Spesifikasi Minimal Agar Smartphone Bekerja Maksimal

Spesifikasi Minimal Agar Smartphone Bekerja Maksimal

Kinerja sebuah tidak ditentukan oleh merek serta harganya, meskipun produk-produk dari vendor ternama dan produk-produk dengan harga yang mahal hampir bisa dipastikan memiliki kinerja yang mumpuni.

Namun, jangan dikira handset lokal atau produk-produk dari negeri China memiliki kualitas yang buruk, karena pada dasarnya kemampuan dalam bekerja lebih ditentukan dari spesifikasi yang dimilikinya.

Artinya, jika spesifikasi smartphonetersebut sudah memenuhi standar minimal, apapun mereknya dan berapapun harganya, perangkat tersebut tetap akan dapat bekerja sesuai dengan yang kita harapkan.

Lantas, spesifikasi minimal yang bagaimana agar dapat bekerja dengan maksimal? Berikut detail dari spesifikasi minimal yang seharusnya dimiliki sebuah :

1. Prosessor

Spesifikasi Minimal Agar Smartphone Bekerja Maksimal

Disaat kita menjalankan - ringan, keberadaan prosessor memang tidak seberapa berpengaruh, lain halnya jika yang kita jalankan beerat, seperti multitasking, menjalankan multimedia atau memainkan game berkualitas HD, serta berat lainnya, baru kita menyadari, betapa pentingnya sebuah prosessor untuk kesempurnaan sebuah perangkat. Sebab, kecepatan pemrosesan data dan terinstal ditentukan oleh prosessor. Itu sebabnya, jika mengharapkan yang dapat bekerja optimal, pilih yang memiliki prosessor minimal Dual Core dengan clock speed 1 GHz.

Baca juga  Mengenal Oppo Reno 3 Pro dan Spesifikasinya

2. RAM

Jika Anda merasa cukup dengan - ringan atau yang kerap Anda akses hanya sebatas situs sosial media, maka RAM berkapasitas 512 MB sudah cukup mumpuni untuk menggerakkannya. Namun jika Anda cukup rakus dalam menginstal , atau menginginkan kinerja yang maksimal dari saat menjelajah dunia maya, pilih dengan kapasitas RAM minimal 1 GB.

3. Storage

Spesifikasi Minimal Agar Smartphone Bekerja Maksimal

minimal untuk ruang penyimpanan usahakan tidak kurang dari 4 GB. Hal ini disebabkan karena lebih dari 1 GB ROM yang tersedia sudah termakan oleh system . Jika memori internal hanya berkapasitas 2 GB, maka tidak sampai 1 GB yang dapat dipakai untuk menyimpan file dokumen. Kapasitas memori memang dapat diperluas dengan menggunakan microSD, namun tidak sedikit yang tetap memakan internal storage saat dipakai. Akibatnya, jika memori internal kurang dari 8 GB, maka jumlah yang dapat difungsikan sangat terbatas, dan kalaupun dipaksakan untuk bekerja, maka dampaknya akan terjadi lag.

Baca juga  Perbedaan Apply, With, Run, Let, Also pada Kotlin

4. Layar

Apapun aktifitas yang Anda lakukan dengan ponsel, pasti butuh layar yang tajam, cerah, serta menghasilkan detail gambar yang sempurna, apalagi untuk bermain game atau menikmati video berkualitas HD. Untuk itu, usahakan memilih ponsel dengan spesifikasi layar minimal qHD 540 x 960 pixels. Akan lebih sempurna lagi tentunya jika dilengkapi dengan tekhnologi IPS atau AMOLED serta terlindungi screen protector.

Baca juga  5 Cara Praktis Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth di Aplikasi Sharecloud

Spesifikasi Minimal Agar Smartphone Bekerja Maksimal

5. Baterei

Perlu diketahui bahwa OS pada dasarnya menyedot daya cukup besar saat diaplikasikan karena memiliki sifat multitasking. Semakin mumpuni kemampuan kerja sebuah hardware, maka semakin bertambah besar pula daya atau energy yang dibutuhkan. Agar memiliki waktu pemakaian yang lama, baik dalam kondisi standby maupun on screen, kapasitas baterei minimal untuk dapat bekerja maksimal tidak boleh kurang dari 3000 mAh.

6. Sensor dan

Semakin lengkap sensor dan yang dimiliki sebuah perangkat tentunya akan semakin baik. Namun untuk syarat minimal , setidaknya harus memiliki sensor: Accelerometer, Gravity, Compas, Proximity, serta magnetic, sedang untuk pendukung, setidaknya harus dilengkapi dengan GPS.

Itulah spesifikasi minimal yang harus dimiliki agar dapat bekerja dengan maksimal. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan