Tahukah Kamu, Orang Golongan Darah A Lebih Rentan Dengan Virus Corona

Tahukah Kamu, Orang Golongan Darah A Lebih Rentan Dengan Virus Corona

Seperti yang telah dilakukan oleh peneliti dari tiongkok baru – baru ini, mengatakan bahwa menurut riset awal orang – orang dengan golongan darah A kemungkinan lebih rentan terinfeksi virus atau dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Selain itu, mereka dengan tipe golongan darah O diketahui lebih kuat dan kebal terhadap virus .

Seperti dilansir dari South China Morning Post, mengatakan bahwa para peneliti medis mengambil beberapa sampel darah lebih dari 2.000 pasien yang terkena virus di wilayah Wuhan dan Shenzen lalu membandingkannya dengan penduduk setempat yang masih sehat.

Dan hasilnya adalah pasien dengan golongan darah A ternyata lebih rentan atau mudah terserang virus .

Tahukah Kamu, Orang Golongan Darah A Lebih Rentan Dengan Virus Corona

Karena itu, orang – orang dengan golongan darah A sebaiknya lebih perlu diperhatikan dan dilakukan pengawasan yang lebih ketat bagi mereka yang sudah terjangkit virus tersebut.

Baca juga  5 Tanda Infeksi Saluran Kemih, Sudah Tahukah Kamu ?

Selain itu para peneliti juga hendak mendesak pemerintah untuk segera mempertimbangkan mengenai perbedaan golongan darah untuk merencanakan langkah – langkah mencegah virus tersebut dan melakukan perawatan yang lebih intensif.

“Orang – orang dengan golongan darah A mungkin lebih membutuhkan perlindungan khusus yang lebih kuat untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi,”  ujar Wang Xinghuan di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan.

Mungkin dengan riset tersebut dapat membantu setidaknya dalam penanganan virus . Menurut Wang sendiri, memperkenalkan penggolongan tipe darah ABO pada pasien serta tenaga medis sebagai bagian rutin dari manajemen dan infeksi virus berguna untuk membantu menentukan pilihan manajemen untuk menilai tingkat risiko orang yang terpapar virus tersebut.

Tahukah Kamu, Orang Golongan Darah A Lebih Rentan Dengan Virus Corona

Kemudian orang – orang dengan tipe golongan darah O memiliki risiko lebih rendah untuk terjangkit oleh virus tersebut.

Baca juga  Konsumsi Ikan Sangatlah Penting, Ini 5 Alasannya

Seperti yang dilansir dari laman Medrxiv, dalam penelitian yang dilakukan, para peneliti juga menemukan bahwa orang – orang dengan golongan darah O memiliki risiko yang lebih rendah terhadap infeksi jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Selain itu, berdasarkan 206 kematian akibat wabah yang terjadi di kota Wuhan, 85 orang yang sudah diketahui ternyata memiliki golongan darah A.

Gao Yingdai, peneliti dari State Key Laboratory of Experimental Haematology di Tianjin, yang tidak terlibat dalam riset tersebut mengatakan beberapa hal tentang penelitian tersebut.

Gao menjelaskan bahwa sampel yang digunakan seharusnya bisa lebih besar lagi, karena menurut dia angka 2.000 itu masih terbilang cukup sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pasien yang telah mencapai lebih dari 180 ribu orang secara mendunia.

Lalu dia menjelaskan juga bahwa penelitan tersebut tidak memberikan info secara jelas mengenai fenomena yang terjadi seperti interaksi molekuler antara virus dengan berbagai jenis sel darah merah yang berbeda – beda.

Baca juga  Manfaat Daun Melati Untuk Kesehatan Tubuh, Tidak Hanya Untuk Jadi Bahan Teh

Walaupun begitu, Gao juga mengungkapkan bahwa penelitian ini mungkin dapat membantu para medis.

Tetapi, masyarakat umum terutama orang yang bergolongan darah A juga tidak perlu sampai harus menanggapinya dengan serius.

“Jika memiliki golongan darah A, kalian tidak perlu merasa khawatir. Itu bukan berarti kalian akan mudah terinfeksi 100 persen,” ujar Gao.

Hal tersebut juga berlaku sama kepada mereka yang memiliki golongan darah O. Mereka tidak harus merasa sudah sepenuhnya aman karena memiliki golongan darah tersebut.

Gao mengingatkan kembali bahwa, setiap orang harus tetap dan wajib mencuci tangan serta mengikuti pedoman yang sudah diberikan oleh pihak yang berwenang.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng