Tak Bergantung Lagi Pada Ronaldo, Timnas Portugal Kini Semakin Merata dan Penuh Bintang


Tak Bergantung Lagi Pada Ronaldo, Timnas Portugal Kini Semakin Merata dan Penuh Bintang 1

Portugal sering dipandang sebelah mata. Selama ini Selecao das Quinas (julukan Timnas Portugal) dianggap cuma terlalu bergantung pada seorang Cristiano Ronaldo. Namun kini Ronaldo tak lagi sendirian lagi. Portugal telah berevolusi bersama bintang-bintang baru yang menjanjikan masa depan cerah.

Jika dulu sangat sedikit pemain yang bisa mengimbangi kualitas seorang CR7, maka sekarang skuad asuhan Fernando Santos telah memiliki banyak opsi pemain berkualitas. Dengan formasi andalan 4-3-3, skuad Portugal saat ini bisa dibilang memiliki kualitas pemain yang merata di setiap lini.

Berikut adalah prediksi starting line up terbaik Portugal terutama dalam menghadapi pagelaran Euro tahun 2021 ini

Kiper: Rui Patricio

Tak Bergantung Lagi Pada Ronaldo, Timnas Portugal Kini Semakin Merata dan Penuh Bintang 3

Di posisi kiper, pilihan utama tentu akan jatuh kepada Rui Patricio. Patricio memang tidak termasuk jajaran kiper elit layaknya Manuel Neuer atau Allison Becker. Namun, kualitas kiper utama klub Wolverhampton ini tak perlu diragukan lagi. Ia memiliki reflek yang bagus serta ketenangan yang luar biasa. Ia adalah kiper paling matang yang dimiliki Portugal saat ini.

Bek: Joao Cancelo, Pepe, Ruben Diaz, Raphael Guerreiro  

Tak Bergantung Lagi Pada Ronaldo, Timnas Portugal Kini Semakin Merata dan Penuh Bintang 4

Di posisi bek kiri mungkin akan diisi oleh Raphael Guerreiro dari Borrusia Dortmund. Ia memiliki kelebihan pada skill dan kecepatan dalam menyisir sisi kiri. Sebagai bek kanan, Portugal memiliki sosok seorang Joao Cancelo yang sekarang bermain untuk Manchester City. Meski posisi aslinya adalah bek kanan, pemain ini juga bisa bermain sebagai bek kiri dengan sama baiknya.

Dua tembok utama di posisi bek tengah tentu akan menjadi milik Pepe dan Ruben Dias. Meski sekarang hanya bermain untuk FC Porto, namun pengalaman Pepe masih sangat dibutuhkan oleh Portugal. Sedangkan Ruben Dias yang baru saja dibeli mahal oleh Manchester City dianggap akan menjadi tandem yang kokoh bersama Pepe.

Gelandang: Bruno Fernandes, Danilo Pereira, Bernardo Silva

Tak Bergantung Lagi Pada Ronaldo, Timnas Portugal Kini Semakin Merata dan Penuh Bintang 5

Beralih ke lini tengah. Untuk gelandang bertahan, nama Danilo Pereira bisa jadi pilihan menarik bagi Fernando Santos. Saat ini ia merupakan pemain PSG dengan status pinjaman selama semusim. Untuk melengkapi trio lini tengah portugal, dua nama yang paling menjanjikan adalah Bruno Fernandes dari Manchester United dan Bernardo Silva dari Manchester City.

Saat ini Bruno bisa dikatakan sebagai salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris. Ia merupakan pemain paling berkontribusi di Manchester United. Di sisi lain, Bernardo adalah gelandang serang yang mampu menusuk pertahanan lawan dengan baik. Duet dari kota Manchester ini pastinya akan menjadikan lini tengah Portugal semakin kaya akan kreatifitas.

Penyerang: Diogo Jota, Cristiano Ronaldo, Joao Felix

Tak Bergantung Lagi Pada Ronaldo, Timnas Portugal Kini Semakin Merata dan Penuh Bintang 6

Trio lini depan tentu akan dipercayakan kepada Diogo Jota, Cristiano Ronaldo, dan Joao Felix. Jota bisa bermain sebagai penyerang kanan, Ronaldo sebagai penyerang tengah, dan Felix sebagai penyerang kiri. Ketiganya merupakan penyerang tajam di klubnya masing-masing.

Saat ini Jota menjadi ancaman baru di Premier League bersama Liverpool. Di level klub, Jota bahkan bisa mengancam seorang Roberto Firmino dari posisinya. Sedangkan Felix adalah pemain termahal bagi Atletico Madrid di usia yang masih sangat muda. Felix juga disebut-sebut sebagai salah satu bakat paling potensial yang dimiliki Portugal untuk saat ini.

Tak Bergantung Lagi Pada Ronaldo, Timnas Portugal Kini Semakin Merata dan Penuh Bintang 7

Terakhir, tak perlu ragukan lagi kualitas Ronaldo. Diumur yang sudah tidak muda lagi, sang mega bintang masih menjadi striker paling subur bagi Juventus . Selain masih diharapkan sebagai mesin gol, ia juga merupakan kapten tim sekaligus role-model terbaik bagi bintang-bintang baru di Timnas-nya saat ini.

***

Nah, lengkap sudah line up terbaik yang dimiliki Portugal sekarang. Sekali lagi ini hanya prediksi penulis berdasarkan performa terbaik pemain asal Portugal di level klub saat ini. Dengan pemain yang merata dan bertabur bintang tersebut, wajar jika saat ini mereka sangat diunggulkan untuk kembali meraih trofi Euro 2020 (2021) mendatang.

Tak Bergantung Lagi Pada Ronaldo, Timnas Portugal Kini Semakin Merata dan Penuh Bintang 8

Lantas, bisakah Ronaldo dan kawan-kawan menjawab ekspektasi tersebut? Kita lihat saja.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Mister IR

   

Akan membagikan segala informasi kepada Sobat Mister semua.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap