Sudah Ikut Latihan Timnas, Tapi Jordy Amat & Sandy Walsh belum WNI


Sudah Ikut Latihan Timnas, Tapi Jordy Amat & Sandy Walsh belum WNI

Baru Baru ini kita mendengar kabar yang sangat menyenangkan Bagi pecinta sepak bola timnas indonesia bahwasannya 2 pemain keturunan indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh mereka sudah mulai mengikut latihan bersama Timnas Indonesia yang di lakukan di bandung, Jumat (27/5/2022) 

Sandy Walsh & Jordi amat bertemu dengan Hassani Abdulgani ( Exco Pssi )

Kendati demikian meskipun mereka memiliki darah indonesia, ingin membela indonesia, sudah ikut latihan bersama timnas indonesia, akan tetapi mereka sepenuhnya masih belum menjad wargai negara Indonesia di karenakan proses Naturalisasi mereka yang belum Rampung.

Selaku Tenaga ahli Kemenpora RI, Gatot S Dewa Broto, akhrnya buka suara mengenai proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh yang tak kunjung Usai dan lambat. 

Sebelumnya Warganet memberikan komentar kepada Kemenpora, akibat belum terselesaikan nya juga proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, di anggap lambat dalam mendorong proses naturalisasi pemain.

Jonni Mardizal, Plt Seskemenpora menurut beliau proses upaya naturalisasi pemain ini di lakukan sesuai dengan arahan dari presiden. 

“Kami meminta agar sesuai dengan arahan dari Presiden, agar supaya yang dinaturalisasi ini punya darah Indonesia.

Jadi seperti ini, mereka orang berdarah Indonesia, tetapi kewarganegaraannya asing, dinaturalisasi agar kembali jadi WNI, jadi Indonesia,” ungkapnya, dalam podcasport.

Jonni juga menegaskan bahwasannya belum semua berkas pemain itu lengkap.

sudah ada tiga pemain yang sudah mulai tahap proses yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama “Jadi bukan kami yang lambat, tapi berkas mereka yang kami minta belum lengkap.

Ada poin-poin yang sampai saat ini, belum dipenuhi. Karena itu prosesnya tidak bisa dilanjutkan,” terangnya.

kendati selain dari pada belum terkumpulnya berkas yang di penuhi, alur proses yang panjang naturalisasi ini juga menjadi sorotan warganet. 

” Tahap berikutnya dari Kemenkumham ke Setneg (Sekretariat Negara), lalu dari Setneg ke DPR untuk raker (rapat kerja) dan balik lagi ke Setneg,” terang Gatot.

“Untuk selanjutnya turun Kepres (Keputusan Presiden) dan baru ke Kemenkumham lagi mas,” urai mantan Sesmenpora RI tersebut.

Di karenakan alur proses naturalisasi yang panjang di terangkan oleh Gatot ini, menyebabkan peluang bagi Jordi amat dan Sandy Walsh tidak bisa ikut andil dalam rombongan timnas pada saat FIFA Matchday melawan Bangladesh, pada hari rabu 1 juni 2022 di Std si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

perlu kita nantikan apakah proses naturalisasi jordi dan sandy bisa segera terselesaikan, sementara Shayne Pattynama, kemungkinan masih cukup lama