Sudah Tahu Bedanya Genin Sampai Chuunin? Berikut 5 Tingkatan Ninja dalam Dunia Naruto

Sudah Tahu Bedanya Genin Sampai Chuunin? Berikut 5 Tingkatan Ninja dalam Dunia Naruto 1

Dalam dunia Naruto, akademi  merupakan tempat di mana calon-calon ninja memulai pendidikannya. Anak-anak berusia muda ini tidak akan bisa disebut ninja jika mereka belum lulus dari akademi tersebut. Murid-murid yang berlatih di akademi ini akan diberikan materi dan latihan beladiri khas ninja untuk tingkat dasar.

Setelah menjalani ujian dan lulus dari akademi, murid-murid ini akan menerima sebuah ikat kepala dari kain dengan sebuah lapisan metal di tengahnya. Di atas lapisan metal tersebutlah akan dicetak sebuah lambang desa. Dalam serial-serial di Naruto, ikat kepala ini juga sering disebut dengan nama pelindung kepala.

#Genin

Genin adalah tingkatan pertama untuk ninja yang baru lulus dari akademi. Genin ini sendiri masih harus masuk ke dalam bimbingan seorang jounin. Genin juga masih dikategorikan sebagai ninja kelas rendah dan hanya menjalankan misi kelas D.  Apa itu misi kelas D? Misi-misi yang dijalankan terbilang sepele seperti menangkap anjing yang kabur atau pekerjaan membersihkan rawa-rawa. Biasanya, tiga orang genin akan ditempatkan dalam satu tim bersama satu orang jounin pembimbing.

Setelah kiranya memiliki kemampuan yang cukup, seorang genin akan direkomendasikan menjadi chuunin pada ujian chuunin. Perlu diketahui pula bahwa tidak semua genin masih anak-anak, banyak juga yang sudah berusia dewasa bahkan sudah setengah baya akibat tidak pernah lulus ujian chuunin.

#Chuunin

Jika lolos pada ujian chuunin, para peserta ujian yang masih dalam tingkatan genin ini selanjutnya akan diangkat oleh seorang Hokage untuk menjadi chuunin. Para chuunin ini nantinya bisa setingkat kapten dalam sebuah tim. Terkadang chuunin jua bisa dipasangkan dengan genin. Para chuunin bisa melakukan misi tingkat B dan C. Meski tidak terlalu sulit, namun misi tingkat B dan C tetap memiliki resiko yang lebih berbahaya. Sedikit fakta lagi, para chuunin di dunia Naruto juga diwajibkan untuk menikah.

#Jounin

Sudah Tahu Bedanya Genin Sampai Chuunin? Berikut 5 Tingkatan Ninja dalam Dunia Naruto 3

Jounin bisa dibilang sebagai ninja yang memiliki pangkat lumayan tinggi. Para jounin juga dianggap sebagai kekuatan utama bagi sebuah desa tersembunyi, setelah ANBU. Jounin biasa diberi misi untuk menyerang daerah musuh, membunuh, sabotase, dan sebagainya. Resiko dari misi yang biasa mereka jalankan juga lebih tinggi dan ancamannya adalah nyawa. Jonin bisa mengambil misi tingkat A dan tingkat S. Para jounin juga ditugaskan sebagai pembimbing tim genin.

#Jounin Spesial

Nah, banyak Sobat Mister yang belum tahu dengan keberadaan jounin spesial. Jounin spesial biasanya memiliki tugas lebih khusus seperti mengajar, medis, dan sebagainya. Seperti misalnya ninja medis, mereka adalah jounin spesial yang hanya melakukan tugas mengobati atau memulangkan ninja yang terluka. Perlu diingat bahwa tidak semua ninja medis adalah jounin spesial, contohnya adalah Sakura dan Shizune.

#ANBU

Sudah Tahu Bedanya Genin Sampai Chuunin? Berikut 5 Tingkatan Ninja dalam Dunia Naruto 4

Terakhir adalah ANBU. ANBU adalah pasukan elit pembunuh rahasia yang tugasnya hanya untuk misi-misi paling berbahaya. Mereka bisa dibilang juga sebagai agen rahasia, tidak memakai nama dan tidak boleh melepaskan topengnya ketika sedang bertugas. Identitas mereka sangat dirahasiakan.

Tugas mereka antara lain adalah sebagai oinin (ninja pemburu), pemusnah mayat, pembunuh rahasia, intelejen desa, maupun pengawal Hokage. Kakashi sendiri sudah masuk ANBU diusia 16 tahun, sementara Itachi berhasil masuk ANBU sejak usia 13 tahun dan ia juga sudah diembankan tugas sebagai ketua di usia 15 tahun.

Khusus di Konoha, ada divisi ANBU yang disebut dengan ANBU roots. Mereka dididik untuk menjadi mesan perang sempurna dan siap menghabisi musuh tanpa perasaan. Sai adalah salah satu anggota dari divisi ini. Mereka tidak punya nama, perasaan, rumah, atau keluarga. Satu yang mereka punya hanyalah misi, tidak ada yang lain.

***

Itu tadi adalah berbagai tingkatan kelas ninja dalam dunia Naruto. Tentu bagi Sobat Mister yang seorang pecinta Naruto sudah tidak asing dengan tingkatan-tingkatan tersebut. Semoga artikel ini semakin menambah wawasan para Sobat Mister semua.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Mister IR

   

Akan membagikan segala informasi kepada Sobat Mister semua.