“Street Art” atau Karya Seni Jalanan Yang Membuat Kota Lebih Hidup

“Street Art” atau Karya Seni Jalanan Yang Membuat Kota Lebih Hidup 1

Street art adalah sebuah karya seni jalanan yang sering kamu lihat pada dinding-dinding besar, tembok-tembok, bangunan-bangunan di jalan seperti sebuah wall painting. Tidak hanya sekedar coretan saja, biasanya karya jalanan ini memiliki banyak pesan di dalamnya. Ada banyak macam street art yang bisa kamu temukan di sekitarmu, namun yang paling sering kamu temukan mungkin adalah graffiti dan mural.  

Yang sering kita lihat aksi corat-coret dinding, tembok-tembok, pagar-pagar, bangunan-bangunan secara berkelompok melakukan aksinya sebagai luapan isi hati, pikiran, serta mengungkapkan kekecewaan, kritikan, sindiran, bahkan pujian kepada Negeri ini. Diluapkan dalam bentuk kartun, dengan dibalut tulisan dengan lekukan indah menggambarkan ilustrasi yang berisi pesan-pesan, dan harapan-harapan.

Coretan-coretan mengekspresikan suasana hati, tak hanya menggambarkan lukisan grafiti yang memiliki nilai keindahan yang tinggi saja, namun ada pesan-pesan atau makna yang terkandung dibalik lukisan grafiti tersebut.

Tak hanya mengotori tembok-tembok, bangunan, dinding-dinding saja. Menambah keindahan kota dan membuat suasana kota menjadi lebih hidup.

Mulai pertama kali di New York, Amerika Serikat tahun 1970-1990, kemudian sejak pekik kemerdekaan tahun 1940, para generasi bangsa yang berjiwa seni, para pemuda-pemudi sebagai sarana menyampaikan pesan moral, walaupun sempat membuat kontroversi karena merusak estetika, namun ada nilai seni tersendiri.

Justru ini ajang kreatifitas anak muda, mengasah jiwa seninya dan membuat suasana kota menjadi lebih hidup. Ini juga sebagai media seni untuk kemajuan sosial.

Ini tidak hanya bermaksud mengotori bangunan, tembok-tembok, namun juga berdampak pada lingkungan sekitar menjadi lebih hijau.

“Street Art” atau Karya Seni Jalanan Yang Membuat Kota Lebih Hidup 3

Bagaimanapun juga Street Art adalah sebuah wadah mengekspresikan jiwa seni kedalam coetan-coretan. Bahwa penting bagi kita tentang perlunya memberikan sesuatu yang indah dalam hidup kita. Street Art dapat menjadi media mendistribusikan kreativitas kita, namun bisa juga menjadi media mengkritik negara dan untuk menyebarkan opini-opini yang membangun. Apabila dilakukan dengan serius dan diberikan wadah Street Art dapat menjadi hal yang sangat berguna untuk memberikan keindahan suatu kota maupun dapat menghidupkan kota itu sendiri.

Di Jakarta, grafiti mulai berkembang dan diperkenalkan di area komplek perumahan di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan. Alasan yang membuat grafiti muncul di daerah itu ialah karena banyaknya siswa asing dari Jakarta Internasional School waktu itu, yang kemudian mendalami praktik seni itu di beberapa tanah kosong di komplek daerah tersebut. 

Perkembangan seni grafiti di Indonesia tak bisa lepas dari musik hip hop, di mana breakdance adalah bentuk fisiknya terlihat unsur grafiti yang dipakai sebagai visual. Seni grafiti di video hi hop ikut memeriahkan kerumunan orang bermain basket, skateboard dan musik hiphop waktu itu. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS