Takut Bungkuk? Ini 5 Tips Untuk Memperbaiki Postur Tubuhmu

Takut Bungkuk? Ini 5 Tips Untuk Memperbaiki Postur Tubuhmu

Kamu masih muda tapi seharian hanya duduk di depan laptop? Atau setiap hari rebahan di saja karena pandemi? Pernah khawatir dengan postur tubuhmu yang takut akan menjadi di kemudian hari?

Masalah postur tubuh memang menjadi masalah banyak orang di segala usia. Apalagi, untuk masyarakat urban yang pekerjaan sehari-harinya kebanyakan hanya duduk di dalam ruangan.

Pastinya, postur tubuh yang buruk akan menimbulkan ketidaknyamanan dan berdampak buruk pada kesehatan.
Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk memperoleh postur tubuh yang ideal? Simak lima tips berikut ini!

Berdiri dan lakukan peregangan setiap kamu merasa sudah duduk terlalu lama

Takut Bungkuk? Ini 5 Tips Untuk Memperbaiki Postur Tubuhmu

Hanya duduk apalagi rebahan seharian tentu bukanlah hal yang baik bagi tubuh. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab postur yang buruk.

Ketika sedang bekerja, setidaknya setiap satu jam kita duduk, cobalah untuk berdiri dan lakukan sedikt peregangan. Selain itu, kamu juga dapat berjalan-jalan sebentar sambil menghirup udara segar. Dengan menggerakkan tubuh, kamu juga turut menghindari keram pada tubuhmu.

Baca juga  6 Olahraga Simpel yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

 

Atur lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung posturmu

Takut Bungkuk? Ini 5 Tips Untuk Memperbaiki Postur Tubuhmu

Penyebab postur tubuh buruk lainnya adalah lingkungan kerja yang buruk. Misalnya saja seperti meja yang terlalu rendah sehingga membuatmu harus menunduk.Atau, bentuk kursi yang membuatmu tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, cobalah atur lingkungan kerja yang mendukung postur tubuhmu. Pastikan layar monitor berada dalam eye level (setara dengan pandangan matamu) sehingga kamu tidak perlu membungkuk. Pastikan juga untuk duduk dalam posisi 90 derajat di kursi yang nyaman bagimu.

 

Bukan hanya saat bekerja, kamu juga harus memperhatikan postur tubuhmu ketika tidur

Takut Bungkuk? Ini 5 Tips Untuk Memperbaiki Postur Tubuhmu

Kamu harus tahu bahwa tidur juga menjadi faktor penentu untuk mendapatkan postur tubuh yang baik. Posisi tidur yang buruk tentunya akan membuat istirahatmu kurang maksimal dan malah membuat badan pegal-pegal.

Baca juga  Bisakah Yoga Meningkatkan Kepuasan Hidup Secara Keseluruhan?

Pertama-tama, kamu harus memilih ranjang yang empuk dan nyaman untuk ditiduri. Kamu juga bisa menaruh bantal di bawah kakimu ketika tidur untuk membantu memperbaiki postur tubuh.

 

Berolahraga jadi hal wajib untuk mendapatkan postur tubuh yang baik

Takut Bungkuk? Ini 5 Tips Untuk Memperbaiki Postur Tubuhmu

Berolahraga adalah salah satu kunci utama untuk memperoleh postur tubuh yang baik. Jangan pernah berharap kamu dapat memperbaiki postur tubuhmu jika kamu malas berolahraga.

Salah satu olahraga yang efektif untuk memperbaiki postur tubuh adalah Farmer’s Carry. Gerakannya sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan dumbbell, botol air mineral, atau apa pun yang dapat menjadi beban. Setelah itu, kamu cukup berjalan dengan menggenggam beban di kedua tanganmu.

Baca juga  Gaya Hidup Sehat Bikin Kulit Cantik dan Sehat

Pastikan tubuhmu berada dalam posisi tegap ketika melakukan gerakan ini. Selain berfungsi memperbaiki postur tubuh, gerakan ini juga berguna untuk melatih keseimbangan dan otot tubuhmu.

 

Berlatih juga dapat memperbaiki postur tubuhmu, lho!

Takut Bungkuk? Ini 5 Tips Untuk Memperbaiki Postur Tubuhmu

Gerakan sudah dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Selain berfungsi sebagai meditasi untuk manajemen mental, juga dapat dilakukan untuk memperoleh postur tubuh yang baik.

Jika kamu rajin melakukan gerakan meski hanya gerakan sederhana secara rutin, tinggal menunggu waktu untuk mendapat postur tubuh yang ideal. Apalagi jika digabungkan dengan melakukan tips-tips di atas.

Itulah lima tips yang harus kamu lakukan untuk dapat memperbaiki postur tubuhmu. Dengan postur tubuh yang baik, tentunya rasa percaya diri kita juga akan meningkat. Jadi, tunggu apa lagi?

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

fadhli