Tahukah Kamu Bagaimana Terbentuknya Petir? Ini Jawabannya

Petir

Sekilas apakah kamu merasa takut bila terjadi ? Sebelum terjadi biasanya kita akan mendengar suara gemuruh, Dan sekilas kita melihat menyambar permukaan. Nah disini saya akan menjelaskan secara rinci terjadinya .

Saya yakin pasti kamu semua sudah tau kalau biasa terjadi pada saat hujan. Hmm, kamu pasti berpikir kenapa hanya terjadi pada saat hujan kenapa ga saat cerah…

terjadi pada saat musim hujan karena kadar air pada udara saat hujan tinggi, Hal ini membuat daya isolasi turun sehingga arus listrik lebih mudah untuk mengalir. terjadi ketika elektron dibawah awan tertarik oleh proton di daratan.

Baca juga  5 Taman Nasional di Sumatra yang Cocok Buat Liburan

Nah sebelum kita lanjut membahas kamu harus tahu apa beda dengan guntur ya, nah jika dab guntur berbeda jadi suara gemuruh atau cahaya yang muncul terlebih dahulu. Nah jawabannya lah yang muncul terlebih dahulu ya karena hal ini disebabkan oleh kecepatan cahaya dan suara kecepatan cahaya diperkirakan 190.000 mil/ detik sedangkan kecepatan suara hanya 1000 Kaki/ detik.

Selain itu untuk membuktikannya terkadang kita menutup telinga dengan tangan setelah terjadi petir karena gemuruh yang besar tak jarang anak kecil merasa takut akan gemuruh yang kuat ini ya.

Baca juga  10 Keajaiban Alam yang Perlu Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

Nah jika kamu sudah tahu perbedaan tersebut mari simak kembali bagaimana sih terjadinya petir

Proses Terjadinya Sambaran Petir

Tahukah Kamu Bagaimana Terbentuknya Petir? Ini Jawabannya

Sambaran petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi. Proses muatan pada awan ini disebabkan awan terus menurut bergerak secara teratur dan dengan pergerakan ini awan akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan terkumpul disalah satu sisi awan baik diatas maupun dibawah.

Nah jika perbedaan potensial awan dan bumi besar maka akan dilakukan pembuangan muatan negatif (Electron) dari awan kebumi atau dari awan keawan tersebut untuk mencapai keseimbangan, Pada pembuangan elektron ini menggunakan media udara.

Baca juga  Suka Berwisata di Alam? Kunjungi Saja 10 Destinasi Ini

Pada saat elektron mampu menembus batas isolasi udara hal inilah yg menjadikan ledakan suara. Oleh sebab itu petir terjadi pada saat hujan karena pada saat hujan udara mengandung kasar air yg lebih tinggi sehingga daya isolasi turun dan electron lebih mudah mengalir.

Hal tersebut disebabkan karena adanya awan yang bermuatan positif dan awan bermuatan negatif, Proses perpindahan elektron / muatan negatif inilah yang mengakibatkan sambaran petir.

Nah tidak terasa sudah dipenghujung artikel itulah penjelasan penyebab terjadinya petir.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhamad_Kukuh

   

" Dimana sebuah internet yang menyediakan berbagai informasi, sama hal nya seperti blogger yang menuangkan inspirasi nya dan menghasilkan ide ide serta menyalurkan informasi yang cemerlang," Ayo jangan buang waktu kamu lagi yang kamu cari ada dibagian bawah ini ya.