Skuad Termahal Klub-Klub Indonesia Musim Ini

Skuad Termahal Klub-Klub Indonesia Musim Ini 1

Selama pandemi kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia Liga 1 sempat mengalami vakum selama beberapa bulan. Namun kini Liga 1 musim 2021/2022 yang bertajuk BRI Liga 1 Indonesi resmi kembali bergulir.

Kompetisi ini diikuti oleh total 18 klub di seluruh Indonesia, dengan mempergunakan format satu wilayah. BRI Liga 1 resmi bergulir sejak Agustus 2021 ini, dan mempertemukan duel seru di partai awal pembuka. Namun tahukah anda klub manakah yang memiliki transfer market value atau klub termahal berdasarkan nilai jual pemainnya di Liga 1 ini :

Skuad Termahal Klub-Klub Indonesia Musim Ini 3

Berdasarkan situs transfermarkt.com, bahwa keseluruhan nilai klub-klub yang berkompetisi di Liga 1 ini adalah sebesar Rp 1,05 triliun data ini berdasarkan data per tanggal  15 Agustus 2021. Dengan rata-rata setiap pemainnya di Liga 1 ini senilai 1,98 milyar rupiah.

Sementara jumlah seluruh pemain di Liga 1 ini dari total 18 klub yang berlaga adalah 529 pemain dengan sekitar 62 pemain adalah pemain luar indonesia atau pemain asing.

1. Persib 

Skuad Termahal Klub-Klub Indonesia Musim Ini 4

Berdasarkan perhitungan harga pemain setiap klub, peringkat pertama diduduki oleh klub asal Bandung Persib maung Bandung. Persib memiliki banyak pemain bintang atau skuad bintang di musim ini, dengan total nilai pasar sebesar Rp 86,47 miliar rupiah.

Mengingat salah satu pemain Persib yang berlabel pemain naturalisasi yang merupakan mantan pemain Persija Jakarta, Marc Klok sebagai pemain termahal di skuad Persib dengan harga sebesar Rp 8,26 miliar berdarsarkan nilai value market.

2. Bali United

Sementara di posisi kedua ada klub yang sedang naik daun dan disebut klub elitnya Indonesia Bali United. Bali United datang sebagai jara Liga 1 tahun 2019, dan 

Bali United memiliki skuad mahal di musim ini dengan nilai total market value dari 30 pemain sebesar Rp 83,43 miliar. Hal ini mengingat ada satu pemain asing Bali United asal Irak, yang menduduki pemain termahal di Bali United dengan nilai pasar sebesar Rp. 7,82 Milyar Rupiah, pemain ini bernama Brwa Nouri.

3. Borneo FC

Skuad Borneo FC menjadi skuad termaham ketiga dengan total nilai market value sebesar Rp. 75,18 miliar rupiah dari total pemainnta sebanyak 33 pemain.

Pemain termahal di skuad Borneo FC bernama Javlon Guseynov dan Nuriddin Davronov dua pemain masing-masing dari negara Uzbekistan dan Tajikista dengan nilai pasar sama yaitu Rp. 5,21 Milyar Rupiah.

4. Bhayangkara FC

Skuad termahal di urutan ke empat dimiliki oleh Bhayangkara FC, mengingat ada pemain timnas Indonesia yang bernilai pasar cukup tingi, yaitu Evan Dimas dengan nilai pasar sebesar Rp. 5,65 Milyar Rupiah. Sementara total skuad Bhayangkara FC memiliki nilai total pasar sebesar Rp 74,74 miliar rupiah.

5. Persebaya

Di posisi Kelima, skuad Bajul Ijo atau skuad Persebaya Surabaya total memiliki nilai pasar Rp 66,92 miliar rupiah, dengan pemain termahalnya adalah Rizki Ridho dengan nilai pasar Rp. 4,78 milyar rupiah.

6. Persija

Skuad Persija menduduki ppringkat ke enam dengan total pasar sebesar Rp 62,57 miliar, dengan pemain bek Marko Simic pemain asal Kroasia merupakan pemain termahal di Persija, mantan bek klub besar Eropa itu memiliki total nilai pasar sebesar  Rp 6,95 miliar.

Itu adalah daftar 6 klub teratas berdasarkan value market di situs tansfer market,com. Perhitungannya berdasarkan total nilai pasar seluruh pemain disetiap klub.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS