Memahami Sistem Peredaran Darah Yang Ada Pada Manusia

sistem peredaran darah

Peran memang sangat penting.

Dimana , ini berfungsi untuk mengalirkan nutrisi dan juga oksigen ke seluruh bagian , dan masih banyak lagi fungsi lainnya dari tersebut.

 

Fungsi dari

Memahami Sistem Peredaran Darah Yang Ada Pada Manusia

atau dalam istilah medis disebut dengan sistem kardiovaskular ini, tidak lain adalah sebuah sistem yang berguna untuk menyalurkan berbagai macam zat penting, dari jantung ke seluruh , seperti berbagai macam nutrisi dan juga oksigen.

Selain itu, , ini juga membantu mengeluarkan zat karbondioksida, dari hasil sisa proses metabolisme , melalui paru-paru.

Fungsi lainnya adalah untuk menyalurkan hormon ke seluruh bagian , menyalurkan suhu secara merata, membantu mempertahankan kinerja sistem organ , serta membantu , pulih dari berbagai macam .

 

Mekanisme

Memahami Sistem Peredaran Darah Yang Ada Pada Manusia

Pada dasarnya pada sendiri akan terbagi menjadi 3 macam, yaitu sirkulasi sistemik, sirkulasi koroner, dan sirkulasi pulmonal.

Dimana ketiganya mempunyai fungsi yang sama, yaitu menantu dan memastikan sistem kelangsungan itu sendiri.

Sirkulasi sistemik

Ini adalah sirkulasi peredaran , yang mencakup seluruh . Sirkulasi seperti ini akan bermula dari yang mengandung oksigen, masuk ke serambi kiri jantung, melalui pembuluh Vena pulmonalis.

Setelah sebelumnya selesai melepaskan karbon dioksida melalui paru-paru.

yang ada di serambi kiri ini, kemudian diteruskan ke bilik kiri, selanjutnya disalurkan keseluruh , melalui pembuluh utama atau yang disebut dengan Aorta.

kemudian akan dipompa melalui aorta, dan terus mengalir hingga ke bagian paling tepi, di seluruh bagian tubuh. Setelah tugasnya selesai, yaitu membawa berbagai macam zat ke setiap yang ada di dalam tubuh. 

Maka akan mengalir kembali menuju serambi kanan jantung. Kali ini, akan memulai proses pembersihan .  

Sirkulasi koroner

Tidak hanya tubuh yang membutuhkan pasokan oksigen, namun juga organ jantung. Oksigen dan nutrisi yang ada dibutuhkan agar jantung dapat berfungsi dengan baik.

Kali ini yang akan menutrisi jantung akan dialirkan melalui arteri yang disebut dengan arteri koroner, untuk selanjutnya dialirkan ke otot-otot jantung.

Jika arteri pada koroner jantung ini mengalami penyumbatan, maka aliran oksigen dan juga nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh otot jantung akan berkurang.

Ini yang nantinya meningkatkan resiko seseorang terkena serangan jantung.

Sirkulasi pulmonal

Berikutnya ada yang disebut dengan sirkulasi pulmonal atau paru. Ini adalah yang dialirkan dari jantung menuju ke paru-paru, dan juga sebaliknya.

Sistem seperti ini, akan berlangsung, setelah sebelumnya darah, yang mengandung karbondioksida, sebagai hasil dari sisa metabolisme tubuh, kembali lagi ke bagian jantung, melalui pembuluh darah Vena besar / Vena Cava.

Darah tersebut nantinya akan masuk ke serambi kanan, terus ke bilik kanan jantung. Setelah itu darah yang ada di bilik kanan, akan dialirkan ke paru-paru, melalui arteri yang bernama pulmonalis.

Sistem seperti ini dilakukan untuk menukarkan gas karbon dioksida yang sebelumnya dibawa, dengan oksigen.

Berikutnya darah yang saat ini sudah membawa oksigen, akan kembali masuk ke serambi kiri jantung, melalui pembuluh vena Pulmonalis.   

 

Baca juga  Ketahui 5 Manfaat Kafein Bagi Tubuh! No 4 Paling Mantap!

Memahami Sistem Peredaran Darah Yang Ada Pada Manusia
Aterosklerosis

Mengingat ini sangat penting, maka jika sistem kardiovaskular ini terganggu, akan menimbulkan yang cukup serius.

Kelainan atau terjadinya ini, dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari bawaan lahir, atau juga yang didapat setelah lahir.

Adapun jenis-jenis yang biasanya mengganggu sistem kardiovaskular ini antara lain jantung koroner, Aterosklerosis, tekanan darah tinggi / hipertensi, gagal jantung, Aneurisma aorta, gangguan irama jantung / aritmia, kelainan otot jantung / kardiomiopati, jantung bawaan, dan lainnya.

Tentunya gangguan ini tidak boleh dianggap sepele. Bahkan harus memperoleh penanganan medis segera.

Untuk menghindari terjadinya gangguan pada , tidak terlalu sulit, yang harus dilakukan, adalah menjaga pola hidup sehat, mengkonsumsi aneka bergizi, rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, tidak ada salahnya, jika rutin memeriksakan diri ke dokter secara berkala.

Guna mencegah dan mendeteksi dini berbagai macam akibat gangguan tersebut.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan