Stigma Buruk Bus Malam

Stigma Buruk Bus Malam 1

Untuk traveler atau siapapun yang hobi jalan-jalan, pastinya tidak akan ketinggalan mengenai serunya bepergian dengan transportasi umum. Baik itu pesawat, kereta, bus, maupun kapal laut. Setiap transportasi juga memiliki kelebihan tersendiri dalam banyak hal, baik itu kenyamanan, keseruan, dan banyak hal lainnya.

Siapa sangka, bus malam hingga saat ini masih menjadi salah satu transportasi yang ramai dan laku diserbu calon penumpang. Meskipun sudah banyak hal yang mencoreng nama baik bus malam ini, nampaknya tidak membuat calon penumpang ragu atau takut. Bahkan, kemunculan perusahaan-perusahaan baru juga seolah tidak membuat perusahaan bus lain gentar, membuktikan bahwa penumpangnya sangat banyak.

Bus juga menjadi salah satu transportasi andalan untuk para penjelajah. Kelebihannya membuat penjelajah merasa nyaman saat berjelajah, dan juga memiliki pengalaman yang lebih seru ketimbang transportasi lain.

Namun sejak dulu selalu saja ada stigma yang aneh tentang bus malam. Entah itu tentang ngebut-nya lah, atau kecelakaannya, ugal-ugalannya, dan lain sebagainya. Selain itu pelayanan bus yang kurang baik juga membuat banyak orang tidak merekomendasikan moda transportasi yang satu ini.

Saya adalah salah satu orang yang cukup sering menaiki bus. Baik itu untuk bepergian sendiri, ataupun kegiatan wisata dari sekolah. Jadi, saya bisa merasakan banyak perkembangan dari masa ke masa bus hingga kini. 

Banyak kelebihan yang bisa didapat jika memilih bus. Yang pasti, pemandangannya bagus dan dapat dilihat secara langsung. Jendela bus juga lebar. Selain itu, rute yang dilalui bus malam biasanya memiliki pemandangan yang menakjubkan. Sangat cocok untuk dilalui dan dinikmati oleh bus.

Untuk para jones tentunya bus bisa dijadikan sarana mencari teman hidup baru. Memiliki teman duduk yang random akan membuat anda berpeluang bersebelahan dengan cewek cantik. Tapi, jangan marah kalau lagi apes justru malah dapet yang biasa-biasa saja.

Selama bertahun-tahun menaiki bus, memang benar adanya jika dikatakan bus malam itu mengebut, tiketnya sulit didapatkan karena harus mengantri dulu di terminal, dan lain-lain. Saya juga merasakan bagaimana bus malam itu begitu mengerikan, untuk beberapa armada. Apa saja armadanya? Tidak akan saya sebutkan, tapi anda bisa cari sendiri di mbah Gugel yang tahu segalanya.

Tapi setelah bertahun-tahun, perkembangannya sudah pesat. Dimulai dari kemudahan mendapatkan tiket karena bisa dipesan secara online, hingga pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan. Beberapa perusahaan mewajibkan pengemudi bus untuk mengemudi aman. Sehingga, kekhawatiran mengenai kecelakaan seharusnya sudah berkurang.

Selain itu, sudah banyak perkembangan juga di segi kenyamanan bus. Misalnya saja AC yang sudah tidak banyak bermasalah seperti dulu, mesin yang sudah lebih terawat, dan tentunya bentuk kabin yang lebih proper (tergantung karoseri yang membuatnya).

Jadi, kesimpulannya adalah bus malam sekarang memang sudah jauh lebih baik dibanding dulu. Memang stigma-stigma buruk yang ada masih benar hingga sekarang. Namun, menurut saya kini antara mengebut atau tidak sudah menjadi variasi. Jika anda butuh bus yang lebih cepat sampai ke tujuan, anda bisa memilih bus dari PO yang terkenal mengebut. Sedangkan jika anda mengutamakan keselamatan, sudah banyak juga PO yang menyediakan. Apapun pilihannya, terserah anda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

EnamDelapan

   

Sukses hanyalah tentang seberapa beruntung kita. Tuhanlah yang menentukan keberuntungan itu, kita hanya bisa berdoa dan berusaha.