Sudah Tahu Perbedaan Lipstick, Lip Tint, dan Lip Cream? Berikut Penjelasannya

Sudah Tahu Perbedaan Lipstick, Lip Tint, dan Lip Cream? Berikut Penjelasannya 1

Salah satu item make-up yang harus ada di meja rias adalah pewarna bibir. Pewarna bibir akan membantu penampilan kamu terlihat lebih fresh. Selain itu, sekarang banyak pewarna bibir yang juga diformulasikan untuk membantu bibir menjadi lebih sehat.

Ada beragam bentuk dan formula bibir yang kini beredar di pasaran. Tiga jenis pewarna bibir yang paling banyak digunakan oleh masyarakat ialah lipstick, lip tint, dan lip cream. Meski ketiga pewarna bibir tersebut memiliki fungsi utama yang sama, yaitu memberi warna pada bibir agar tidak terlihat pucat dan membuat penampilan menjadi lebih fresh, namun jika dikulik lebih dalam, ketiga jenis pewarna bibir tersebut memiliki beragam perbedaan. Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan antara lipstick, lip tint, dan lip cream, berikut akan dibahas satu per satu ketiga jenis pewarna bibir tersebut.

1. Lipstick

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sesuai dengan namanya, lipstick merupakan pewarna bibir yang memiliki bentuk batangan atau stick. Lipstick memiliki formula yang lebih padat daripada lip tint dan lip cream. Ketika dipakai di bibir, lipstick akan meninggalkan warna yang lebih pekat. Saat ini, ada bermacam-macam efek warna yang dihasilkan lipstick, seperti matte, satin, glossy, bahkan ombre. Hasil finishing lipstick sangat cocok apabila kamu menginginkan warna yang penuh pada bibir kamu.

2. Lip Tint

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Berbeda dengan lipstick yang memiliki formula padat, lip tint memiliki formula yang lebih cair. Bentuk formula lip tint mirip-mirip dengan tinta, sehingga pewarna bibir ini dinamakan lip tint. Jika kamu menginginkan pewarna bibir yang tahan lama, kamu bisa memilih menggunakan lip tint karena formula lip tint yang lebih cair dapat membuatnya meresap ke bibir.

Sayangnya, dirangkum dari berbagai sumber, sebagain besar lip tint tidak mengandung lilin. Kandungan utama yang dimiliki lip tint ialah air, gel, dan alkohol. Itulah sebabnya, lip tint dapat membuat bibir menjadi kering. Untuk mengatasinya, kamu harus mengimbangi dengan rajin-rajin menggunakan pelembap bibir.

Pewarna bibir jenis lip tint ini sangat cocok untuk digunakan dalam keseharian karena memberikan efek lebih natural pada bibir daripada lipstick atau lip cream. Selain itu, lip tint juga menjadi pilihan yang tepat apabila kamu akan membuat ombre pewarna bibir.

3. Lip Cream

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Secara umum, lip cream memiliki formula yang sama dengan lipstick. Yang membedakannya, lipstick memiliki bentuk yang padat, sedangkan lip cream memiliki bentuk formula yang lebih creamy. Bisa dikatakan lip cream merupakan bentuk creamy dari lipstick. Sekarang ini, banyak orang yang memilih menggunakan lip cream daripada lipstick karena lebih mudah digunakan dan tidak meninggalkan rasa kering pada bibir.

Bentuk formula lip cream yang creamy membuatnya harus dimasukkan ke dalam tube. Ini membuatnya lebih aman karena tidak akan mudah patah seperti lipstick. Belakangan ini banyak brand yang sedang mengembangkan lip cream, sehingga pilihan lip cream semakin beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Sekarang kamu sudah tahu bukan perbedaan lipstick, lip tint, dan lip cream? Gunakan ketiga jenis pewarna bibir tersebut sesuai kebutuhan tampilan harian kamu, ya. Jangan lupa juga untuk menggunakan produk-produk perawatan bibir agar bibir kamu tetap sehat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh