Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Tua

Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Tua 1

Tau kah teman-teman semua, kalau secara teknis beberapa hewan seperti Alligator, Ubur-ubur, Ikan Flounder dan Buaya itu sebenarnya tidak bisa mati. Alih-alih menua secara biologis, mereka terus tumbuh semakin besar secara fisik. Sebuah informasi menarik yang saya rasa tidak kita temui dalam pelajaran sekolah dulu.

Bab I : Penuaan

Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Tua 3

Pada kenyataannya, setiap hari kita melihat buaya-buaya tersebut sekarat lalu mati kan? Hal ini menegaskan bahwa mereka tetap memiliki potensi untuk mati, mereka bukan hewan abadi yang tidak bisa mati. Untuk memahami semua ini, pertama-tama kita harus memahami istilah – Penuaan.

Penuaan adalah istilah yang biasa digunakan untuk menunjukkan penurunan yang terjadi secara bertahap pada tubuh seseorang. Secara khusus penuaan, akan mengakibatkan melemah, mengecilnya massa otot, menurunkan mobilitas, menurunkan ketajaman sensorik, indra serta semakin rentan di serang oleh penyakit. Sebagian besar makhluk hidup yang tinggal di bumi ini menunjukkan terjadinya proses penuaan. 

Bab II : Umur Hanyalah Angka

Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Tua 4

Fakta mengejutkannya adalah, buaya tidak mengenal usia tua. Kondisi tubuh buaya yang berusia 7 tahun sama baiknya dengan kondisi buaya yang berusia 70 tahun dalam berbagai macam hal, seperti kelincahan dan parameter kehidupan lainnya. Anehnya penuaan tidak berpengaruh pada buaya. Meskipun mereka tidak bisa mati karena penuaan alami, mereka juga tidak bisa hidup selamanya. Alam memiliki caranya sendiri untuk membunuh mereka. Cara mereka mati adalah karena kelaparan atau karena terkena penyakit.

Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Tua 5

Buaya akan terus tumbuh sepanjang hidup mereka dan mereka membutuhkan lebih banyak makanan. Jadi, seiring bertambahnya usia, mereka membutuhkan lebih banyak makanan untuk menjaga mereka tetap hidup. Ketika jumlah makanan itu tidak tersedia, mereka akan mati karena kelaparan. Itulah sebabnya kita tidak melihat buaya berusia 1000 tahun yang panjangnya 50 kaki. Namun lihat foto di atas, seekor buaya yang ditembak pemburu di Australia pada tahun 1957 – Itu adalah buaya sepanjang 8,1 m (28 kaki)!

Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Tua 6

Setelah di teliti oleh para ilmuan, ditemukan bahwa resep untuk tidak menua pada buaya ada hubungan dengan darah dingin yang mengalir pada tubuh mereka. Ini membuat metabolisme beberapa hewan dengan darah dingin sangat lambat dan memperpanjang umur mereka secara alami. Kalau pada manusia sendiri untuk menunda penuaan adalah dengan “kelaparan”. Menurut sebuah penelitian, dengan memotong asupan kalori pada tubuh jauh di bawah diet, itu biasa menurunkan metabolisme tubuh, dan penelitian pada tahun 1934 yang dilakukan pada beberapa tikus lab, menunjukkan 30% hingga 2x lipat akan memperpanjang umur tikus lab yang mengonsumsi lebih sedikit kalori setiap harinya.

Bab III : Penutup

Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Tua 7

Di bumi tempat kita tinggal bersama ini memang masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Nyatanya memang ada beberapa spesies yang tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan, dengan istilah lain mereka ‘abadi secara biologis’. Hewan seperti bulu babi, ubur-ubur, lobster, kerang dan hydra adalah beberapa contoh hewan laut yang menunjukkan tidak ada proses penuaan. Sedangkan hewan vertebrata yang lebih kompleks, seperti beberapa jenis kura-kura, buaya dan di antara beberapa tumbuhan ada yang namanya pohon Metusalah, yang telah hidup selama 4800 tahun.

Semoga artikelnya bisa bermanfaat. terima kasih

Sumber : Wikipedia dan beberapa artikel di google.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Setya Panca