Sponsor Latihan Manchester United Lebih Besar dari Sponsor Utama tim Elit Eropa Lain


Sponsor Latihan Manchester United Lebih Besar dari Sponsor Utama tim Elit Eropa Lain

Pada tanggal 10 Februari 2022 di situs web resminya, klub sepakbola Manchester United mengumumkan kerjasama multi tahunan dengan sebuah brand bernama Tezos.

Apakah Tezos itu? Tezos merupakan salah satu produk blockchain, yang menyediakan interaksi digital yang cepat, aman, dan efisien tanpa perantara.

Perusahaan yang dikembangkan oleh pasangan suami-istri Arthur Breitman dan Kathleen Breitman ini pertama kali dirilis pada 30 Juni 2018.

Logo Tezos. Sumber gambar: wikimedia.org

Victoria Timpsom, CEO Manchester United di bidang Alliances and Partnerships, menyatakan: “Ini merupakan kerjasama besar yang menarik untuk Manchester United karena dapat menghubungkan kami dengan salah satu blockchain yang paling canggih, dapat diandalkan, dan berkelanjutan di bidang teknologi yang menjanjikan untuk merevolusi bagiamana tiap manusia dapat berinteraksi, termasuk untuk klub ini dan fans kami.

Kami sangat puas bekerjasama dengan salah satu dari blockchain yang paling eamah lingkungan, yang menggunakan teknologi yang efisien energi, membatasi emisi karbon dan menekan biaya, konsisten dengan usaha-usaha klub untuk mempromosikan keberlangsungan lingkungan.

Kesepakatan-kesepakatan kerjasama merupakan hal yang penting bagi kekuatan kami sebagai sebuah klub, yang mendukung kesuksesan di lapangan, dan kami senang sekali mengucapkan selamat datang Tezos sebagai salah satu pemimpin industri untuk bergabung menjadi keluarga partner kami.

Cristiano Ronaldo dengan jersey MU berlogo Tezos. Sumber gambar: manutd.com

Sementara itu, Edward Adlard, Head of Adoption and Business Development, Tezos Ecosystem, menyatakan: “Sepanjang sejarahnya, Manchester United secara konstan berkembang, dengan dukungan komunitas fans global dan partner-partner yang banyak dan beragam.

Tezos akan membuat Manchester United menggunakan blockchain dan Web3 untuk mengembangkan relasi antara fan, pemain, tim, dan partner.

Keputusan yang diambil klub sepakbola terbesar di dunia untuk memilih Tezos sebagai pilihan blockchain adalah bukti lebih lanjut bahwa melalui desain yang memperhatikan keamanan yang bagus, biaya gas rendag, dan inovasi berdasar komunitas, merupakan faktor-faktor penting yang mempengaruhi gelombang baru pemanfaatan revolusi digital.”

Dengan  kesepakatan tersebut, logo brand Tezos akan terpampang di seragam latihan tim utama pria dan tim utama wanita Manchester United.

Selain itu, kerjasama yang disepakati juga akan menghadirkan pengalaman kepada fans Manchester United dengan blockchain Tezos.

Tezos juga berkomitmen untuk mendukung dan memberi donasi kepada Manchester United Foundation dengan memanfaatkan “tez”, mata uang asli blockchain Tezos.

Seragam latihan dengan logo Tezos pertama kali telah dirilis pada pertandingan Manchester United melawan klub sepakbola Southampton, pada 12 Februari 2022.

Kesempatan tersebut memperkenalkan fans Manchester United kepada kerjasama dengan Tezos dan teknologi Web3 melalui blockchain Tezos.

Nilai Kesepakatan yang Lebih Besar dibanding Sponsor Utama Tim-Tim Elite Eropa Lainnya

Kesepakatan dengan Tezos akan mendatangkan pundi-pundi sebesar 24 juta euro per tahun.

Bila dibandingkan, jumlah tersebut bahkan melampaui nilai sponsor utama tim-tim Eropa lainnya, misalnya Inter Milan, Atletico Madrid, dan Ajax Amsterdam.

Berikut adalah data yang dirilis oleh akun instagram @football_benchmark:

Sebagai informasi, sponsor utama di jersey Manchester United, TeamViewer, telah mendulang 54,7 juta euro per tahun bagi tim Setan Merah.

Jumlah tersebut merupakan nilai sponsor utama keempat terbesar dari tim-tim Eropa.

Sponsor utama tersebut masih lebih bila dibanding dengan sponsor utama Real Madrid (Emirates, 70 juta euro per tahun), Paris Saint Germain (Accor, 65 juta euro per tahun), dan tim tetangga Red Devils, Manchester City (Etihad, 55 juta euro per tahun).

Menurut Forbes, valuasi nilai skuad Manchester United menempati posisi keenam. Dengan valuasi senilai 4,2 milyar dolar, Manchester United merupakan tim olahraga (bukan hanya sepakbola) dengan valuasi terbesar di urutan ke-11.

Meski dari segi prestasi menurun dalam lima tahun terakhir, tampaknya performa Manchester United masih memuaskan di bidang keuangan.

Sumber-sumber Referensi

  • Instagram @football_benchmark
  • manutd.com
  • tezos.com/manutd

**Baca juga tulisan-tulisan RK Awan lainnya di sini**