangun fasilitas olahraga bertaraf internasional selain stadion dan juga arena olahraga yang mendukung bergerak nya pertumbuhan olahraga yang lebih berkualitas dan mampu bersaing di kancah internasional.

Tak terkecuali sirkuit Mandalika yang memiliki banyak aksen serta ornamen layaknya sirkuit di negara lain yang terlihat mewah dan baik untuk dipergunakan.

Sirkuit Mandalika, untuk MotoGP 2022 4

Semua sudah disesuaikan dengan standar internasional, begitu juga dengan kualitas jalan atau aspal yang lebih tajam. Ada tribun penonton yang nantinya akan memanjakan para penikmat MotoGP maupun Formula One.

Ada juga beberapa fasilitas lain yang akan mendongkrak pertumbuhan perekonomian di Lombok Nusa Tenggara Barat. Ini akan menjadi aset berharga Indonesia dibidanh perekonomian, dan juga membuat reputasi berharga Indonesia di kancah balapan internasional.

Desain

Sirkuit Mandalika, untuk MotoGP 2022 5

Desain sirkuit Mandalika ini memiliki panjang 4,31 kilometer dengan total 17 tikungan yang didesain dengan banyaknya tikungan yang diklaim akan berbahaya bagi para rider, namun akhirnya ada yang dirubah menjadi track lurus.

Desain sirkuit memang terlihat simpel namun ini menjadi sebuah tantangan bagi para rider khususnya rider MotoGP yang menjadikan Mandalika sebuah tantangan menarik untuk dilalui.

Dibangun Kerjasama dengan Vinci

Vinci merupakan perusahaan konstruksi asal Prancis yang siap membantu pelaksanaan pembangunan sirkuit megah ini. Ini merupakan perusahaan besar yang khusus melaksanakan proyek pembangunan khususnya sirkuit untuk MotoGP.

Seperti diketahui jika sirkuit ini berada di zona ekonomi khusus di Nusa Tenggara Barat khususnya di Lombok Tengah. Dan daerah ini merupakan kawasan yang dikelola oleh BUMN Indonesia.

Proyek MotoGP

Keberadaan stadion ini memang dari awal difungsikan untuk penyelenggaraan ajang MotoGP yang merupakan ajang balap motor paling tertinggi di dunia.

Penyelenggaraan MotoGP ini jelas berpengaruh terhadap sektor perekonomian dan kunjungan wisata ke Lombok dengan mengenalkan Lombok sebagai destinasi wisata menarik di Indonesia.

Apalagi penyelenggaraan MotoGP merupakan ajang paling digemari seluruh pecinta balap motor di seluruh dunia, hampir 430 juta penonton melihat melalui televisi setiap ajang MotoGP ini dan memiliki banyak penggemar di dunia.

Apalagi masyarakat sekitar akan banyak diuntungkan apalagi ada wisatawan asing yang tentunya ingin melihat secara langsung di sirkuit Mandalika dan hal itu akan menjadi sumber pendapatan besar dan menambah banyak sumber pekerjaan khusus masyarakat lokal yang akan merasakan dampak luar biasa dari sirkuit baru ini.

Dengan investasi besar tentunya ekspektasi besar pun di target kan oleh pihak pengelola, apalagi Indonesia baru pertama kali ini akan menyelenggarakan pentas MotoGP.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.