Tantangan Humor Di Tempat Kerja Untuk Wanita

Tantangan Humor Di Tempat Kerja Untuk Wanita

Tempat kerja bisa menjadi tempat yang serius, dan humor bisa menjadi alat yang berharga untuk meringankan suasana.

Tetapi menggunakan humor dengan tepat untuk meringankan momen bisa jadi rumit, terutama bagi wanita.

Penelitian baru di University of Missouri menunjukkan bahwa menggunakan lebih menantang bagi wanita daripada pria dan dapat bergantung pada berbagai faktor, seperti status yang dirasakan wanita di kantor dan apakah humornya ditujukan kepada wanita lain.

Tantangan Humor Di Tempat Kerja Untuk Wanita

Christopher Robert, seorang profesor asosiasi MU yang juga menjabat sebagai dekan sementara Trulaske College of Business, melakukan penelitian untuk menganalisis bagaimana orang bereaksi terhadap pria dan wanita yang menggunakan .

Tujuannya adalah untuk menentukan apakah jenis kelamin dan status seseorang di tempat kerja akan mempengaruhi bagaimana orang lain bereaksi terhadap humor mereka.

Baca juga  Ladies! Ini 5 Perempuan Terkaya Di Dunia yang Wajib Kalian Tahu!

Para peneliti mensurvei 92 mahasiswa setelah mereka membaca skenario tempat kerja di mana pria dan wanita membuat komentar lucu.

Skenario disesuaikan sehingga humoris, atau orang yang membuat komentar lucu, adalah laki-laki atau , dalam posisi status tinggi atau rendah, dan juga bervariasi apakah target humor adalah laki-laki atau .

Selain itu, beberapa skenario termasuk humor yang lebih ramah atau “afiliatif” sementara yang lain termasuk humor agresif.

Para peneliti kemudian meminta para peserta untuk menentukan seberapa “bodoh” mereka menganggap para humoris itu.

Salah satu skenario terjadi pada pertemuan di mana personel rumah sakit mendiskusikan beberapa tantangan yang mengakibatkan kematian pasien.

Seorang perawat wanita tergagap ketika mencoba membagikan idenya untuk mengatasi masalah dan diinterupsi oleh seorang karyawan yang mencoba membuat komentar lucu, mengolok-olok fakta bahwa dia tidak dapat menemukan kata-katanya.

Baca juga  Mengenal Sifat Asli Seseorang Melalui Traveling
Tantangan Humor Di Tempat Kerja Untuk Wanita

Dalam hal ini, para peneliti memvariasikan status dan jenis kelamin orang yang menceritakan lelucon tersebut.

Ketika pria berstatus tinggi, pria berstatus rendah, dan wanita berstatus tinggi membuat komentar lucu yang agresif, mereka dianggap lebih positif, tetapi ketika seorang wanita berstatus rendah membuat lelucon, dia dianggap lebih bodoh.

Para peneliti juga menganalisis bagaimana jenis kelamin target komentar lucu memengaruhi cara peserta studi memandang orang yang menggunakan humor.

“Wanita yang menggunakan humor yang ditujukan kepada seorang pria dipandang sebagai orang yang positif,” kata Robert.

“Tetapi ketika seorang wanita berstatus tinggi menggunakan humor yang ditujukan kepada seorang wanita berstatus lebih rendah di tempat kerja, dia dipandang negatif dan dinilai lebih bodoh.”

Baca juga  Pelecehan Seksual di Indonesia: di mana Perempuan Merasa Aman?

Robert mengatakan temuan ini harus mengingatkan orang untuk menunda penilaian langsung mereka tentang orang berdasarkan penggunaan humor mereka, dan mempertimbangkan apakah penilaian ini dipengaruhi oleh prasangka tentang identitas individu yang bersangkutan.

Tantangan Humor Di Tempat Kerja Untuk Wanita

“Penelitian ini memperkuat fakta bahwa kita bahkan memiliki bias bawaan yang memengaruhi cara kita memandang orang yang menggunakan humor,” kata Robert.

“Jika seseorang mempertanyakan selera humor seseorang, mereka harus bertanya pada diri sendiri, ‘Apakah saya akan membuat penilaian yang sama jika orang yang menggunakan humor itu lebih mirip saya?'”

Robert berkolaborasi dengan rekan penulis Timothy Moake, asisten profesor manajemen di Middle Tennessee State University untuk menulis “Gender, Status Organisasi Formal dan Penggunaan Humor: Persepsi Penerimaan Sosial,” yang diterbitkan dalam Journal of Managerial Psychology.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

zero