Stadion New Jatidiri Semarang, Representasi Sepak Bola Modern


Stadion New Jatidiri Semarang, Representasi Sepak Bola Modern 1

Stadion Jatidiri adalah tempat bersejarah bagi pecinta sepak bola khususnya Kota Semarang. Stadion ini mengisahkan cerita banyak saat-saat sejarah kejayaan klub sepak bola PSIS Semarang.

New jatidiri semarang
New jatidiri semarang

Stadion New Jatidiri ini terletak di Kota Semarang, dan mulai direnovasi dan dirombak total mulai tahun 2017. Saat itu, klub PSIS bermain untuk kompetisi Liga 2 Indonesia. Namun menuju kompetisi selesai, kenudian stadion yang memiliki kapasitas 20 ribu penonton itu direnovasi total menjadi stadion yang megah. Stadion ini pun kini disulap menjadi stadion bertaraf Internasional dengan desain modern futuristik.

Tribun tiga tingkat dengan atap melingkar
Tribun tiga tingkat dengan atap melingkar

Tak tanggung-tanggung, stadion dengan tribun tiga tingkat, mulai kelihatan bentuk megahnya. Stadion kini sudah beratap melingkar layaknya stadion di Eropa, dan menjadi salah satu stadion termegah di Indonesia, berstandar Internasional, dengan fasilitas lengkap, dan siap dipergunakan untuk kompetisi bergengsi seperti Piala Dunia.

Siapa yang menyangka, stadion jatidiri yang dulunya biasa saja, apalagi untuk menampung jumlah suporter klub kebanggaan Kota Semarang PSIS, dengan fanatisnya penonton, dan membludaknya jumlah pendukung, nampaknya stadion jatidiri tak mempu membendung animo pecinta sepak bola yang sangat besar terhadap klub kebanggaan mereka.

Lalu dibuatlah venue megah setelah melalui proses renovasi yang cepat, akhirnya stadion new jatidiri selesai terbangun, meski belum seratus persen rampung. Konon, pembangunan renovasi stadion menelan anggaran hingga400 milyar rupiah.

Begitu semangat Pemerintah menggelontorkan dana begitu besara untuk satu tempat berharga di dunia sepakbola. Sedangkan untuk rumput lapangan di Stadion New Jatidiri pun menggunakan jenis rumput Eropa Zoysia Japonica. Kemudian dengan seluruh pencahayaan mencapai 1800KVA dengan back-up power genset, kemudian lintasan atletik dengan jumlah delapan trek, ada juga lift untuk tribune VVIP, sampai teknologi parkir dengan sistem digital ala di Mall.

Dengan dibangunnya stadion megah, diharapkan klub kebangaan mereka PSIS dapat meenjadi tim yang membawa nama baik Kota Semarang baik di event lokal bahkan level internasional. Stadion tak hanya dipusatkan pada sepakbola saja, namun seluruh kegiatan olahraga di Kota Semarang, berbalut fasilitas modern, tentunya stadion tak hanya memiliki daya tarik sport market, namun juga kegiatan bisnis lainnya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap