Susah tidur, apakah kamu insomnia berat?

Susah tidur, apakah kamu insomnia berat? 1

Susah tidur, apakah kamu insomnia?

Malam adalah waktu yang tepat dan baik untuk istirahat. Tidur merupakan aktifitas yang wajib kita lakukan. Selain untuk mengumpulkan energy untuk hari esok. Faktanya tidur teramat penting untuk kesehatan fisik dan emosional manusia tanpa pengecualian. Para peneliti meyakini bahwa durasi tidur antara tujuh dan sembilan jam merupakan jumlah yang optimal.

Pola Tidur Normal

Saat tidur terjadi kita mengalami dua tahap tipe tidur, pertama tidur dengan menggerakkan mata (Rapid Eye Movement/REM) dan tidur tanpa menggerakkan mata (Non-Rapid Eye Movement/ NREM). Kita akan menghabiskan tidur sekitar seperempat waktu tidur pada tahap REM ringan (disaat inilah tidur terjadi) selebihnya tidur yang dalam lebih menyegarkan yaitu NREM.

Jika tidur kita secara konstan terganggu, maka esoknya kita akan mendapati fisik dan mood yang lelah dan tidak bersemangat.

Berbagai faktor yang membuat kita mengalami susah tidur. Apalagi kaum hawa yang dua kali lipat lebih cendrung mengalami susah tidur/ insomnia. Capek dengan rutinitas, menjalani hubungan percintaan yang rumit, atau baru saja di PHK, kepo dengan sosial media teman sendiri dan merasa insecure dengan diri sendiri. Berikut Penjelasannya Jika Kamu Susah Tidur.

Stres

Susah tidur, apakah kamu insomnia berat? 3

Number one ialah stress. Semua itu berawal dari pikiran. Begitupun dengan pikiran yang berkacamuk alias stress. Masalah yang belum terselesaikan dan belum tahu solusinya. Jangan dipendam. Jika tak ada teman untuk curhat. Mending kamu tulis di buku catatan, atau tulis di dokumen hp kamu. Karena zaman udah canggih, jadi ngak perlu ribet cari pulpen dan kertas. Cukup buka android, tulis dicatatan kecil dan kamu simpan dalam bentuk word. Mungkin masalahmu tidak selesai. Namun beban pikiranmu setidaknya berkurang. Jika sudah diatas kasur, matahari berganti bulan. Maka tutuplah harimu dengan baik. Sehingga mempermudah kamu tertidur lelap.

 

Kemarahan

Emosi terdiri dari berbagai hal, contohnya sedih, senang, bahagia, marah, kecewa dan masih banyak lagi. Namun emosi yang bikin urat-urat saraf jadi tegang dan menguras tenaga adalah marah. Marah adalah espresi ketika seseorang menolak atau berargumen dengan sikap dan perbuatan yang mencapai over. Jika marah tidak dikontrol, saban hari kamu akan memarahi semua orang tanpa alasan. Kurangi marah, perbanyak sabar. Mungkin pepatah itu harus sering diingat oleh kamu yang suka ngegas, bahasa Minangnya pamberang artinya galak.

Gimana bisa tidur, kalau hobinya marah-marah guys. Yok jangan hanya berargumen semata namun selesaikan perselisihan yang ada.

Depresi

Salah satu pelarian dari masalah ialah tidur. Menghilang dari rutinitas untuk beberapa saat. Namun tidur akan menjadi sangat tidak lelap, ketika si depresi, sering terbangun dan sulit untuk mengulang tidur. Jika suasana hati anda kacau, saya yakin kamu akan terbangun lebih cepat diawal. Jika masalah ini masih berlanjut. Mending kamu langsung konsultan dengan dokter.

Karena depresi yang berlebihan akan membuatmu menjadi cemas dan panik setiap saat. Ayo, mari berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu.

Hormon

Ketika malam hari tubuh kamu, tiba-tiba berkeringat. Apalagi menjelang menopause ganguan tidur karena kepanasan tersebut sudah menjadi lumrah. Salah satu solusi biar ngak kepanasan, gunakan pendingin ruangan di malam harinya. jika masih sulit untuk tidur, kamu bisa keluar dari kamar dan hiruplah udara ditempat terbuka untuk beberapa saat.

Kafein

Susah tidur, apakah kamu insomnia berat? 4

Kamu pecinta kopi, pastinya dong. Tidak hanya cowok, cewekpun juga cinta banget sama minuman kopi. Apalagi sekarang minuman kopi sudah menjadi trendy semua kalangan. Selain divariasikan dengan rasa dan packaging yang unik. Semua orang ingin sekali menyeruput minuman klasik itu. Saya tidak melarangmu minum kopi. Tapi usahin setelah jam 6 sore jangan pernah minum kopi.

Soalnya kandungan kafein dari kopi, teh dan minuman soda. Bikin mata kamu makin melek dan makin susah diajak kompromi untuk tidur.

Cukup sekian guys, semoga dengan tulisan diatas kamu bisa tahu, solusi yang harus kamu hadapi kalau lagi insomnia. Selamat beraktifitas dan keep fighting guys.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.