Skin Barrier Rusak? Ini Cara-cara mengatasinya


Skin Barrier Rusak? Ini Cara-cara mengatasinya 1

Skin barrier merupakan lapisan kulit yang berada pada sel-sel lapisan kulit paling atas yang disebut stratum corneum.  Skin barrier ini adalah pelindung lapisan kulit terluar atau lipid barrier, yang dimana tugasnya adalah memproduksi kadar air dari dalam tubuh untuk menjaga kelembaban alami kulit.

Skin barrier bertindak seperti penjaga keamanan untuk kulitmu. Melindungi kulit dari bakteri dan iritasi dan apapun yang menghambat terjadinya kelembapan dan hidrasi. Kulit dengan barrier yang sehat, terhidrasi dengan baik, dan lembap itu bisa lebih tahan terhadap efek negatif dari tekanan lingkungan dan usia. Di sisi lain, skin barrier yang tipis atau lemah akan memungkinkan munculnya iritasi pada kulit. Hal ini menyebabkan kusam, kering, sensitif serta dapat menyebabkan peradangan dan penuaan dini.

Apasih tanda-tanda skin barrier yang rusak?

Ada beberapa tanda ketika skin barrier mu rusak, ketika skin barrier mulai kehilangan fungsinya kulit akan terasa kering dan bersisik, selain itu wajah akan terasa gatal dan kemerahan. Meskipun wajah terasa kering namun produksi minyak akan timbul lebih banyak sehingga wajahmu akan kering dan berminyak dalam satu waktu, kemudian tentu saja jerawat akan bermunculan ke permukaan wajah.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Ada beberapa hal yang mungkin gak kamu sadari akan merusak skin barrier kamu

  • Over exfoliating. Exfoliasi wajah memang sangat penting, skin care mu akan lebih terserap apabila sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah sudah diangkat dengan Physical exfoliation atau eksfoliasi fisik yang berupa scrub wajah atau masker organik. Atau Chemical exfoliation atau eksfoliasi kimia dengan menggunakan serum atau toner eksfoliasi. Namun beberapa orang salah mengira bahwa semakin banyak kita mengeksfoliasi wajah maka akan semakin bersih, padahal pengeksfoliasian wajah yang terlalu berlebihan akan menyebabkan lapisan kulit wajah terkikis dan merusak skin barrier. Karena itu pergunakanlah exfoliator secukupnya atau hanya 1-2 kali dalam seminggu.
  • Menggunakan produk kecantikan berbagan keras sehingga terjadi iritasi pada kulit. Hal ini biasanya ditandai dengan kulit yang mengelupas dan mengering.
  • Tidak menggunakan pelembab. Pelembab merupakan salah satu basic skincare yang paling penting, pelembab akan menjaga kadar air dalam kulit kamu sehingga kulit terhidrasi dengan baik. Namun bila kelembaban kulit tidak terjaga maka akan terjadi dehidrasi pada kulit sehingga merusak skin barrier.
  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa menggunakan pelindung.
  • Stress.
  • Pertambahan usia.
Skin Barrier Rusak? Ini Cara-cara mengatasinya 3

Gimana sih cara mengatasi Skin Barrier yang terlanjur rusak?

Tapi tenang saja, Skin barrier yang rusak masih bisa diatasi dan dipulihkan. Beberapa cara dibawah ini bisa kamu coba lho!

1. Hentikan penggunaan Skincare sementara waktu!

Ketika kamu mula merasakan Skin barrier-mu rusak, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah hentikan seluruh rangkaian penggunaan skincare-mu, hal ini dilakukan agar kulit-mu dapat beristirahat sejenak sehingga menghindari iritasi berlebih.

2. Gunakan Skincare dasar

Bila kulit-mu sudah cukup beristirahat, cukup gunakan Skincare dasar. Hindari pemakaian Skincare yang terlalu menumpuk dan beragam

3. Hentikan Eksfoliasi

Ketika Skin barrier sedang bermasalah, hindari melakukan eksfoliasi dengan jenis apapun. Eksfoliasi yang dilakukan ketika Skin barrier rusak hanya akan memperparah kerusakan lapisan kulit wajahmu. Lakukan eksfoliasi ketika kulit sudah kembali normal dan pulih dari kerusakannya.

4. Gunakan Skincare yang memilik formula untuk menenangkan kulit

Skincare yang tepat akan membuat kulitmu lebih tenang, gunakan skincare yang memiliki kandungan seperti Tea tree oil, hyaluronic acid, snail mucin, dan Skincare-skincare yang memiliki kandungan yang menghidrasi dan menenangkan.

5. Terapkan pola hidup yang sehat dan bahagia

Pola hidup yang sehat akan berdampak pada kecantikan dan kesehatan kulit, menghindari stress juga akan membuat kulit lebih sehat dan tentunya menangkal penuaan dini lho!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

eddelweis sonet

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap