Stop Insecure, Saatnya Mengasah Potensimu!


Stop Insecure, Saatnya Mengasah Potensimu!

Khawatir akan masa depan menjadi hal wajar yang terjadi di kalangan remaja bahkan orang dewasa sekalipun. Menginjak usia 20-an ke atas rasa khawatir itu semakin menjadi-jadi dan bisa membuat kita merasa . Ketidakpercayaan pada diri sendiri menjadi bomerang untuk kita melangkah maju. 

Menengok ke belakang ketika bangku sekolah kita hanya dihadapkan pada permasalahan penyelesaian tugas sekolah, ya itu mungkin menjadi permasalahan terbesar kita. Tapi semakin kita menginjak usia 20 ke atas beban berat selalu menghantui kita. Bahkan banyak diantara kita yang mengalami overthinking ketika akan tidur. 

Gelisah dan menangis terkadang juga dialami beberapa orang. Bukankah itu bisa berdampak terhadap kesehatan kita?. Tentu saja bisa berdampak pada keadaan kesehatan kita baik fisik ataupun mental. Belum lagi dengan omongan orang lain yang terkadang menyudutkan posisi kita untuk berkembang. Lebih lagi jika omongan negatif itu ternyata berasal dari lingkup terdekatmu, seperti keluarga atau bahkan temanmu. Pasti kamu akan merasa kesal atau bahkan tertekan. 

Melihat hal itu, alangkah lebih baiknya kita mulai menggali apa yang ada didalam diri kita, apa yang kita miliki dan bersiap untuk mengembangkannya. Langkah awal yaitu kita lebih mencintai diri kita dan bersyukur dengan apa yang kita miliki. Memulai keluar dari zona nyaman, jangan terjebak di zona nyaman karena terkadang hal itu bisa membuat kita tidak ingin mencoba hal baru.

Lakukan beberapa kegiatan yang memiliki dampak positif dan tidak merugikan orang lain. Mulai tekuni sesuatu yang kamu anggap itu baik dan bisa terus dikembangkan tanpa membuat kamu berada di zona nyaman. Misalnya kita memiliki hobi photography tidak hanya memfoto objek pemandangan alam saja, kamu bisa mengasah kemampuanmu dengan terjun pada dunia food photography atau fashion photography sesuai keinginanmu. Selain itu kamu juga bisa menjadikan kemampuan photographymu sebagai pekerjaan sampinganmu.

Mengenali yang ada dalam diri kita juga dapat kita lakukan dengan menonton beberapa video yang dapat menginspirasi dan memberikan ide untuk kita. Kamu sedang menonton video memasak lalu tiba-tiba kamu berkeinginan untuk memasak dan ternyata kamu mulai suka pada dunia memasak. Bukankah hal itu jika dikembangkan lebih dalam bisa menjadikan peluang bisnis pada kuliner?

Hal lain yang penting ketika kita ingin mengasah yang ada pada diri kita yaitu: kita harus yakin, tanamkan keyakinan pada hati kita dan percaya apa yang kita lakukan memilki dampak positif di masa depan. Sekecil apapun atau bakat kita pasti berguna. Stop merasa , jangan takut mendengar komentar negatif orang lain yang bisa membuat kamu down.

Selalu belajar kuat dan siap menerima kritik. Sesekali kamu pun boleh menangis tetapi jangan berlarut-larut. Tidak semua orang memiliki komentar negatif, masih ada beberapa orang yang berkomentar positif. Jadikan komentar positif itu sebagai energi untuk mengepakkan sayapmu, jangan takut terus buktikkan bahwa kamu bisa!

Adapun hal lain yang terkadang menguras energi kita yaitu membandingkan pencapaian orang lain dengan kita. Melelahkan dan bisa saja hal itu membuat sebagian orang merasa down, merasa tertinggal jauh atau bahkan gagal. Tapi ingat jadikan hal itu sebagai motivasi, mulailah memotivasi dirimu, jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Selalu ingat setiap manusia mempunyai proses, jatah proses mereka berbeda, yakinlah hal baik akan datang ketika Tuhan sudah memberi waktu yang tepat.

Foto Bunga Matahari Mereka Ditanam Bersama Tapi Tidak Mekar Bersamaan.

Baca Juga

Exit mobile version