Telinga Berdengung, Benarkah Ada Yang Tengah Membicarakan Kita?

Telinga Berdengung, Benarkah Ada Yang Tengah Membicarakan Kita?

Setiap kita pasti pernah merasakan . Dan benarkah jika kita berdengung mendadak tanpa sebab itu artinya ada orang yang tengah membicarakan kita? Apakah itu ada hubungannya ketika ada orang yang membicarakan kita dengan kita yang mendengung tanpa sebab? Daripada kita penasaran, lebih baik kita lihat uraian penjelasannya!

Kondisi yang berdengung secara tiba-tiba tidak hanya dikaitkan dengan mitos kalau kita tengah dibicarakan oleh orang lain, tetapi juga ada yang mengaitkan bunyi dengung yang tengah kita ini dihubungkan dengan kejadian spiritual, seperti bisikan malaikat yang dipercaya oleh sebagian besar orang Barat. Bahkan kepercayaan bahwa dengungan berarti ada yang tengah membicarakan kita ini ternyata sudah ada sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu.
Dalam buku Natural History, yang ditulis oleh Gaius Plinius Secundus, seorang Filsuf dari Romawi, tertulis kata Tinnire, yang artinya berdengung. Kata Tinnire inilah yang kemudian menjadi asal-usul kata . ini adalah istilah medis untuk menggambarkan berdenging sebelah kiri, sebelah kanan maupun keduannya.

Baca juga  Fenomena Earworm: Mengapa kita sering terngiang-ngiang sebuah lagu Di pikiran kita?

Meski disebut berdenging, suara yang terdengar seperti mengaum, berdengung, bersiul, berdesis juga suara yang terdengar seperti detak jantung bisa disebut sebagai . Walau terdengar sepele, dapat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Bahkan dapat membuat kita menjadi cemas berlebihan, dan yang paling parah adalah depresi. Jadi darimana bunyi dengung tersebut sehingga dapat sampai pada kita?

Baca juga  5 Jenis Organ Tubuh Manusia Yang Harus Diketahui

Telinga Berdengung, Benarkah Ada Yang Tengah Membicarakan Kita?

ini sebenarnya dapat terjadi karena adanya kerusakan pada sel-sel rambut di bagian dalam. Sel-sel rambut di bagian dalam ini memiliki fungsi untuk menangkap gelombang suara yang masuk ke , mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal listrik yang bisa diteruskan ke syaraf dan ke otak. Saat sel rambut ini mengalami kerusakan, sel rambut akan mengirimkan sinyal ke otak tanpa ada rangsangan gelombang suara yang kemudian diinterpretasikan sebagai suara berdengung. Karna sinyal yang kacau, penderita mengalami persepsi bunyi yang “miring’, termasuk mendengar bunyi dengung yang tidak begitu disukai yang sebetulnya tidak ada.
Selain faktor penuaan dan hipertensi serta kotornya lubang , penyebab juga bisa disebabkan oleh paparan suara yang sangat keras secara teratur. Orang-orang yang menggunakan gergaji mesin atau alat berat lainnya cenderung lebih mudah terkena . Mendengarkan musik terlalu keras di tempat konser juga dapat menyebabkan yang sifatnya sementara.

Baca juga  Kotoran Telinga dan Cara Membersihkannya

Itulah tadi penjelasan mengapa bunyi berdengung yang muncul secara tiba-tiba. Jadi sesungguhnya sama sekali tidak ada hubungannya dengan orang yang sedang membicarakan kita.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

El-Pedia