Sop Ayam PAK MIN, Khasnya Ayam Pisah

Sop Ayam PAK MIN, Khasnya Ayam Pisah 1

Bagi warga Klaten, tak asing ditelinga dan dimata kita Sop Ayam terkenal Sop Ayam Pak Min. 

Ketika kita melintasi kota, kita acapkali melihat umbul umbul atau spanduk bertuliskan soto Pak Min, begitu legendakah soto atau som ayam Pak Min ini, hingga disetiap sudut tempat di sepanjang Kabupaten Klaten, kita bakal disuguhi pemandangan umbul berwarna hijau yang menghiasi setiap sudut, dan konon memang sop ayam ini sudah terkenal sejak dulu.

Citarasa sop dengan tambahan potongan potongan ayam dari beberapa bagian, mulai dari paha, kepala, dada, hingga kaki pun menjadi menu yang tak bakal terlupakan disetiap menu sop ayam Pak Min.

Sop Ayam PAK MIN, Khasnya Ayam Pisah 3

Selain itu kuahnya yang gurih dan lezat menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta sop ayam ini. Namun tak banyak yang tahu bagaimanakah awal mula dimulainya usaha ini dan siapakah pelopornya.

Berikut akan kita ulas mengenai asal usul atau awal mula dan pelopor sop ayam pak min hingga setenar saat ini.

Awal Mula

Bahwa awal mula sop ayam pak Min ini menurut putra bungsu Pendirinya sop ini bernama Ragil ketika ditemui di rumahnya atau kediamannya di Klaten, menceritakan perjuangan ayahnya bersama ibunya saat pertama kali sop ayam ini mulai digagaa dan muncul ide hingga sebesar ini.

Sop Ayam PAK MIN, Khasnya Ayam Pisah 4

Bahwa Tugimin Mangun Suwito nama lengkapnya dan istrinya, bernama Wagiyem saat itu berjuang mengais rejeki dengan bekerja srabutan di Klaten, mulai dari makelar kendaraan, becak, hingga akhirnya ia menemukan ide atau gagasan membuat sop kuah atas inspirasi dari bibinya, namun bibinya saat itu berjualan soto istilahnya, yang berisi kuah dengan campuran kubis dan wortel seperti soto pada umumnya.

Namun Tugimin lambat laun mulai tertarik untuk berinovasi dengan menciptakan ide atau gagasam membuat sup ayam dengan bahan mie soun, tanbahan ayam, serta seledri yang dipadukan menjadi satu sedikit berbeda dengan sup kuah milik bibinya.

Atas inspirasi bibinya atau adiknya Tugimin dan Wagiyem lalu mereka pun bergegas mencoba bisnis tersebut dengan gagasan yang mereka buat.

Hingga akhirnya alhasil usahanya tersebut berlangsung mulus, dimana awal mulanya mereka berjuang dari tempat ke tempat lain dengan memikul, kemudian lambat laun permintaan semakin banyak dan masyarakat menerimanya bahwa sopnya enak beda dari yang lain.

Selain itu Tugimin dan istrinya juga berjualan di emperan toko di sepanjang kota Klaten, hingg akhirnya ia memiliki toko sendiri atau warung tetap.

Sop Ayam PAK MIN, Khasnya Ayam Pisah 5

Kemudian lahirnya sop ayam yang pertama kali yaitu di daerah Pandanrejo, Klaten dekat perempatan pandan rejo yang letaknya kurang lebih berjarak sekitar satu kilometer dari pusat Kota Klaten.

Atas keberhasilan tersebut, akhirnya sop ayam tetap eksis hingga anaknya keempat Ragil membantu memberikan modal usaha ayahnya pada kisaran tahun 1999.

Menarik

Sop Ayam PAK MIN, Khasnya Ayam Pisah 6

Sop ayam pak Min ini sudah ada 50 tahun lalu, dimana saat ini usaha ini diteruskan oleh keempat anaknya yang masing masing membawa nama Sop Pak Min masing masing sop ayam pak min milik pak sipit, pak Mul, Pak Tri, dan pak Ragil.

Sop ayam pertama pak Min berada strategis di pinggir jalan di Jl Mayor Kusmanto No. 23, Klaten, dimana sop ini sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia dan membawa nama klaten sskaligus ibarat ikon kuliner Kota Klaten yang sudah tidak asing lagi.

Setiap harinya warung ini selalu ramai oleh pengunjung yang bersiap menyantap sop ayam dengan berbagai pilihan menu dan harganya yang terjangkau.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Susi Idayanti