Solusi untuk meningkatkan daya ingatan yang lemah

Solusi untuk meningkatkan daya ingatan yang lemah

Daya ingat manusia tidaklah konstan (tetap) artinya bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi tertentu, kadang bisa bertambah kuat dan kadang bisa melemah. sejak dahulu para ulama’ telah meneliti cara-cara untuk memperkuat daya ingat tersebut.

berikut adalah beberapa di antara cara untuk meningkatkan daya ingat yang telah dibuktikan oleh orang zaman dahulu :

1. Meninggalkan Maksiat

Perbuatan dosa membuat hati manusia merasa bersalah dan tidak tenang bahkan bisa membuat hati putus asa sehingga bingung tak tahu akan lari kemana. kondisi tersebut membuat pikiran tidak dapat berfungsi dengan sempurna, sebab kondisi kejiwaan sangat mempengaruhi kinerja pikiran.

Baca juga  Bacaan Lafadz Niat & Doa Mengeluarkan Zakat Fitrah

 

2. Sholat Berjama’ah

Aktif sholat  berjama’ah secara ilmiah dapat meningkatkan kemampuan otak seseorang. Pada tahun 1990 T. Kawaguci dan H. Kudo, dua orang berkebangsaan jepang dalam sebuah jurnal ilmiah yang berjudul “The Neocortical Devlomen And Social Structure In Primates” menyampaikan hasil penelitian ilmiah bahwa bagian otak yang berperan dalam berfikir yang disebut neocortex. perkembangannya berbanding lurus dengan kelompok sosial yang dibentuk semakin sering dan besar kelompok yang dibentuk , maka neocortex semakin berkembang.

Baca juga  Shalat Tasbih Menjadi Sarana untuk Mendapatkan Lailatul Qadar 1443 H
Solusi untuk meningkatkan daya ingatan yang lemah

3. Meminimalisir Makan

Menjaga volume isi perut terbukti sangat penting dalam mengendalikan kesadaran fikiran, terutama untuk menekan rasa kantuk yang sering kali timbul ketika perut kenyang.

Solusi untuk meningkatkan daya ingatan yang lemah

4. Mengasah kemampuan

Seorang ahli filsafat memiliki kemampuan pemikiran yang luar biasa, kerumitan perkalian 549 x 893 bagi mereka tidak ada ubahnya dengan perkalian 1 x 2 = 2. mereka memiliki kekuatan pikiran tersebut berkat latihan yang mereka lakukan setiap harinya. Bagi mereka tiada satu detikpun yang terlewatkan tanpa berfikir, sampai pada akhirnya mereka  bukan hanya memiliki yang kuat tapi juga ketajaman pikiran yang luar biasa.

Baca juga  Mendekatkan diri kepada Al-Quran
Solusi untuk meningkatkan daya ingatan yang lemah

5. Terangi dan lunakkan hati dengan berdo’a

sudah sering kita dengar bahwa hati manusia kerap sekali berubah. Terkadang berangsur-angsur menjadi lapang, terasa lapang. Ibadah menjadi ringan sehingga belajar juga semakin giat. Namun kadang hati berubah menjadi terasa sesak, dunia terasa sempit, ibadah jadi kendor dan akhirnya belajarpun jadi malas.

itulah solusi yang dapat anda coba , semoga bermanfaat.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rifqi Muslim

   

Alumni UIN Walisongo Semarang Jurusan Aqidah Filsafat