Stress Melanda? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Stress Melanda? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini 1

Banyaknya tumpukan pekerjaan dari kantor atau tugas sekolah terkadang membuat seseorang mudah merasakan stress. Stress merupakan emosi yang dirasakan semua orang dan itu sifatnya manusiawi. Wajar memang apabila Anda merasa stress dan tertekan apalagi jika terlalu banyak tuntutan. Selain itu penting untuk Anda mengatasi stress yang berlebihan karena hal tersebut akan membahayakan masyarakat. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat stress melanda.

Rajin Berolahraga

Tips yang pertama adalah dengan rutin berolahraga. Ada banyak olahraga yang bisa Anda lakukan seperti jogging, jalan sehat, renang, pergi ke tempat gym dan senam sehat. Akan tetapi jika Anda merupakan orang yang sibuk cobalah untuk olahraga di rumah saja dengan melakukan work out. Banyak Gerakan work out yang akan membantu Anda menghilangkan hormone stress pada tubuh.

Misalnya adalah sit up, push up, back up dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan work out sambil melihat contoh gerakannya di Youtube. Lakukan hal ini setiap hari dan pastikan Anda mengeluarkan keringat. Lewat keringat tersebut hormon-hormon yang memicu stress bisa keluar dan pikiran Anda akan kembali jernih.

Pergi ke Tempat Wisata

Ilustrasi orang pergi ke tempat wisata.
Ilustrasi orang pergi ke tempat wisata.

Tips berikutnya ketika Anda sedang dilanda stress adalah berlibur. Tips yang satu ini sangat ampuh untuk menyegarkan kembali pikiran Anda yang sedang kalut. Anda bisa pergi ke tempat wisata yang jauh dari hiruk pikuk kota, beri waktu diri sendiri agar lebih tenang. Lupakan sejenak seluruh pekerjaan Anda. Jadikan hal ini sebagai momen untuk mencari ketenangan.

Agar lebih mudah melakukan healing Anda bisa pergi sendiri ke tempat wisata. Jika dirasa sudah lebih baik, Anda bisa kembali ke rumah untuk melanjutkan pekerjaan.

Membuat Jadwal

Ketika Anda mendapatkan banyak pekerjaan, cobalah untuk membuat jadwal deadline terlebih dahulu. Anda bisa mencatat semua deadline pekerjaan di sebuah kertas atau menggunakan ponsel saja. Dengan membuat jadwal maka Anda tidak akan kebingungan bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain itu Anda juga bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Kurangi juga kebiasaan menunda-nunda pekerjaan karena hal itu akan menyebabkan Anda stress. Karena itu Anda bisa memulai mengerjakan pekerjaan dengan menyicil sedikit demi sedikit. Bisa jadi pemicu stress tersebut adalah karena Anda terlalu sering menunda pekerjaan sehingga ketika mendekati deadline, Anda bingung harus mengerjakan yang mana terlebih dahulu.

Meditasi

Ilustrasi meditasi.
Ilustrasi meditasi.

Meditasi

Meditasi juga bisa digunakan untuk menghilangkan stress yang sedang melanda. Dengan melakukan meditasi artinya Anda mengizinkan diri Anda untuk merasakan semua emosi negatif yang hadir. Anda bisa fokus pada pernafasan selama 3 hingga 5 menit. Lakukan meditasi secara rutin agar stress Anda bisa terkelola dengan baik.

Bercerita Kepada Teman

Ilustrasi bercerita.
Ilustrasi bercerita.

Tips berikutnya yang juga akan membantu Anda menghilangkan stress adalah dengan berbagi cerita kepada teman. Dengan bercerita pikiran Anda akan terasa lebih ringan karena bebannya sudah berkurang. Jadi ketika ada orang yang bercerita kepada Anda sebenarnya ia hanya butuh didengarkan saja.

Atau jika Anda lebih suka memendam perasaan sendiri dan ingin bercerita dengan cara lain maka menulis adalah solusinya. Dengan menuliskan apa yang Anda rasakan di sebuah buku maka pikiran akan jauh lebih tenang.

Stress adalah emosi yang normal dirasakan semua orang, akan tetapi jika berlebihan tentu hal tersebut akan berbahaya. Tips-tips di atas akan membantu Anda untuk mengurangi rasa stress. Anda bisa menerapkan cara-cara yang sesuai dengan keadaan diri Anda. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Gita Welastiningtias