Stadion Barombong, Stadion Baru Kota Makassar


Stadion Barombong, Stadion Baru Kota Makassar 1

Makasar memperkenalkan stadion barunya bernama Stadion Barombong. Stadion ini berada di wilayah Kecamatan Tamalate, Kota Makasar. Stadion yang mulai dibangun tahun 2011 ini memang belum sepenuhnya rampung. Namun sudah tanpak megah, dengan tribun dua tingkat melingkar seperti desain di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Berada di pesisir pantai
Berada di pesisir pantai

Stadion ini rencananya sebagai home base klub sepakbola terkenal di Indonesia, yaitu di Kota Makasar, klub ternama PSM Makasar. Letaknya yang berdekatan dengan laut membuat nuansa stadion menjadi lebih menarik dan sejuk. Stadion ini berkapasitas 40.000 penonton, dengan lintasan atletis, serta dengan atap tribun tertutup, stadion ini ditaksir telah menelan biaya sekitar 100 milyar rupiah.

Penampilan dalam stadion barombong
Penampilan dalam stadion barombong

Pembangunan stadion ini dimulai pada tanggal 31 Januari 2011, dan dilaksanakan dalam beberapa tahapan, meski pada bulan November 2011 tribuns stadion sempat runtuh akibat hujan deras, namun stadion akhirnya selesai tahun 2017, dan mulai dibuka 7 April tahun 2018.

Lintasan atletis stadion barombong
Lintasan atletis stadion barombong

Stadion ini memang didesain tidak hanya untuk kegiatan olahraga sepak bola saja namun juga olahraga lainnya, karena ada lintasan atletisnya juga, dan stadion ini memang akan difungsikan sebagai pusat olahraga di Kota Makasar. PSM Makasar yang sebelumnya mempergunakan stadion Andi Matalatta, kini perlahan mulai mempergunakan Stadion Barombong untuk aktivitas latihan mereka. Rencana stadion ini memang sebagai ikon olahraga di Sulawesi Selatan, karena memang Sulawesi belum memiliki tempat khusus untuk kegiatan pusat olahraga, utamanya sepakbola.

Stadion kebanggan Sulawesi Selatan
Stadion kebanggan Sulawesi Selatan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memang mengupayakan stadion ini agar segera rampung, dan dapat dipergunakan secara baik, serta menjadi kebanggaan warga Kota Makasar maupun Sulawesi Selatan. Stadion ini memang sepenuhnya di kelola oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Meski beberapa waktu lalu, terkendala masalah audit anggaran pembangunan stadion ini, namun tak membuat pembangunan terhenti begitu saja, Pemerintah berniat serius menyelesaikan proyek pembangunan stadion ini.

Meski pembangunan stadion telah menelan banyak biaya, nampaknya Pemerintah setempat masih mengalokasikan dana sekitar 500 milyar rupiah untuk menyelesaikan stadion ini, utamanya pembangunan infrastruktur akses pelebaran jalan menuju stadion, penataan parkir, serta penyempurnaan tribun serta perawatan lapangan.  

Namun stadion ini telah menunjukkan tampilannya, dengan atap tertutup dan sudah termasuk kaategori stadion modern seperti di Eropa, apalagi nuansa di dekat pantai, pasti lebih sejuk dan menarik. Hanya butuh penataan ulang terhadap lokasi stadion ini, karena memang letaknya yang jauh dari Kota Makasar.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap