Susah Tidur ? 5 buah ini akan membantumu tidur nyenyak


Susah Tidur ? 5 buah ini akan membantumu tidur nyenyak 1

Apakah kamu termasuk orang yang susah tidur? jika iya, maka membaca artikel ini akan bermanfaat untukmu.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah adanya hormon alami tubuh yang berperan penting mengatur pola tidurmu. Hormon tersebut adalah melatonin. Hormon melatonin juga dibuat secara sintesis untuk mengatasi berbagai gannguan tidur tetapi penggunaannya harus sesuai anjuran dan resep dokter.

Perlu kamu ketahui beberapa jenis buah ada yang mengandung melatonin yang aman dikonsumsi tanpa efek samping yang berbahaya. Berikut ini 5 jenis buah yang membantumu tidur nyenyak karena kandungan melatoninnya. Yuk disimak!

1. Pisang

Susah Tidur ? 5 buah ini akan membantumu tidur nyenyak 3

Pasti kamu tidak asing lagi dengan buah satu ini, hampir disetiap wilayah indonesia ada. Buah ini mengandung asam amino triptofan, yang diubah tubuh menjadi melatonin dan serotonin. Hormon Serotinin dipercaya sebagai pemberi pemberi perasaan nyaman dan senang. Mengonsumsi pisang secara rutin akan membantumu memperbaiki kualitas tidur.

2. Nanas

Susah Tidur ? 5 buah ini akan membantumu tidur nyenyak 4

Kali ini nanaslah juaranya membantu mengatasi susah tidur. sebuah penelitian membuktikan bahwa nanas lebih baik dalam meningkatkan hormon melatonin dalam tubuh dibandingkan pisang dan jeruk. Hasil pengukuran aMT6-s dalam tubuh menemukan peningkatan melatonin sebesar 266 persen setelah memakan nanas, peningkatan 180 persen setelah memakan pisang dan peningkatan 47 persen setelah memakan buah jeruk.

3. Jeruk

Susah Tidur ? 5 buah ini akan membantumu tidur nyenyak 5

Jangan anggap remeh jeruk meskipun hasil pengukuran hanya meningkatkan meltonin 47 persen tetapi buah ini memiliki kandungan vitamin B yang besar dimana akan membantumu memperbaiki kualitas tidur dengan cara: mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan keteraturan siklus tidur dan bangun, serta membantu mensintesis serotinin, dopamin dan GABA. GABA dipercaya akan menghambat sinyal tertentu yang tidak menguntungkan pada otak, sehingga menjaga kita tetap nyaman.

4. Alpukat

Susah Tidur ? 5 buah ini akan membantumu tidur nyenyak 6

Alpukat sama halnya dengan pisang mengandung asam amino triptofan, yang diubah tubuh menjadi melatonin dan serotonin. Selain itu Alpukat memiliki kandungan magnesium. Mineral magnesium dapat membantu Kamu menjadi rileks, menenangkan sistem saraf dan otot sehingga kamu mudah tertidur dan tidur lebih nyenyak.

5. Persik

Susah Tidur ? 5 buah ini akan membantumu tidur nyenyak 7

Buah ini disebut juga sebagai buah táo dalam bahasa Mandarin dan momo dalam bahasa Jepang. mengandung asam amino triptofan, yang diubah tubuh menjadi hormon melatonin dan hormon serotonin.               

Kini kamu sudah tahu 5 jenis buah yang membantumu tidur nyenyak, selain itu mengonsumsi buah dan sayur secara benar akan membantumu tetap sehat dan jauh dari resiko kesehatan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sutikno Darwanto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap