Situ Patenggang, Tempat Healing dan Ekowisata Di Bandung


Situ Patenggang, Tempat Healing dan Ekowisata Di Bandung

Kota Bandung dikenal sebagai kota yang mempunyai banyak destinasi wisata alam, ada Tangkuban Perahu, Kawah Putih, hingga Pemandian Air Panas Ciater.

Selain wisata yang terkenal itu, terdapat wisata alam yang tidak kalah menarik di Bandung Selatan, yaitu Situ Patenggang.

Tempat wisata ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang dapat dikembangkan menjadi objek dan daya tarik wisata alam.

Selain menjadi tempat wisata, Situ Patenggang juga dimanfaatkan sebagai tempat penelitian, pendidikan, dan pengembangan ilmu pengetahuan.

( Situ Patenggang. Sumber: dokumentasi pribadi )

Taman Wisata Situ Patenggang berada di dataran tinggi sehingga mempunyai cuaca yang sejuk.

Kawasan ini kurang lebih memiliki luas 45.000 hektar dan memiliki sebuah danau alami yang terbentuk dari bentukan letusan Gunung Patuha.

Danau Situ Patenggang ini sangat luas serta dikelilingi oleh perkebunan teh yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, pemandangan ini sangat menyejukkan jiwa. 

Situ Patenggang ini memiliki keanekaragaman flora yang dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata seperti pinus, kina, stroberi dan masih banyak lagi.

Jenis tanah yang mendominasi kawasan ini adalah tanah andosol yang berwarna cokelat agak kekuning-kuningan.

Berdasarkan penelitian Rinaldy dkk (2012), keanekaragaman fitoplankton pada perairan Situ Patenggang memiliki nilai rerata indeks keanekaragaman sebesar 0,842 – 0,893 dengan kisaran 0,752 – 0,915.

Sesuai dengan perhitungan tersebut dapat menunjukkan bahwa keanekaragaman fitoplankton pada perairan ini berada pada kisaran tinggi.

Dari hasil nilai indeks keanekaragaman yang tinggi menandakan pula bahwa ekosistem fitoplankton di perairan Situ Patenggang dalam kondisi stabil dan tidak tercemar.

Ekowisata di Kawasan Situ Patenggang selain untuk konservasi keanekaragaman flora dan fauna juga dijadikan sebagai tempat berwisata untuk melepas penat.

Walaupun danau yang ada di kawasan ini tidak bisa digunakan untuk berenang, tetapi keindahannya yang alami dapat membuat pengunjung terpana.

Kawasan Situ Patenggang juga terdapat villa yang umumnya disewakan untuk menunjang adanya kegiatan wisata.

Sehingga para pengunjung dapat menginap dan menikmati indahnya pemandangan dari Taman Wisata Situ Patenggang. Tempat ini sangat cocok untuk sekadar menenangkan jiwa dan pikiran.