Tanggal Pelaksanaan Puasa Dzulhijjah 1443 H

Tanggal Pelaksanaan Puasa Dzulhijjah 1443 H

Shaum Arafah, Puasa Dzulhijjah, Niat Puasa Dzulhijjah, 1443 H, Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Qurban.

Hari raya Idul Adha atau biasa yang disebut ‘Iedul Qurban adalah salah satu hari raya umat Islam yang senantiasa dirayakan dengan suka cita oleh umat muslim khususnya di Indonesia.

Baca juga  Pengobatan ADHD dalam Psikoterapi dan Perspektif Islam

Hari raya Idul Adha ini jatuh di setiap tanggal 10 Dzulhijjah pada bulan Hijriyyah, atau bertepatan dengan tanggal 10 Juli 2022 jika tidak terdapat perbedaan di kalangan organisasi muslim di Indonesia.

Sebelum melaksanakan hari raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah, seluruh umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji di Arafah, melaksanakan shaum satu hari pada tanggal 9 Dzulhijjah yang disebut juga dengan shaum Arafah.

Baca juga  Penerapan Kaidah Pertama Fiqhiyyah dalam Menjawab Permasalahan Kehidupan

Shaum ini memiliki hukum sunnah muakad, yang berarti shaum yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Sementara umat muslim di dunia sedang melaksanakan wukuf (berdiam diri) di Arafah, umat muslim lainnya melaksanakan shaum di tanah air masing-masing.

Baca juga  Ibnu Sina & Falsafah Jiwa

Setelah pelaksanaan shaum Arafah, umat Islam melaksanakan qurban yang dapat dilaksanakan pada tanggal 10, 11, 12, 13 Dzulhijjah (Hari raya/ Hari Tasyrik) di mana pada tanggal tersebut umat Islam diharamkan untuk melaksanakan shaum apapun.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hani An-nisa