Ternyata Begini Sejarah Lampu Lalu Lintas

Ternyata Begini Sejarah Lampu Lalu Lintas

Selama ini kita tahu dan sadar sepenuhnya tentang keberadaan lampu lalu lintas yang ada di jalan raya.

Tiga warna lampu yang ikonik, yakni warna merah, jingga, dan hijau ini memiliki peran penting dalam mengatur lalu lintas agar perjalanan jauh lebih tertib dan aman.

Namun, dibalik suksesnya peran lampu lalu lintas ini ternyata menyimpan sejarah yang panjang, mengingat penggunaan kereta kuda sebagai kendaraan pada masa itu banyak bermunculan sehingga membutuhkan sesuatu yang dapat mengatur setiap jalur tanpa harus merasa kewalahan.

Jadi, seperti apakah sejarah dari lampu lalu lintas? 

John Peake Knight. Sumber foto : https://en.wikipedia.org/wiki/J._P._Knight
John Peake Knight. Sumber foto : https://en.wikipedia.org/wiki/J._P._Knight

Pada tahun 1868, seorang manajer dan penemu kereta api Inggris, John Peake Knight, menemukan ide untuk mengatur lalu lintas di jalan raya menggunakan lentera gas yang diadaptasi dari sistem sinyal kereta api.

Baca juga  Jangan Norak, Ini 42 Aturan dan Larangan Saat Naik MRT

Pada saat itu, cara kerja dari lentera gas tersebut ialah menggunakan ujung lengan kayu dengan lampu merah dan hijau yang berputar.

Setelah berhasil dikemukakan, akhirnya penemuan John Peake Knight ini pertama kali diletakkan di persimpangan yang ada di Great George Street dan Bridge Street, London.

Sempat berjalan dengan baik, namun sayang dalam waktu yang singkat terjadi ledakan lentera gas yang disebabkan oleh kebocoran gas hingga mengakibatkan salah seorang polisi terluka parah.

Karena hal itu, akhirnya penggunaan lentera gas untuk mengatur lalu lintas pun dihentikan karena dianggap membahayakan. 

Baca juga  Jangan Menyalip Dalam Keadaan Seperti Ini!
Garrett Morgan. Sumber foto : https://alchetron.com/J-P-Knight
Garrett Morgan. Sumber foto : https://alchetron.com/J-P-Knight

Garrett Morgan, seorang yang berasal dari Amerika Serikat dan merupakan keturunan Amerika-Afrika ini mengembangkan proyek lampu lalu lintas versinya.

Hal ini ia lakukan lantaran terdapat kecelakaan yang sungguh parah di persimpangan jalan Chicago pada tahun 1922. Sekitar tahun 1900-an, lalu lintas dan perkotaan berkembang sangat pesat, hingga hal tersebut mendesak keadaan agar menemukan solusi yang tepat untuk mengatur lalu lintas.

Garrett Morgan akhirnya menciptakan perangkat kendali lalu lintas otomatis menggunakan tenaga baterai atau koneksi ke sumber listrik utama, hingga akhirnya ia mengajukan hak paten dari penemuannya tersebut, tepatnya di tahun yang sama dimana terjadi kecelakaan di Chicago, yakni tahun 1922.

Baca juga  7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda

Perlu diketahui, Garrett Morgan merupakan orang pertama yang membuat lampu sinyal dengan tiga warna, meskipun ia bukan pencetus lampu lalu lintas pertama.

Dengan penemuannya itu, ia menjadikan lampu sinyal tersebut dengan tanda “berhenti”, “hati-hati”, dan “jalan”.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa John Peake Knight dan Garrett Morgan adalah orang yang berjasa dalam menciptakan sesuatu untuk mengatur lalu lintas.

Meskipun keduanya membuat dengan cara yang berbeda, namun tidak bisa kita sangkal bahwa ide keduanya sangat berpengaruh untuk mengatur jalannya lalu lintas, bahkan hingga sekarang. 

Sumber referensi: 

  • https://www.ruangguru.com/blog/penemu-lampu-lalu-lintas
  • https://www.carmudi.co.id/journal/sejarah-dan-arti-lampu-merah-sang-pengatur-lalu-lintas/

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Aaliyah Shakira