Tabunganmu Kurang Dari 15 Juta? 5 Kesalahan Keuangan Di Awal Umur 20-an


Tabunganmu Kurang Dari 15 Juta? 5 Kesalahan Keuangan Di Awal Umur 20-an 1

Survey yang dilakukan oleh GoBankingRates terhadap milenial muda di Amerika menemukan bahwa sebagian besar milenial muda atau yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo kurang dari 1.000 dolar. Bahkan hampir separuhnya tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates juga menyebutkan bahwa milenial jauh lebih boros ketimbang generasi lainnya.

Kalo yang tadi di Amerika, ada lagi nih survey berjudul “The Future of Money” menyebut 4 dari 10 milenial Indonesia hanya berinvestasi sekali dalam satu atau dua tahun, bahkan 2 dari 10 diantaranya tidak berinvestasi sama sekali.

Topik tentang keuangan sebenernya sudah sering banget dibahas karena memang sangat penting untuk kita sekarang dan masa depan kita. Apalagi generasi milenial dianggap generasi yang paling boros diantara generasi-generasi yang lain. Tapi sebagai generasi milenial pula kita diberikan begitu banyak kemudahan dengan adanya teknologi sekarang kita dengan mudahnya untuk mencari informasi dan belajar keuangan dari sana. Nah agar tidak kelamaan merasa stuck tentang keuangan kamu atau merasa tabungan segitu-gitu aja, yuk review bareng biar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Let’s get the topic!

Apply kartu kredit terlalu dini

Tabunganmu Kurang Dari 15 Juta? 5 Kesalahan Keuangan Di Awal Umur 20-an 3

Kartu kredit bisa jadi hal yang menyeramkan kalo kamu tidak bisa mengontrol diri sendiri. Persyaratan paling pertama untuk apply kartu kredit adalah kamu sudah berusia minimum 21 tahun. Mungkin dengan penawaran kartu kredit yang menarik seperti promo dan diskon kamu jadi tidak berpikir panjang dalam penggunaan kartu kredit nantinya. Apalagi pemakaiannya yang mudah tinggal gesek sana sini di berbagai merchant dan juga punya fitur tarik tunai. Dengan adanya kartu kredit di dompet, banyak yang merasa kalau masih punya uang yang belum terpakai. Kenyataannya kartu kredit adalah alat hutang. Dan hutang harus segera dibayarkan.

Jadi akan lebih baik jika kamu menunda memiliki kartu kredit hingga kondisi keuangan benar-benar mapan dan kamu juga sudah mengedukasi diri kamu dengan pemahaman soal uang. Memiliki kartu kredit sah-sah saja kok, yang penting kamu sudah bisa membatasi diri kamu.

 

Konsumtif saat tanggal muda

Tabunganmu Kurang Dari 15 Juta? 5 Kesalahan Keuangan Di Awal Umur 20-an 4

H-1 sebelum tanggal gajian biasanya sudah banyak sekali rencana untuk membelanjakan uang, dari makan cantik bareng temen, ke salon, liburan, beli sepatu baru, pokoknya apa aja pengen dibeli. Padahal sebenarnya ga butuh-butuh banget dan sebenarnya kita harus bisa menyisihkan sampai bulan berikutnya. Ketika kamu tidak bisa mengatur keuangan untuk pengeluaran kamu dengan baik, berapa pun pendapatan kamu akan cepat habis. Jadi yuk dicoba untuk belajar menahan diri untuk sesuatu yang sebenarnya kita inginkan dan mengutamakan apa yang kita butuhkan terlebih dahulu. Gamau kan pertengahan bulan uang sudah habis?

 

Tidak mencatat pengeluaran

Tabunganmu Kurang Dari 15 Juta? 5 Kesalahan Keuangan Di Awal Umur 20-an 5

Walaupun udah punya uang sendiri, bukan berarti kamu bebas menggunakan uang tanpa sadar dipakai kemana dan untuk apa. Kenapa kamu butuh untuk mencatat pengeluaran? Karena dengan mencatat, kamu secara sadar mengetahui berapa penghasilan kamu, untuk apa kamu membelanjakan uang kamu dan kamu bisa evaluasi dari catatan yang sudah kamu buat untuk bulan berikutnya. Sekarang sudah banyak aplikasi untuk mencatat pengeluaran kamu salah satunya Money Manager yang bisa kamu install di smartphone kamu. Dengan begitu kamu akan belajar dan mengetahui cashflow uang kamu. Gamau kan kebingungan saat melihat rekening tabungan yang nominalnya segitu-gitu aja? Atau kesel bingung kemana aja uang yang kamu hasilkan? Tenang kamu ga sendiri kok, yuk mulai dari sekarang kamu harus tahu pemasukan kamu berapa dan pengeluaran untuk apa aja. Baru dari situ kamu bisa buat anggaran untuk setiap pos pengeluaran.

 

Tidak menyiapkan dana darurat

Tabunganmu Kurang Dari 15 Juta? 5 Kesalahan Keuangan Di Awal Umur 20-an 6

Ini yang sering terlupa saat awal punya penghasilan sendiri. Kita ngerasa kalau di umur kita yang masih muda banget dan belum punya tanggungan apa pun seringnya menyepelekan yang namanya dana darurat. Padahal kejadian tak terduga atau musibah kan bisa kapan aja terjadi. Dari mulai mendadak sakit, diberhentikan dari pekerjaan atau terkena bencana alam kayak banjir dan sebagainya. Memang kita tidak mengharapkan itu terjadi, tapi siapa yang tahu jika ada masalah yang tiba-tiba terjadi. Kamu bisa mulai menganggarkan dana darurat minimal 6x pengeluaran kamu setiap bulannya. Dan dana itu harus ditempatkan pada instrumen keuangan yang likuid ya atau mudah dicairkan misal rekening tabungan atau reksadana pasar uang. Jadi sebisa mungkin kita belajar untuk meminimalkan resiko yang sewaktu-waktu bisa saja datang dan kita sudah mempersiapkan itu.

 

Berinvestasi pada barang

Tabunganmu Kurang Dari 15 Juta? 5 Kesalahan Keuangan Di Awal Umur 20-an 7

Banyak dari generasi milenial berlomba-lomba untuk membeli barang-barang berwujud seperti motor, mobil, smartphone atau rumah agar terlihat keren dan kaya. Dan tidak sedikit juga yang membeli barang-barang tersebut dengan berhutang karena mereka menganggap itu adalah aset. Sebenarnya apa sih aset itu? Dalam bukunya Roy Kiyosaki berjudul “Rich Dad, Poor Dad” dia menyebutkan bahwa aset adalah segala sesuatu yang membuat uang masuk ke kantong kita. Nah kalo gitu apa rumah, mobil, motor dan lainnya adalah aset? Belum tentu. Apalagi untuk membeli barang-barang tersebut kita harus berhutang sehingga membuat uang keluar dari kantong kita.

Makanya Robert menyebutkan dalam bukunya, kalau kita harus bisa membedakan mana aset dan mana hutang. Jadi aset menurut Robert bisa berupa properti, stocks, royalti, komoditi ataupun bisnis. If you want to be rich, simply spend your life buying assets. If you want to be poor and middle class, spend your life buying liabilities. 

Itulah kesalahan-kesalahan keuangan di awal tahun 20-an, yuk sama-sama berubah biar tabungan kamu berkembang. Dari situ baru kita bisa merencanakan masa depan menuju kebebasan finansial.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Summaire

   

A lifelong learner, more meaningful life

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap