Sustainable living, Langkah Kecil Bagi Perubahan Bumi

Sustainable living, Langkah Kecil Bagi Perubahan Bumi 1

Belakangan ini, bumi kita sedang menghadapi banyak permasalahan akibat dari gaya hidup manusia yang tidak ramah lingkungan. Kita tidak dapat menampik bahwa kerusakan lingkungan serta perubahan iklim dapat dirasakan secara nyata mulai dari terjadinya kebakaran hutan, sampah yang semakin sulit terurai, hingga meningkatnya suhu panas di bumi.

Perlu diketahui bahwa jumlah kerusakan lingkungan hidup & perubahan iklim banyak diakibatkan oleh manusia dibandingkan dari faktor alam itu sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran setiap manusia untuk bersama-sama memperbaiki kondisi bumi dengan cara mengubah gaya hidupnya menjadi berkelanjutan.

Gaya Hidup Berkelanjutan
Sustainable living, Langkah Kecil Bagi Perubahan Bumi 3

Hidup berkelanjutan atau sustainable living merupakan konsep gaya hidup ramah lingkungan yang bertujuan mengurangi sampah plastik, pembelian barang tidak berguna, dan hal lainnya yang membahayakan kelestarian bumi. Sederhananya, hidup berkelanjutan berarti memprioritaskan penggunaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui daripada harus menciptakan limbah berlebih.

Penerapan gaya hidup berkelanjutan tidak hanya bermanfaat bagi para pelakunya, tetapi juga bermanfaat besar bagi lingkungan. Gaya hidup tersebut dapat meminimalisir dampak buruk sampah plastik yang berkontribusi penuh terhadap perubahan iklim bumi. Meskipun belum terbiasa melakukannya, kita harus memulainya dari sekarang.

Mengenal Jejak Karbon
Sustainable living, Langkah Kecil Bagi Perubahan Bumi 4

Dalam aktivitas sehari-hari, ternyata kita menghasilkan jejak karbon yang cukup besar. Jejak karbon adalah jumlah emisi gas rumah kaca yang diproduksi oleh segala kegiatan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi setiap kegiatan dan segala barang yang kita gunakan memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan. Gas rumah kaca sendiri merupakan gas alami di atmosfer bumi yang menyerap dan memantulkan kembali radiasi sinar matahari ke permukaan bumi.

Saat ini aktivitas manusia sangatlah kompleks sehingga produksi gas rumah kaca turut mengalami peningkatan. Tidak heran apabila suhu bumi semakin tinggi sehingga menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan. Namun, bukan berarti kita harus berhenti dari segala aktivitas sehari-hari karena beberapa dari aktivitas tersebut memang tidak dapat dihindari seperti mandi, memasak, pergi bekerja, dan lain sebagainya.

Pada intinya, kita harus memiliki kesadaran jejak karbon pribadi. Kita dapat membeli atau melakukan sesuatu yang sungguh diperlukan. Dengan begini kita dapat memotong jejak karbon dari hal-hal yang tidak terlalu penting. Jadi, bagaimana? Apakah kamu ingin menjadi penyumbang naiknya suhu panas dan perubahan iklim bumi?

Yuk, sudah saatnya kita mengubah gaya hidup kita untuk mengurangi emisi karbon!

Dampak Bagi Lingkungan yang Dihasilkan Jejak Karbon
  1. Mencairnya es di kutub
  2. Kekeringan
  3. Cuaca ekstrem
  4. Bermunculan Berbagai Penyakit
  5. Rusaknya Ekosistem Lautan
Langkah Sederhana Mengurangi Jejak Karbon
  1. Biasakan hemat energi listrik
  2. Membawa tas belanjaan sendiri
  3. Lebih banyak makan sayur dan buah
  4. Menggunakan air bersih dengan bijak
  5. Membeli barang yang benar-benar diperlukan
  6. Beralih peralatan elektronik hemat energi
  7. Pisahkan sampah organik dan anorganik
Hidup Berkelanjutan Itu Pilihan
Sustainable living, Langkah Kecil Bagi Perubahan Bumi 5

Usia bumi kita semakin tua, sudah seharusnya kita menjaga dan merawat bumi dengan baik. Tentunya pemilihan gaya hidup berkelanjutan sebagai bagian aktivitas sehari-hari merupakan pilihan yang bijak. Secara langsung kita mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pemberian-Nya dengan tidak menyia-nyiakan suatu hal sedikit pun.

Meski gaya hidup berkelanjutan mudah dijangkau oleh seluruh kalangan karena sederhana dan mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, belum banyak orang yang bersedia menerapkannya. Padahal tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menunda perubahan ke arah yang lebih baik. 

Apabila kita bersedia menerapkan gaya hidup berkelanjutan, berarti kita telah menyadari dampak dari pemilihan makanan, produk, dan penggunaan energi bagi bumi. Dengan begitu, kita telah mengusung konsep ramah lingkungan demi kebaikan seluruh umat manusia di masa kini dan masa yang akan datang.

“Buy less, choose well.”– Vivienne Westwood

Sustainable living, Langkah Kecil Bagi Perubahan Bumi 6

Mulailah bijak dalam memilih makanan, produk, dan menggunakan energi bumi. Jangan menjadi seseorang yang membeli barang hanya untuk sesuatu yang akan terbuang percuma, selain itu barang yang dibeli harus ramah untuk lingkungan. Cobalah berpikir ulang tentang apa yang kamu benar-benar butuhkan saat ini.  

Seringkali, kita merasa pilihan seorang manusia tidak mampu membuat perubahan yang cukup besar. Namun, pemikiran seperti itu justru menunda-nunda kontribusi kita untuk kesehatan bumi.

Mulailah perubahan dari diri kita sendiri dan kemudian bagikan kepada orang lain tentang apa yang telah kita pelajari. Jadikan itu sebagai kebiasaan sehari-hari maka nantinya kita akan merasa langkah kecil kita turut berkontribusi terhadap perubahan bumi.

Jika kita tidak bergerak dari sekarang, tidak menutup kemungkinan peradaban kita lama kelamaan akan hilang akibat dari perilaku dan ketidakpedulian diri kita sendiri terhadap bumi.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.