Takut Mendaki? Simak 5 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula!

Takut Mendaki? Simak 5 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula!

Kegiatan merupakan kegiatan yang menyenangkan, menyehatkan, sekaligus memiliki resiko yang tinggi. Resiko yang tinggi ini terkadang menjadi hal yang menakutkan bagi orang yang baru ingin mencoba kegiatan atau yang bisa disebut sebagai .

biasanya bingung, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum ?

Pertanyaan ini semakin sulit dijawab apabila seorang tidak memiliki latar belakang pelatihan kegiatan outdoor, yang sudah tentu memiliki materi yang dibutuhkan mengenai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai .

Nah, jika kamu adalah , kamu tidak perlu pusing memikirkan jawaban dari pertanyaan di atas. Jadi, persiapan apa saja yang harus disiapkan sebelum ? Yuk disimak!

Siapkan Fisik, Mental, & Uang Ya!

itu termasuk olahraga fisik yang sangat berat dan sangat menguras tenaga dan mental loh. Kalau kamu adalah orang yang sebelumnya malas sekali berolahraga, lebih baik kamu mulai dari sekarang untuk rutin berolahraga, agar ketika kamu fisik tubuh kamu sudah siap. Kemudian untuk selalu ingat bahwa bukan hanya perjalana fisik saja, namun mental kamu juga akan diuji di loh. Karena gak sedikit kasus yang nangis dan minta pulang di tengah-tengah perjalanan, kalau itu sampai terjadi, tentunya akan sangat merepotkan dong? Terakhir, yang paling penting yang harus disiapkan pertama kali adalah…Uang. Jawabannya sederhana saja, tanpa uang tentunya kita tidak bisa berangkat. Jadi, jangan malas menabung ya!

Baca juga  Mendaki Gunung dan Bahaya yang Mengintainya

 

Siapkan Perlengkapan

Takut Mendaki? Simak 5 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula!

Perlengkapan dibagi menjadi peralatan  pribadi dan peralatan kelompok. Peralatan pribadi contohnya, tas carrier, jaket , sepatu khusus untuk kegiatan outdoor, celana yang nyaman, dan masih banyak lagi. Peralatan kelompok contohnya, peralatan masak, tenda, bahan makanan dan sebagainya yang dirasa dibutuhkan dalam . Baik pribadi maupun kelompok, harus bisa bertanggung jawab dalam membawa perlangkapan yang telah ditentukan.

Baca juga  Suka Tantangan? 3 Gunung Papua Ini Layak untuk Didaki

 

Pastikan Tidak Secara Ilegal

Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) adalah tanda bahwa kamu masuk ke sebuah Kawasan () dengan izin resmi dari pengelola dan biasanya akan mendapatkan asuransi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jangan pernah mau kalau ada yang ngajak kamu secara illegal, secara illegal dilakukan tanpa izin. Selain melanggar hukum, secara illegal juga berbahaya loh, karena biasanya tidak melewati jalur resmi, melainkan membuat jalur sendiri. Oleh Karena itu, pastikan kamu mendapat SIMAKSI ya!

 

Jangan Sok Kuat!

Walaupun kamu merasa sudah mempersiapkan fisik dengan baik sebelum melakukan , tapi kamu masih merasa cepat lelah ketika . Jangan ragu untuk meminta jeda istirahat kepada tim. Hal ini biasanya tidak berlangsung lama, karena paru-paru kamu sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, yaitu dataran tinggi. Nanti juga terbiasa kok, asal beneran sehat ya!

Baca juga  Pendaki Pemula? Wajib untuk Mendaki Gunung ini terlebih dahulu!

 

Bangun Komunikasi yang Baik antara Anggota Tim

Takut Mendaki? Simak 5 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula!

Emangnya enak dicuekin? Dalam sebuah , cuek-cuekan antar anggota tim itu bisa berbahaya loh. Misalnya, ada anggota yang sakit tapi gak ada yang peduli, atau ada anggota yang tertinggal tapi gak ngeh.

Semua itu bisa diatasi dengan membangun komunikasi yang baik, saling peduli antar anggota selain bisa membuat suasana makin akrab juga bisa membuat menjadi semakin aman karena semua anggota saling mengeteahui kondisi satu sama lain.

Nah sekarang jadi tau kan persiapan dan tips apa aja yang harus diperhatikan sebelum . Jadi tunggu apalagi, ayo kumpulin tim kamu dan pastiin yang udah berpengalaman ya!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Minke